DARI SAMPAH MENJADI EMPATI: PERAN PROGRAM "PISA MERAH" DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL-EMOSIONAL ANAK
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pengembangan kompetensi sosial-emosional merupakan aspek krusial dalam Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang sering terintegrasi dengan pendidikan karakter. Artikel ini mengkaji implementasi inovasi "PISA Merah" (Pilah Sampah Menjadi Rupiah) di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag sebagai media untuk menumbuhkan kemampuan sosial-emosional anak usia dini. Program ini tidak hanya berfokus pada pengelolaan lingkungan dan edukasi kewirausahaan, tetapi secara signifikan menumbuhkan empati, kepedulian terhadap sesama, dan semangat kolaborasi pada anak. Melalui aktivitas konkret memilah sampah dan mengkonversikannya menjadi dana beasiswa bagi teman-teman yang kurang mampu, "PISA Merah" menciptakan pengalaman belajar yang holistik, membentuk karakter peduli lingkungan dan sosial sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan desain, implementasi, dan hasil yang diamati dari program "PISA Merah", menyoroti kontribusinya yang unik terhadap perkembangan sosial-emosional
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Badar, S., Muhammad, D. H., & Susandi, A. (2022). Konsep Pendidikan Karakter Anak Usia Dini menurut Ki Hajar Dewantara dan Maria Montessori. Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 63–79.
Hadi, S. H. S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 227–240.