STRATEGY OF THE HEAD OF THE COMMUNITY LEARNING ACTIVITY CENTER (PKBM) IN IMPROVING LEARNING AT PKBM AL-MADINAH

Isi Artikel Utama

Mugni Labib
Yunia Dwi Latifah Yunia

Abstrak

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi untuk menggali dan memahami secara mendalam pengalaman dan persepsi yang muncul dari strategi kepala PKBM dalam meningkatkan mutu pembelajaran di PKBM Al-Madinah. Pendekatan kualitatif ini juga berpijak pada kerangka pemikiran Sugiyono yang menitikberatkan pada pengumpulan data secara naturalistik dan analisis tematik untuk memahami. Pendekatan ini dipilih karena mampu menggambarkan secara alamiah keadaan objek kajian, yaitu dinamika proses pembelajaran dan peran kepala PKBM, dengan fokus pada makna yang tercipta dari pengalaman para aktor di lapangan. Metode ini berlandaskan pada teori fenomenologi yang dikembangkan oleh Edmund Husserl yang menitikberatkan pada pentingnya mengungkap hakikat pengalaman subjektif melalui deskripsi langsung tanpa prasangka, dipadukan dengan pendekatan interpretatif Martin Heidegger untuk memahami konteks eksistensial dari strategi yang diterapkan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen, kemudian diolah menggunakan teknik reduksi fenomenologis untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang mencerminkan kualitas pembelajaran di PKBM Al-Madinah. Pendekatan kualitatif ini juga mengacu pada kerangka kerja Sugiyono yang menekankan pengumpulan data naturalistik dan analisis tematik untuk memahami.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Mugni Labib, & Yunia Dwi Latifah Yunia. (2025). STRATEGY OF THE HEAD OF THE COMMUNITY LEARNING ACTIVITY CENTER (PKBM) IN IMPROVING LEARNING AT PKBM AL-MADINAH. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 319-328. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1891
Bagian
Articles

Referensi

Agus, Atik Mardiati, and Mohamad Erihadiana. 2021. “IMPLEMENTASI MANAJEMEN MUTU TERPADU PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) INTAN BANDUNG.” Jurnal NARATAS 3 (1): 15–20. https://doi.org/10.37968/jn.v3i1.38.

Alam, Tuppu Bulu, Mattalatta Mattalatta, Ansar Ansar, Kurniawaty Kurniawaty, and Safrida Safrida. 2025. “PERAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASI DALAM KECERDASAN BELAJAR DAN PROSES BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAN KEMANDIRIAN SISWA PADA PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) KABUPATEN BARRU.” Jurnal Ekonomi Manajemen dan Kewirausahaan 2 (1): 127–40.

Azalea, Hilda Indri. 2023. “Peran Kurikulum Merdeka Pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Insan Cerdas Indonesia Di Kota Surabaya.” Journal of Education Research 4 (3): 1108–15. https://doi.org/10.37985/jer.v4i3.380.

Bolangitan, Asna Heti, and Sendy Ceria Pasaribu. 2023. “Gaya Kepemimpinan Ketua Pengelola dalam Meningkatkan Kinerja Tutor di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Charity Tomohon.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 9 (2): 1331–38. https://doi.org/10.37905/aksara.9.2.1331-1338.2023.

Horrigan-Kelly, Marcella, Michelle Millar, and Maura Dowling. 2016. “Understanding the Key Tenets of Heidegger’s Philosophy for Interpretive Phenomenological Research.” International Journal of Qualitative Methods 15 (1): 1609406916680634. https://doi.org/10.1177/1609406916680634.