MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR SISWA

Isi Artikel Utama

Nuur Azizah
Achmad Ridlowi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi yang diterapkan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepala madrasah menerapkan manajemen strategis yang meliputi tiga tahapan utama: perencanaan, implementasi, dan evaluasi. Dalam proses ini, dilakukan analisis terhadap minat, bakat, serta mata pelajaran yang disukai siswa, yang kemudian ditindaklanjuti dengan program pembinaan yang sesuai. Evaluasi secara berkala juga dilakukan untuk mengukur efektivitas program serta menyesuaikan strategi yang diperlukan. Faktor pendukung dan penghambat dalam optimalisasi prestasi belajar siswa yaitu faktor internal (minat, bakat, motivasi, kesehatan, kemampuan kognitif), sedangkan faktor eksternal (keluarga, masyarakat, dan sekolah)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Azizah, N., & Ridlowi, A. (2025). MANAJEMEN STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR SISWA. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 261-266. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v5i1.2198
Bagian
Articles

Referensi

Ariyanti, N., & Prasetyo, M. A. M. (2021). Evaluasi Manajemen Hubungan Masyarakat dan Sekolah (Studi Kasus di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Falah Purwodadi Pasuruan). Idarah: Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan, 5(2), 103–126. https://doi.org/10.47766/idarah.v5i2.133

Astria, D., & Santi, M. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Bisnis Dalam Strategi Pemasaran Online Untuk Meningkatkan Jumlah Penjualan. EKSYAR: Jurnal Ekonomi Syari'ah & Bisnis Islam (e-Journal), 8(2), 246-270.

John W. Creswell., & J. David Creswell. (2023). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset, Edisi Ketiga : Pustaka Pelajar.

Komarudin, Komarudin, Diana Riski Sapitri Siregar, Zahruddin Zahruddin, and Maftuhah Maftuhah. (2022) “Manajemen Strategi Dalam Lembaga Pendidikan.” Yasin 2, no. 5 : 680–94. https://doi.org/10.58578/yasin.v2i5.560.

Mochammad Tajimudin, Achmad Sanusi, A. S. (2020). Manajemen Sarana dan Prasarana Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada Bahasa Indonesia: Madrasah Ibtidaiyah Dsebuah Sekoolah Dsakit D Bandung. Ner: Tinjauan Pendidikan Nusantara, 3 (2).

Nai, H., & Wijayanti, W. (2018). Pelaksanaan tugas dan fungsi kepala sekolah pendidikan menengah negeri. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 6(2), 183-192.Https://Doi.Org/10.21831/Amp.V6i2.10182.

Rusniati -, & Haq, A. (2014). Perencanaan Strategis Dalam Perspektif Organisasi. Jurnal INTEKNA : Informasi Teknik Dan Niaga, 14(2). https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/intekna/article/view/178

Sagala, Syaiful. 2011. Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Septiani, Sisca, Ade Elza Surachman, Muhammad Alwi, Paulus Robert Tuerah, Abdul Hamid Arribathi, Reina A Hadikusumo, Norbertus Tri Suswanto Saptadi, Ai Hilyatul Halimah, Ai Desilawati, and Giandari Maulani. (2023) Manajemen Mutu Pendidikan. Sada Kurnia Pustaka.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Suryabrata Sumadi, (2010), Psikologi Pendidikan, Jakarta: Presiden Rajawali.

Surbakti, A. B., Rahayu, S. P., PA, S. M. B., & Ginting, R. B. (2020). Sistem Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Penentuan Optimasi Ragi Tempe Pada Proses Fermentasi Tempe Kedelai Menggunakan Metode Fuzzy Mamdani (Studi Kasus: Pengrajin Tempe Kedelai Desa Bulu Cina). Jurnal Ilmiah Simantek, 4(2), 146-160.

Yanti, H., & Syahrani, S. (2021). Standar Bagi Pendidik Dalam Standar Pendidikan nasional Indonesia. Adiba: Journal of Education, 1(1), 61-68