NILAI KOMUNIKASI HUMANISTIK DALAM PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER

Isi Artikel Utama

Sumarni

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai komunikasi humanistik dalam pemikiran KH. Ahmad Dahlan serta relevansinya terhadap pengembangan pendidikan karakter di Indonesia. Kajian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif melalui analisis literatur terhadap karya-karya dan ajaran KH. Ahmad Dahlan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi humanistik dalam pemikiran KH. Ahmad Dahlan berlandaskan pada prinsip keikhlasan, keteladanan, dialog, dan kasih sayang. Nilai-nilai ini memiliki relevansi kuat dengan pendidikan karakter, terutama dalam membentuk kepribadian siswa yang berakhlak, empatik, dan bertanggung jawab. Penelitian ini menegaskan bahwa pendidikan karakter tidak dapat dipisahkan dari proses komunikasi yang menghargai kemanusiaan, sebagaimana ditekankan dalam ajaran KH. Ahmad Dahlan.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Sumarni. (2024). NILAI KOMUNIKASI HUMANISTIK DALAM PEMIKIRAN KH. AHMAD DAHLAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 107-116. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v3i2.2291
Bagian
Articles

Referensi

Ali, M. K., Ali, A. M., Ali, F. F., Ali, R. I., & Hasanah, A. (2025). Pelestarian Silek Kumango sebagai Media Dakwah Kultural dalam Mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan di Minangkabau. In Cognoscere: Jurnal Komunikasi dan Media Pendidikan. CV. Lenggogeni Data Publishing. https://doi.org/10.61292/cognoscere.267

Bakhtiar, F. Z., & Aisyah, S. (2024). Tradisi Primbon dalam Pernikahan Masyarakat Desa Harjokuncaran Kecamatan Sumbermanjing Wetan dalam Perspektif Madzhab Syafii. In Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam (Vol. 15, Issue 2, pp. 79–90). IAI Darussalam Blokagung. https://doi.org/10.30739/darussalam.v15i2.2922

Chahyadi, A. B., Sitompul, H., & Panjaitan, K. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN MERAKIT PERSONAL KOMPUTER. In JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DALAM PENDIDIKAN (Vol. 6, Issue 2, p. 117). State University of Medan. https://doi.org/10.24114/jtikp.v6i2.16955

Hodiyanto, H. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. In Admathedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan (Vol. 7, Issue 1, p. 9). Universitas Ahmad Dahlan. https://doi.org/10.12928/admathedu.v7i1.7397

Komunikasi dalam Tim Organisasi di Sekolah Dasar Negeri. (2023). In Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, Menengah dan Tinggi [JMP-DMT] (Vol. 4, Issue 4). Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. https://doi.org/10.30596/jmp-dmt.v4i4.16334

Latifah, P. N., Habibi, M. D., & Susandi, A. (2021). Konsep Pendidikan Humanistik Dalam Konteks Pemikiran Paulo Freire Dan K.H Ahmad Dahlan. In IQRO: Journal of Islamic Education (Vol. 4, Issue 2, pp. 103–116). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo. https://doi.org/10.24256/iqro.v4i2.2256

Masturin, M. (2018). JURNALISME DAKWAH DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER. In AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam (Vol. 5, Issue 2). Universitas Islam Negeri Sunan Kudus. https://doi.org/10.21043/at-tabsyir.v5i2.3193

Mayani, R., Zuliani, W., & Nasir, M. (2024). Nilai-Nilai Psikologi Humanistik dalam Penerapan Kurikulum Merdeka di SD 2 Muhammadiyah Langsa. In Tafhim Al-’Ilmi (Vol. 15, Issue 2, pp. 299–320). STIT Aqidah Usymuni Sumenep. https://doi.org/10.37459/tafhim.v15i02.7467

Mustamir, M. (2019). Penerapan Perkuliahan Dengan Pendekatan Humanistik Pada Mata Kuliah Penelitian Pendidikan di PGSD Bone. In Retorika: Jurnal Kajian Komunikasi dan Penyiaran Islam (Vol. 1, Issue 1, pp. 119–125). Institut Agama Islam Muhammadiyah Sinjai. https://doi.org/10.47435/retorika.v1i1.245

Nasenda, A. G., Isnarto, I., Sugiman, S. (2024). Literasi Matematika Siswa Ditinjau dari Self-Efficacy pada Model Pembelajaran Project Based Learning Pendekatan Humanistik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka. In JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 9, pp. 10117–10123). Ainara. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5794

Nasution, H. A., Suyadi, S. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Humanistik dengan Pendekatan Active Learning di SDN Nugopuro Gowok. In Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 17, Issue 1, pp. 31–42). Al-Jamiah Research Centre. https://doi.org/10.14421/jpai.2020.171-03

Peran Komunikasi dan Kepuasan Kerja dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan. (2024). In Tsaqila Jurnal Pendidikan dan Teknologi. Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. https://doi.org/10.30596/tjpt.v4i1.530

Rofiah, Z., & Miah, M. (2025). Strategi Komunikasi Persuasif dalam Media Dakwah: Kontribusinya terhadap Peningkatan Pemahaman Pendidikan Agama Islam, Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/alamtaraok/article/view/3800

Saputra, E., Wulan, R. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Dalam Komunikasi Dakwah Berplatform Digital. In Dinamika: Jurnal Kajian Pendidikan dan Keislaman (Vol. 7, Issue 2, pp. 12–26). Universitas KH. A. Wahab Hasbullah. https://doi.org/10.32764/dinamika.v7i2.3081

Syani, A. K., Mufid, S., Hazin, M. (2018). Komunikasi dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Wajib Belajar 9 Tahun di Kecamatan Ngadiluwih. In Khazanah Pendidikan (Vol. 11, Issue 1). Lembaga Publikasi Ilmiah dan Penerbitan Universitas Muhammadiyah Purwokerto. https://doi.org/10.30595/jkp.v11i1.2309

Ula, N. K. Z., Fauziyah, Y., Anbiya, B. F. (2023). Analisis Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Sebagai Alat Komunikasi Guru Dan Siswa Dalam Pemnbelajaran: Perspektif Guru Pendidikan Agama Islam. In Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Vol. 21, Issue 2, pp. 89–104). Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). https://doi.org/10.17509/tk.v21i2.63621