PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF AL-QUR'AN: KAJIAN TEMATIK Q.S AL LUQMAN AYAT 13-17 SEBAGAI LANDASAN KURIKULUM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan karakter sendiri dapat diimplementasikan melalui pembudayaan, pembiasaan, keteladanan, serta proses pada lingkungan masyarakat, keluarga, dan sekolah. Melalui pendekatan holistic diharapkan pendidikan karakter mampu menciptakan peserta didik yang peduli terhadap sesama, bertanggung jawab, dan membentuk generasi muda yang berintegritas, sehingga dapat memberikan kontribusi positif bagi negara maupun bangsa. Tujuan dari penulisan ini adalah memberikan hasil analisis terkait dengan pendidikan karakter dalam perspektif Al-Qur'an: Kajian Tematik Q.S Al Luqman ayat 13-17 sebagai landasan kurikulum. Metode penulisan yang digunakan dalam penulisan jurnal ini adalah menggunakan jenis kualitatif. Hasil yang didapatkan pendidikan karakter dalam islam berlandaskan pada Al-Qur’an. Pendidikan karakter tersebut merupakan langkah yang dilakukan dalam menanamkan beberapa sifat yang baik agar anak menjadi pribadi yang beradab, berkarakter qur’ani, serta menjauhkan diri dari perbuatan buruk. Kesimpulan yang diambil ialah pendidikan karakter dalam perspektif Al-quran pada Q.S Al Luqman ayat 13-17 sebagai landasan kurikulum memiliki beberapa kandungan isi Al-Qur’an diantaranya kesadaran akan tanggung jawab, keadilan dan kebijaksanaan, ajaran kebaikan, penghormatan kepada orang tua, ketaatan kepada Allah, serta mengimplementasikan terkait dengan pendidikan tauhid, ibadah, dan dakwah
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index