KONSEP FITRAH MENURUT IBNU KHALDUN: ANALISIS KOMPARATIF DENGAN NATIVISME, EMPIRISME DAN KOVERGENSI

Isi Artikel Utama

Muhammad Yani
Warul Walidin
Silahuddin

Abstrak

Artikel ini membahas konsep fitrah menurut Ibnu Khaldun dan membandingkannya dengan tiga teori perkembangan manusia dalam psikologi pendidikan: Nativisme, Empirisme, dan Konvergensi. Dalam pandangan Ibnu Khaldun, manusia diciptakan dengan potensi dasar yang memungkinkan mereka untuk berkembang melalui pendidikan dan interaksi sosial. Potensi ini, atau fitrah, mencakup kemampuan berpikir, belajar, dan membangun peradaban. Sementara itu, teori Nativisme menekankan bahwa perkembangan manusia sepenuhnya ditentukan oleh faktor bawaan, sedangkan Empirisme berpandangan bahwa manusia lahir tanpa potensi khusus dan berkembang sepenuhnya dari pengalaman. Konvergensi menggabungkan kedua pendekatan tersebut.Melalui pendekatan kualitatif dan studi literatur terhadap karya Muqaddimah Ibnu Khaldun serta sumber-sumber psikologi pendidikan, artikel ini menunjukkan bahwa pandangan Ibnu Khaldun paling sejalan dengan teori Konvergensi. Ia mengakui adanya potensi dasar manusia (fitrah) sekaligus pentingnya pendidikan dan lingkungan dalam mengaktualisasikan potensi tersebut.Dengan analisis ini, tulisan ini memberikan pemahaman lintas budaya mengenai hakikat manusia dan membuka ruang dialog antara pemikiran klasik Islam dan psikologi modern

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Yani, M., Walidin, W., & Silahuddin. (2025). KONSEP FITRAH MENURUT IBNU KHALDUN: ANALISIS KOMPARATIF DENGAN NATIVISME, EMPIRISME DAN KOVERGENSI. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 152-161. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v5i1.2155
Bagian
Articles

Referensi

Abbas, N. (2024). Integrasi Konsep Fitrah dan Teori Tabula Rasa dalam Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Iftitah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia …. https://ojs.staisdharma.ac.id/index.php/ijpiaud/article/view/312

AK, N. I. M. W. W. (1997). KONSEP PEDAGOGIK IBNU KHALDUN. digilib.uin-suka.ac.id. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14345/

Ashshiddiqi, A. M. (2021). Telaah Filosofis Fitrah Manusia Dan Ilmu Pengetahuan Dalam Islam: Karakteristik, Hubungan Organik, Dan Implikasi Kependidikan. Ta Dib Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 143–157.

Enan, M. A. (2013). Biografi Ibnu Khaldun. Serambi Ilmu Semesta.

Haryati, R., Jailani, M., & ... (2023). Relevansi Konsep Pembelajaran Perspektif Ibnu Khaldun pada Pembelajaran Bahasa Arab Era Modern. Al-Jawhar: Journal of …. https://ejournal.diwanpustaka.com/aljawhar/article/view/22

Ismail, S. (2013). Tinjauan Filosofis Pengembangan Fitrah Manusia dalam Pendidikan Islam. At-Ta’dib, 8(2).

Janna, S. R. (2013). Konsep Pendidikan Anak Dalam Perspektif Al-Ghazali (Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam). Al-TA’DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 6(2), 41–55.

Khaldun, M. bin, & Abdurrahman, A. A. (2001). Mukaddimah Ibnu Khaldun. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=zXTtDAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=konsep+fitrah+menurut+ibnu+khaldun&ots=6jwzGHjI_k&sig=HqR4Pz3br8-Wz5TdPGX7eT1NIGw

Kholifatun, U. N. (2024). Peserta Didik (Dalam Pandangan Aliran Nativisme, Empirisme, Naturalisme Dan Konvergensi dalam Tinjauan Pendidikan Islam). Ta’dib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 86–96.

Komarudin, K. (2022). Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun. Pandawa. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa/article/view/1419

Lisnawati, L. (2017). Konsep Ideal Pendidikan Islam Menurut Pandangan Ibnu Khaldun Dan Hubungannya Dalam Konteks Pendidikan Modern. Jurnal Muta’aliyah. https://www.neliti.com/publications/181415/konsep-ideal-pendidikan-islam-menurut-pandangan-ibnu-khaldun-dan-hubungannya-dal

Lu’lu’Nurhusna, S. P. I. (n.d.). KONSEP FITRAH DALAM AL-QUR’AN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TUJUAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. In core.ac.uk. https://core.ac.uk/download/pdf/160013873.pdf

Mudin, M. I., Ahmad, A., & Rohman, A. (2021). Potensi Bawaan Manusia: Studi Komparatif Teori Tabularasa dan Konsep Fitrah. Analisis: Jurnal Studi …. https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/9359

Mulasi, S., Walidin, W., & ... (2023). Konsep Sosiologis Dalam Pendidikan Perspektif Ibn Khaldun. AT-TA’DIB: JURNAL …. https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/2323

Nasrullah, A. (2020). Pendidikan Karakter Perskpektif Ibnu Khaldun: Suatu Kebutuhan Generasi Milenial di Era Industri 4.0. Tafhim Al-’Ilmi. https://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/tafhim/article/view/4024

Nur, A. (2015). Konsep Wasathiyah Dalam Al-Quran;(Studi Komparatif Antara Tafsir Al-Tahrir Wa At-Tanwir Dan Aisar At-Tafasir). Jurnal An-Nur, 4(2).

Pitriani, P., Mugni, S., & Bachtiar, M. (2023). Relevansi Pemikiran Ibnu Khaldun Tentang Pendidikan Terhadap Pendidikan Kontemporer. Darajat: Jurnal Pendidikan …. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/Darajat/article/view/1559

Usman, I. K. (2018). Konsep Pendidikan Ibnu Miskawaih dan Ibnu Khaldun. Jurnal Ilmiah Iqra’. https://journal.iain-manado.ac.id/index.php/JII/article/view/570

Wiranata, R. R. S., Firman, A. J., Mulyanto, T., & ... (2020). Praktik Pembelajaran Di Madrasah Perspektif Pragmatisme (Studi Terhadap Pemikiran Ibn Khaldun Dan Jhon Dewey). AL-MANAR: Jurnal …. http://journal.staimsyk.ac.id/index.php/almanar/article/view/194