UPAYA KULTURAL SEKOLAH DALAM MEMPERCEPAT PENCAPAIAN VISI DAN MISI PADA SEKOLAH DASAR INTEGRAL

Isi Artikel Utama

Mugni Labib

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang budaya sekolah untuk menunjukkan bagaimana visi misi dari sekolah bertujuan untuk menge Bagaimana peran budaya sekolah sebagai penyumbang percepatan capaian visi dan misi sekolah di Madrasah Ibtida’iyah Darul UlumPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan dengan teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini berupa teknik analisis deskriptif, yaitu metode analisis data yang berupa kata-kata, gambar dan bukan angka. Hasil penelitian ini sesuai pertanyaan permasalahan yang pada garis besarnya dapat disimpulkan sebagai berikut: Budaya sekolah yang ada di MI Darul Ulum meliputi; a. Budaya mengucap salam, b. Ritual yaitu, budaya berdoa bersama, shalat dzuhur berjamaah di awal waktu, shalat dhuha berjamaah, dan mengucapkan yel-yel, c. Perayaan dan tradisi yaitu, upacara hari Senin, apel motivasi dan acara pelepasan kelas 6 serta ajang kreatifitas siswa, d. Rutinitas yaitu, petuah, MOS, Sabtu bersih, bela diri, menulis jurnal muhasabah dan penghubung, pondok Ramadhan dan, menghafal Al-Quran juz 30 dan 29. 2) Peran upaya budaya sekolah sangat signifikan sebagai penyumbang percepatan capaian visi dan misi sekolah di Madrasah Ibtida’iyah Darul Ulum

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Labib, M. (2025). UPAYA KULTURAL SEKOLAH DALAM MEMPERCEPAT PENCAPAIAN VISI DAN MISI PADA SEKOLAH DASAR INTEGRAL. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 255-260. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v5i1.2052
Bagian
Articles

Referensi

Affandi, M. Arief, Nur Ali, and Ahmad Barizi. 2024. “Model of Students’ Prophetic Character Building of Madrasah Aliyah in Responding to Global Sociocultural Change Era.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan 16 (2): 991–1004.

Arifin, Nur, Saim Kayadibi, and Imam Tabroni. 2025. “RELIGIOUS CHARACTER DEVELOPMENT: Madrasah Heads’ Strategies in Educating Students in Bandung.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 14 (02): 02. https://doi.org/10.30868/ei.v14i02.8270.

Dakhi, Agustin Sukses. 2020. Kiat Sukses Meningkatkan Disiplin Siswa. Deepublish. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=4-ZWEQAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=UPAYA+BUDAYA+SEKOLAH+SEBAGAI+PERCEPATAN+PENCAPAIAN+VISI+DAN+MISI+SEKOLAH+&ots=LG8Tbex9xD&sig=Tl6MbbPnNRgB-N1YaxKAsIu0cD4.

Haddade, Hasyim, Askar Nur, Andi Achruh, Muhammad Nur Akbar Rasyid, and Andi Ibrahim. 2024. “Madrasah Management Strategies through Madrasah Reform Program: An Evidence from Indonesia.” International Journal of Educational Management 38 (5): 1289–304.

Jazuli, Ahmad, Adi Yusuf Salsabila, and Dini Sadiyah. 2023. “The Strategy of the Head of Madrasah in Cultivating Fastabiqul Khoirot Culture in the State High School Environment in Batu City.” Education and Human Development Journal 8 (2): 56–65.

Moleong, Lexy J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Nadur, Eduardus Sepryanto. 2017. “Implementasi Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Membentuk Budaya Sekolah Pada Konteks Pendidikan Di Indonesia.” Jurnal Penelitian 21 (1). http://e-journal.usd.ac.id/index.php/JP/article/view/885.

Qomaruzzaman, Bambang. 2012. “Membangun Budaya Sekolah.” Simbiosa Rekatama Media. https://digilib.uinsgd.ac.id/33674/.

Simanullang, Horale Tua. 2024. Peningkatan Kinerja Kepala Sekolah Melalui Kepemimpinan Transformasional, Komitmen Afektif Dan Budaya Sekolah. Zifatama Jawara. https://books.google.com/books?hl=id&lr=&id=J2f_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA15&dq=UPAYA+BUDAYA+SEKOLAH+SEBAGAI+PERCEPATAN+PENCAPAIAN+VISI+DAN+MISI+SEKOLAH+&ots=LAllHekTL9&sig=6dsNnJLp6VmgwPqlONXkUuoD1Gk.

Sugiyono. 2019. Metodelogi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suryani, Elin. 2023. “Sistem Pengembangan Dan Pemberdayaan Budaya Sekolah Di Mts Aisyiyah Sumatera Utara.” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9 (5): 155–72.

Yasin, Muhammad. 2025. “Accelerating the Sustainable Development Goals (Sdgs) Program Towards the Interests of School Students in Madrasah.” Profetika: Jurnal Studi Islam 26 (01): 115–28