PENGARUH KINERJA PEGAWAI SEBAGAI STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SD NEGERI 5 DAMAR

Penulis

  • Anastasya Universitas Djuanda Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.205

Kata Kunci:

kinerja pegawai, bauran pemasaran, strategi bauran pemasaran jasa pendidikan

Abstrak

Kinerja pegawai merupakan kemampuan kerja yang dimiliki seorang pegawai. Kinerja pegawai sekolah adalah suatu prestasi kerja yang harus dicapai oleh seorang pegawai di lembaga pendidikan. Kinerja pegawai adalah bagian dari bauran pemasaran jasa pendidikan, yaitu SDM (sumber daya manusia). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja pegawai sebagai strategi bauran pemasaran jasa pendiidkan di SD Negeri 5 Damar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan cara observasi melalui pengumpulan data dengan menggunakan pengisian angket. Adapun responden penelitiannya sebanyak 11 orang yang terdiri dari 1 kepala sekolah, 8 guru, dan 2 tata usaha. Penelitian ini juga menggunakan kajian pustaka dari beberapa hasil penelitian, e-book, artikel, dan studi kasus yang terjadi di lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah masalah kinerja pegawai, dampak kinerja pegawai sebagai strategi bauran pemasaran di SD Negeri 5 Damar, dan upaya pemecahan masalah

Referensi

A Agung, I. K., & dkk. (2021). Anteseden Kinerja Pegawai. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

A S Nurhalizah. (2019). Administrasi Tata Usaha. Artikel Universitas Negeri Padang, hal. 1.

Ahmadi. (2021). Optimalisasi Motivasi dan Kinerja Pegawai: Memahami Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Bintang Pustaka Madani.

Alma, B. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Danim, S. (2010). Profesionalisasi dan Etika Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.

Faustinus, C. G. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: ANDI.

Hairunisa, J., & Hade, A. (2020). Pengertian Administrasi Ketata Usahaan, Proses Administrasi Ketata Usahaan Sekolah, Tata Ruang Kantor/Sekolah dan Peran Guru dalam Administrasi Ketata Usahaan Sekolah. Artikel Universitas Negeri Padang, hal. 1.

Hezer, J., & Render, B. (2006). Operation Management. Jakarta: Salemba Empat.

Indrawan, I. (2020). Menjadi Guru PAUD: DMIJ Plus Terintegrasi yang Profesional. Riau: CV. DOTPLUS.

Khasanah, A. (2015). Pemasaran Jasa Pendidikan sebagai Strategi Peningkatan Mutu di SD Alam Baturraden. Jurnal el-Tarbawi, 161-176.

Kotler, & Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Berbasis Kompetensi: Edisi ke-3. Jakarta: Erlangga.

Murwati, H. (2012, Desember 28). Pengaruh Sertifikasi Profesi Guru terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Guru di SMK Negeri Se-Surakarta. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan: Universitas Sebelas Maret, hal. 20.

Musfar, T. F. (2020). Buku Ajar Manajemen Pemasaran: Bauran Pemasaran sebagai Materi Pokok dalam Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia.

Nana, H. A. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung: Pustaka Setia.

Shaleh, M. (2018). Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Makassar: Aksara Timur.

Suparman. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah & Guru (Sebuah Pengantar Teoritik). Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Suryana. (2013). Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat.

Zeithaml, V. A., & dkk. (2006). Service Marketing (4th ed). New York: The MC Graww-Hill Companies, Inc.

Diterbitkan

2022-08-27

Cara Mengutip

Anastasya. (2022). PENGARUH KINERJA PEGAWAI SEBAGAI STRATEGI BAURAN PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SD NEGERI 5 DAMAR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 14-22. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.205

Terbitan

Bagian

Articles