MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI MELALUI KEGIATAN ORGANISASI ISPA DI PONDOK MODERN UMMUL QURO AL-ISLAMI LEUWILIANG BOGOR

Penulis

  • Muhamad Dinil Anani Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Saiful Falah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.364

Kata Kunci:

Manajemen, Pembinaan Santri, Kegiatan Organisasi ISPA

Abstrak

Organisasi Santri merupakan organisasi intra pesantren. Mirip OSISI di sekolah umum, tapi banyak bedanya. Organisasi santri di pesantren memiliki peran dibandingkan OSISI di sekolah. Di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami semua kegiatan itu dikendalikan oleh pengurus Ikatan Santri Putra (ISPA). Melalui kegiatan-kegiatan itulah diharapkan santri dapat mengembangkan kedisiplinan diri, memperbaiki akhlak, dan dapat memperkaya serta memperluas wawasan pengetahuan dan keterampilannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana manajemen pembinaan santri melalui kegiatan organisasi ISPA? Bagaimana kegiatan organisasi ISPA di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Isalmi? Bagaimana manajemen pembinaan santri melalui kegiatan organisasi ISPA? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna dan penerapan manajemen pembinaan santri melalui kegiatan organisasi ISPA di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami Leuwiliang, Bogor. Jenis penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang menjelaskan secara menyeluruh dan mendalam dari hasil penelitian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Yang menjadi objek penelitian ini adalah pengurus organisasi ISPA. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa manajemen pembinaan santri melalui kegiatan organisasi ISPA di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami menggunakan manajemen yang baik dalam pembinaan santri. Hal itu dapat diketahui dengan terlaksananya empat fungsi manajemen yaitu, perencanaan, perorganisasian, pelaksanaan dan pengarahan dan lima metode pembinaan yaitu, keteladanan, perhatian, nasehat, pembiasaan dan penghargaan atau hukuman. Dan kegiatan organisasi ISPA di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami berjalan dengan baik dilihat dari program kerja yang mereka buat terlaksana

Referensi

Arikunto, Suharsimi, Manajemen Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta) 2005.

Badrudin, Dasar-Dasar Manajemen, (Bandung: Alfabeta, 2014).

Buku Kode Etik Tata Tertib dan Klasifikasi Pelanggran Santri.

Departemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahnya (Bogor: Syamil Quran, 2007).

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pondok Pesantren: Studi tentang Pandangan Hidup Kiai (Jakarta: LP3ES, 2001).

Echols, John M. dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, cet. XXV, (Jakarta: PT Gramedia, 2003).

Fattah, Nanang, Landasan Manajemen Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosyda Karya, 2003).

Hadipurno. Manajemen Pendidikan Pondok Pesantren (Yogyakarta: CV.Bildung Nusantara).

Haedari, H. Amin dkk, Panorama pesantren dalam cakrawala modern.

Hasibuan, Malayu S.P, Manajemen (Dasar, Pengertian, dan Masalah) dan Badrudin, Dasar-Dasar Manajemen, (Bandung: Alfabeta, 2014).

Hibban, Muhammad Bin, Shohih Ibnu Hibban, (Beirut: Muassasah Ar-Risalah, 1993).

Koenjtaraningrat, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta: Gramedia, 2007).

Lukaman Hakim dan Mukhtar, Dasar-Dasar Manajemen, (Jambi: Timur Laut Aksara, 2018).

Manullang, M. dalam Dasar-Dasar Manajemen dan Badrudin, Dasar-Dasar Manajemen, (Bandung: Alfabeta, 2014).

Mastuki dkk, Manajemen Pondok Pesantren. (Jakarta: Diva Pustaka. 2005)

Maunah, Binti, Metodologi Pengajaran Agama Islam, (Yogyakarta: Teras, 2009).

Moloeng, Lexi J., Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2001).

Mukhtar, Metode Praktis Penelitian Dekriptif Kualitatif, (Jakarta: Referensi, 2013).

Mustari, Mohamad, Manajemen Pendidikan, (Jakarta: Interpratama Offset, 2014).

Nasional, Departemen Pendidikan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, cet. IV, edisi III (Jakarta: Balai Pustaka, 2007).

Sholeh, Abdul Rasyid, Manajemen Dakwah Islam, (Jakarta: Bulan Bintang, 2005).

Sudjono, Anas, Teknik dan Evaluasi Suatu Pengantar, (Yogyakarta: UP. Rama, 2009).

Surachmad, Wiranto, Pengantar Penelitian Ilmiah cet VIII, (Bandung: Tarsito).

Suryosubroto, Proses Belajar Mengajar di Sekolah, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002).

Syamsudduha, Manajemen Pesantren (Teori dan Praktik), (Yogyakarta: Graha Guru, 2004).

Syarbini, Amirullah, Buku Pintar Pendidikan Karakter, (Jakarta: as@-prima, 2012).

Ulwan, Abdullah Nashih, Pedoman Pendidikan Anak daalam Islam, (Kuala Lumpur: Asy-Syifa’ Darul Fikri).

Usman, Husaini, Manajemen Pendidikan, (Yogyakarta: Program Pasca Sarjana, 2004).

Wahyudi, Dasar-Dasar Manajemen Penggerakan, (Jakarta: PT. Media Pustaka Utama,).

YAPPI, MU, Manajemen pengembangan pondok pesantren.

Diterbitkan

2022-08-27

Cara Mengutip

Dinil Anani, M., & Falah, S. (2022). MANAJEMEN PEMBINAAN SANTRI MELALUI KEGIATAN ORGANISASI ISPA DI PONDOK MODERN UMMUL QURO AL-ISLAMI LEUWILIANG BOGOR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 36-50. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.364

Terbitan

Bagian

Articles