IMPLEMENTASI KONSEP 4C DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN

Penulis

  • Azwar Anas Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Endin Mujahidin Universitas Ibn Khaldun Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.356

Kata Kunci:

Konsep 4c, Pembelajaran

Abstrak

Di abad 21 peserta didik harus memiliki keterampilan dan mengembangkan potensinya, agar mereka menjadi pribadi yang sukses dan berkembang dalam kehidupannya. Di antara keterampilan abad 21 adalah keterampilan 4C (Critical thinking, communication, collaboration, creativity).  Terdapat banyak pendapat tentang apa saja keterampilan abad ke-21, salah satu pendapat adalah 4C (Critical thinking, Creativity, Collaboration, dan Communication). Critical thinking (berpikir kritis) adalah semua hal tentang keterampilan memecahkan masalah. Creativity (kreativitas) adalah hal tentang keterampilan berpikir outside the box, mencoba pendekatan baru untuk menyelesaikan sesuatu, inovasi, dan penemuan. Collaboration (kolaborasi) adalah keterampilan bagaimana seseorang bekerja sama, saling bersinergi, beradaptasi dalam berbagai peran dengan orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Communication (komunikasi) adalah keterampilan seseorang untuk menyampaikan dan berbagi pemikiran, pertanyaan, gagasan, dan solusi mereka dengan cara terbaik. Tulisan ini akan memaparkan berbagai keterampilan tersebut agar dapat memberikan tambahan wawasan dan pengembangan keterampilan sehingga dapat bermanfaat dalam menyiapkan anak didik untuk menghadapi perubahan jaman yang tak terelakkan

Referensi

Aji Nugroho, Muhammad. 2014. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Islam di Madrasah.†Mudarrisa Vol. 6, No. 1 (Juni 2014). “AL-Qur’an dan terjemahan Surah An-Nahl ayat 44,†Anitah, Sri. 2010. Media embelajaran. Cetakan kedua. Surakarta: YumaPressindo. Asnawir, dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pembelajaran. Cetakan 1. Jakarta: Ciputat Perss.

Asep Saepul Hamdi dan E. Bahruddin, Bahruddin (2015) Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. (Yogyakata : Deepublish)

Bagja Sulfemi, Wahyu, dan Dede Supriyadi. 2018. “Pengaruh Kemampuan Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar IPS.†Jurnal Ilmiah Edutecno Volume 18. No. 2. (Tahun 2018).

Beni Ahmad Saebani, Metode Penelitian Hukum, (Bandung: Pustaka Setia, 2009)

Budiman, Haris. 2017. “Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam Volume 8 No. I (2017).

Darmawan, Deni. 2013. Teknologi Pembelajaran. Cetakan ke 3. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Deka, Silpia, dan Neviyarni. 2013. “Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Siswa (Studi Deskriptif Terhadap Siswa SMP N 12 Padang)†Vol. 2 No. 1 (1 Januari 2013).

Edi Prihadi, Pengembangan Keterampilan 4c Melalui Metode Poster Comment pada Mata Pelajaran Pai Dan Budi Pekerti, Vol. 2 No. 1 (2018): Jurnal Pendidikan Islam Rabbani

Fathurrahman, Pupuh dan M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar.Bandung: Refika Aditama.

Fatqurrahman, Nurul, dan Zaenal Abidin. 2018. “Program Unggulan Di Madrasah Aliyah Daru; Huda Mayak Tonatan Ponorogo†Vol.2, No. 1 (Mei 2018)

Haris Budiman. 2014. “Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan.†Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. I (2014): 31–43.

Haryono, Sugeng. 2016. “Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi.†Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 3 (November 2016).

https://hermananis.com/4c-keterampilan-abad-21-yang-harus-dimiliki-peserta-didik

Husniyatus Salamah Zainiyati, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis ICT, (Jakarta: Kencana, 2017), 117.

Iman Nasrulloh, Ali Ismail, Analisis Kebutuhan Pembelajaran Berbasis ICT, Jurnal PETIK Vol.3. No.1 2017

Ira, Munirah. “Sistem Pendidikan di Indonesia: antara keinginan dan realita.†Jurnal Auladuna 2, no. 2 (2015): 233–45.

PUSTAKA : http://zaifbio.wordpress.com/2010/01/14/konsep-dasar-strategi-pembelajaran-3/

Ricky Fimasyah, Perancangan Web Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Berbasis ICT, Jurnal Informatika, Vol. 3 No. 2, 2016

Rusmana, Model-model Pembelajaran. Cetakan ke 5 PT. Raja Grafindo Persada Jakarta 2014

Diterbitkan

2022-08-27

Cara Mengutip

Anas, A., & Mujahidin, E. (2022). IMPLEMENTASI KONSEP 4C DALAM PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH ANALISIS KEBIJAKAN PENDIDIKAN. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1-13. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.356

Terbitan

Bagian

Articles