PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan Model Problem-Based Learning (PBL) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap nilai-nilai agama Islam dalam pembelajaran fiqih di kelas VII MTsS Darul Kiram. Menggunakan pendekatan kuantitatif penelitian ini fokus bagaimana cara penerapan metode Problem Based Learning. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dan dokumentasi untuk memperoleh data mengenai pengalaman dan persepsi siswa terhadap model Problem Based Learning (PBL). Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada pemahaman siswa setelah diterapkannya model PBL. Model ini terbukti mampu mendorong keterlibatan aktif siswa, meningkatkan kemampuan berpikir kritis, serta membantu siswa mengaitkan nilai-nilai fiqih dengan konteks kehidupan nyata. Oleh karena itu, penerapan model PBL direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran efektif dalam pendidikan agama Islam
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Ade, Adriadi. 2021. “Pembelajaran Problem Based Leraning Dan Motivasi Siswa Terhadap Belajar PAI Di SMP Negeri 1 Ciruas.” Jurnal Kajian Keislaman 3(5):15–38.
Aisyah, Tuti, Raudatul Zannah, Elvinzie A.E.L, Yeni Trisilaningsih, and Nina Yuminar Priyanti. 2022. “Pembelajaran Problem Based Learning.” Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 4(2):27–36. doi: 10.36456/incrementapedia.vol4.no2.a6563.