PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM PEMASARAN PENDIDIKAN: STUDI KUALITATIF ANALIS PERSPESI GURU
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penilaian kinerja sumber daya manusia (SDM) pendidikan menjadi komponen penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan profesionalisme guru, khususnya di sekolah sosial berbasis Islam seperti SMP YPPI Arrahmah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi sistem penilaian kinerja yang diterapkan di SMP YPPI Arrahmah, menganalisis efektivitasnya, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam pelaksanaannya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik observasi dan wawancara semi-terstruktur kepada kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem penilaian kinerja di sekolah ini bersifat terstruktur, partisipatif, dan mengutamakan penguatan karakter Islami. Umpan balik diberikan secara berkala dan humanis, sehingga mampu mendorong peningkatan motivasi dan kinerja guru. Meskipun demikian, tingginya beban administrasi masih menjadi tantangan utama yang berpotensi mengganggu fokus guru pada kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merekomendasikan digitalisasi sistem dan penguatan forum coaching sebagai langkah strategis untuk mendukung kesejahteraan psikologis dan efektivitas kinerja guru
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Adella, M., Arsini, Y., & Putri, J. H. (2024). Pendekatan Konseling Motivational Interviewing Dengan Teknik OARS Terhadap Perubahan Perilaku Maladaptif Peserta Didik. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 178-191.
Baedowi, A. (2015). Manajemen Sekolah Efektif: Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa. Jakarta: Pustaka Alvabet.
Dessler, G. (2020). Human Resource Management. pper Saddle River: Pearson.
Handayani, N., Normeiliani, P., Pratiwi, D. A., & Andini, S. (2025). BEBAN ADMINISTRATIF DAN KURANGNYA PELATIHAN GURU DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SDN PANGERAN 1. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(02), 131-145.
Jayadih, M., Suhardi, H. E., & Rubini, B. (2024). Strategi & peningkatan kualitas layanan guru: Transformasi melalui kepemimpinan, teknologi, kreativitas dan entrepreneurship. Jakarta: Jakad Media Publishing.
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2020). Human Resource Management. Boston: Cengage Learning.
Mondy, R. w., & Martocchio, J. J. (2016). Human Resource Management. Boston: Pearson.
Purba, A. D., Anshori, A., & Haryanti, L. (2024). MENILAI EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI MANAJEMEN SEKOLAH (SMIS) DALAM MENDUKUNG ADMINISTRASI SEKOLAH DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN. . JURNAL PERSPEKTIF ADMINISTRASI DAN BISNIS, 5(2), 9-21.
Rasyid, R., Natsir, T., Ishak, I., Ridwan, R., & Haedar, A. W. (2025). Principal leadership training in building a cohesive school climate. Jurnal Hasil Inovasi Masyarakat, 3(1), 38-44.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organization Behavior. New York: Pearson Education.
Romadhoni, L. C., Asmony, T., & Suryatni, M. (2015). Pengaruh beban kerja, lingkungan kerja, dan dukungan sosial terhadap burnout pustakawan di Kota Mataram. Khizanah Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 3(2), 125-145.
Sari, D. N., Bafadal, I., & Wiyono, B. B. (2018). Pelaksanaan supervisi manajerial dalam rangka implementasi manajemen berbasis sekolah. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 213-221.
Simanjuntak, S. K., Hadijaya, Y., & Neliwati, N. (2024). Manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan etos kerja guru di sekolah menengah kejuruan swasta. . Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 10(1), 362-375.
Sudarman, A. (2018). Strategi komunikasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar zakat maal. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 39-58.
Yulita, V. D., Halik, A., N., N. K., & Janawati, J. (2025). Kepemimpinan Mutu dan Kerjasama Tim pada Satuan Pendidikan. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 5(1), 393-399