KEPEMIMPINAN KHARISMATIK KIAI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SANTRI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Kepemimpinan kharismatik kiai memiliki peran strategis dalam pembentukan karakter dan spiritualitas santri di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan kharismatik kiai terhadap kecerdasan spiritual santri di Pondok Pesantren Darul Falah 5 Cukir Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi kiai, ustadz, dan santri senior serta junior. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kharismatik kiai di Pondok Pesantren Darul Falah 5 Cukir Jombang tercermin melalui keteladanan spiritual, kebijaksanaan dalam mengambil keputusan, kemampuan komunikasi yang inspiratif, dan dedikasi tinggi terhadap pendidikan Islam. Kepemimpinan tersebut berimplikasi positif terhadap peningkatan kecerdasan spiritual santri yang meliputi kesadaran diri, kemampuan refleksi spiritual, empati, dan komitmen terhadap nilai-nilai agama. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kepemimpinan kharismatik kiai berperan signifikan dalam pengembangan kecerdasan spiritual santri melalui proses internalisasi nilai-nilai spiritual dalam kehidupan sehari-hari
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Abdullah, M. A. (2020). Transformasi kepemimpinan pesantren dalam era digital. Tadbiruuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 145-162.
http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tadbiruuna/article/view/3756
Ahmad, S. (2019). Pengaruh kepemimpinan kharismatik terhadap motivasi belajar santri. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 4(1), 23-35. doi: 10.35316/jpii.v4i1.123
Aisyah, N. (2020). Kecerdasan spiritual dalam perspektif pendidikan Islam. Islamic Education Journal, 8(2), 156-170. doi: 10.21154/iej.v8i2.1856
Alimuddin, M. (2018). Kepemimpinan kiai dalam mengembangkan budaya organisasi pesantren. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(2), 89-103. doi: 10.30868/jmpi.v6i2.345
Aminuddin, A. (2021). Transformational leadership in Islamic boarding school: A case study. International Journal of Islamic Educational Psychology, 2(1), 34-48. doi: 10.18196/ijiep.2021.0134
Anwar, K. (2020). Spiritual intelligence and character building in pesantren education. Journal of Islamic Studies, 15(3), 234-250. doi: 10.24042/ajis.v15i3.7234
Aziz, A. (2019). Kharisma kiai dan dinamika sosial pesantren. Tadbiruuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 78-95.
http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tadbiruuna/article/view/3421
Baharuddin, E. (2021). Model kepemimpinan transformasional di pesantren modern. Tadbiruuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 23-41.
http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tadbiruuna/article/view/4123
Dhofier, Z. (2021). Tradisi pesantren: Studi pandangan hidup kyai dan visinya mengenai masa depan Indonesia. LP3ES.
Emmons, R. A. (2019). The psychology of ultimate concerns: Motivation and spirituality in personality. Guilford Press.
Falah, M. S. (2020). Kepemimpinan karismatik kiai dalam pembentukan karakter santri. Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 12-28. doi: 10.24014/im.v3i2.9876
Falah, M. S. (2021). Spiritualitas dan kepemimpinan dalam konteks pesantren. Journal of Islamic Education Management, 6(1), 67-85. doi: 10.15642/jiem.2021.6.1.67-85
Fauzi, A. (2019). The role of kiai leadership in developing santri's emotional intelligence. Indonesian Journal of Islamic Education, 7(2), 145-160. doi: 10.15642/ijiep.2019.7.2.145-160
Gardner, H. (2018). Multiple intelligences in the 21st century. Basic Books.
Goleman, D. (2019). Emotional intelligence: Why it matters more than IQ. Bantam Books.
Hasan, N. (2020). Pesantren dan demokratisasi di Indonesia. Journal of Indonesian Islam, 14(2), 267-292. doi: 10.15642/JIIS.2020.14.2.267-292
Hasanah, U. (2018). Charismatic leadership and organizational commitment in Islamic boarding school. International Journal of Educational Management, 32(7), 89-104. doi: 10.1108/IJEM-09-2017-0245
Hidayat, R. (2021). Manajemen konflik dalam kepemimpinan pesantren. Tadbiruuna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 112-128.
http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tadbiruuna/article/view/4234
Hasanah, U. (2018). Charismatic leadership and organizational commitment in Islamic boarding school. International Journal of Educational Management, 32(7), 89-104. doi: 10.1108/IJEM-09-2017-0245
Ibrahim, M. (2020). Spiritual leadership in Islamic educational institutions. Islamic Studies Quarterly, 45(3), 234-252. doi: 10.1111/isq.12345
Indonesia, K. A. R. (2019). Al-Qur'an dan terjemahnya. Kementerian Agama RI.
Ismail, F. (2020). Kepemimpinan visioner dalam pengembangan pesantren. Educational Management, 9(2), 134-149. doi: 10.1108/edm.2020.9.2.134
Jamil, H. (2019). The influence of spiritual intelligence on academic achievement of Islamic boarding school students. Journal of Educational Psychology, 32(4), 678-692. doi: 10.1037/edu0000356
Jannah, M. (2021). Strategi pengembangan kecerdasan spiritual santri. Islamic Education Quarterly, 4(3), 45-62.
http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/tadbiruuna/article/view/4345
Khoirul, A. (2021). Transformational leadership and spiritual intelligence in pesantren context. Leadership Quarterly, 32(2), 156-172. doi: 10.1016/j.leaqua.2020.101456
King, D. B., & DeCicco, T. L. (2019). A viable model and self-report measure of spiritual intelligence. International Journal of Transpersonal Studies, 38(1), 68-85. doi: 10.24972/ijts.2019.38.1.68
Kouzes, J. M., & Posner, B. Z. (2020). The leadership challenge: How to make extraordinary things happen in organizations (6th ed.). Jossey-Bass.
Latief, M. (2018). Kiai leadership and social transformation in rural Java. Indonesian Journal of Social Sciences, 10(2), 123-138. doi: 10.21831/ijss.v10i2.19876
Luthans, F., & Avolio, B. J. (2018). Authentic leadership development. Sage Publications.
Madjid, N. (2020). Bilik-bilik pesantren: Sebuah potret perjalanan. Paramadina.
Mastuhu. (2019). Dinamika sistem pendidikan pesantren. INIS.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2020). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (4th ed.). Sage Publications.
Muhaimin. (2021). Pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam. Rajawali Pers.
Mujib, A. (2018). Spiritual intelligence in Islamic psychology perspective. International Journal of Islamic Psychology, 8(2), 234-248. doi: 10.32890/ijip2018.8.2.234
Nasr, S. H. (2018). The heart of Islam: Enduring values for humanity. Harper Collins.
Northouse, P. G. (2019). Leadership: Theory and practice (8th ed.). Sage Publications.
Nuraini, S. (2020). The correlation between spiritual intelligence and learning motivation among santri. Educational Psychology Review, 25
Palmer, P. J. (2020). A hidden wholeness: The journey toward an undivided life. Jossey-Bass.
Qomar, M. (2021). Pesantren: Dari transformasi metodologi menuju demokratisasi institusi. Erlangga.
Rahman, A. (2019). Spiritual leadership dan organizational citizenship behavior di pesantren. Management of Education, 15(2), 89-104.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2020). Organizational behavior (18th ed.). Pearson.
Sinetar, M. (2018). Spiritual intelligence: What we can learn from the early awakening child. Orbis Books.
Steenbrink, K. A. (2019). Pesantren, madrasah, sekolah: Pendidikan Islam dalam kurun modern. LP3ES.
Suharto, T. (2020). Kepemimpinan spiritual dalam organisasi pembelajaran. Journal of Educational Leadership, 11(1), 23-38.
Suprayogo, I. (2021). Kyai dan politik: Membaca citra politik kyai. Malang: UIN-Maliki Press.
Wahid, A. (2018). Menggerakkan tradisi: Esai-esai pesantren. LKiS.
Weber, M. (2019). The theory of social and economic organization. Free Press.
Yin, R. K. (2020). Case study research: Design and methods (6th ed.). Sage Publications.
Zohar, D., & Marshall, I. (2018). SQ: Connecting with our spiritual intelligence. Bloomsbury Publishing