STRATEGI PEMBINAAN KARAKTER PADA SANTRI MALALUI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM BOGOR
DOI:
https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.366Kata Kunci:
Pembinaan, karakter, Ekstrakurikuler PramukaAbstrak
Pramuka adalah organisasi yang memberi perhatian kepada problem moral pembinaan karakter yang dilakukan sang pembina pramuka di Pondok Pesanten Darussalam Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana seni mengelola akhlak santri melalui pramuka di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. Artinya cara pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan pengesahan. Keabsahan data yang berasal dari triangulasi yang didapat dengan membandingkan data. Adapun penelitian ini ada tiga tahapan, yaitu pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa heroinisme, keteladanan, tugas, ceramah, dan penuntutan atau hukuman adalah gaya yang digunakan dalam melatih karakter santri melalui kegiatan pramuka. Kebiasaan meminta santri datang tepat waktu, saling menyapa, menunaikan shalat berjamaah dan lain-lain. Keteladanan adalah menyampaikan model perbuatan secara langsung kepada santri. Penugasan adalah ketika induksi tenaga berlangsung, santri baru diberikan tugas individu dan kelompok. Dengan memberikan penjelasan tentang pentingnya akhlak yang baik sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Sanksi bagi santri yang tidak mematuhi peraturan akan mendapat teguran langsung dari pelatih, diminta membacakan dasa dharma di depan santri lain, lari di lapangan. dan apa yang menyebabkan santri menyaksikan kebosanan hadir saat latihan pramuka karena pelatih pramuka memberikan materi menggunakan metode ceramah yang monoton. Adapun kegiatan pramuka yaitu latihan mingguan, Skill, SKU, PBB, TKK, resume dan evaluasi dan nilai yang ditanamkan antara lain agama, disiplin, kemandirian, tanggung jawab, peduli lingkungan, kepemimpinan dan kesabaran
Referensi
Al-Banna Hasan Ahmad, Penjabaran SKU dan Aba-aba Isyarat, (Ponorogo: Koordinator Gerakan Pramuka), 2006.
Al-Qur’an Hafalan, (Bandung: Al-Qur’an Al-Qosbah), 2021.
Azwar Azrul, Mengenai Gerakan Pramuka, (Jakarta: Erlangga), 2012.
Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Cet, 15, (Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama), 2015.
KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM.
Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.
Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.
Nurodin, N. (2016). PENGARUH METODE BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN IBU-IBU. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 508-522.
Nurodin, N. (2017). PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PENYANDANG TUNADAKSA (Penelitian di Panti Asuhan Nurul Haq, Yayasan Madania, Jalan Janti GemakNomor 88 Gedong Kuning Banguntapan Bantul, Yogyakarta). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 130-149.
Depdikna, Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi keempat, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama), 2008.
Hidayatullah Furqon, Pendidikan Karakter Membangun Peradaban Bangsa. (Surakarta: Yuma Pustaka), 2010.
Gugus Depan 25.112, Scouting For Girl’s Sejarah Singkat ke Pramukaan, 2020-2021.
Helmawati, Pendidikan Keluarga, Cet. 1, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset), 2014.
Imam Ahmad Musnad, Dar al-Fikri,Kairo, Mesir: 1976.
Kapusdiklatda JABAR, “Materi Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar.
Kesuma Dharma, Cepi Triatna, dan Johar Permana, Pendidikan Karakter, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya), 2011.
Lexy J Moleong, Metodelogi Penelitian kualitatif, (Bandung: PT Rosdakarya, 2008.
Novan Ardy Wiyani, Bina Karakter Anak Usia Dini, (Jogjakarta : Ar-Ruzz Media, 2013).
Novan Ardy Wiyani, Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Takwa, (Yogyakarta: Teras, 2012).
Qismul Manhaj Ad-dirosi, “Syarhul Mahfudzotâ€, 2006.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta: Kalam Mulia, 2019).
Sani Ridwan Abdullah, Muhammad Kadri, Pendidikan karakter Mengembangkan Karakter Anak yang Islami, Cet. 1. (Jakarta: Bumi Aksara), 2016.
Sugiono, Metode Penlitian Kuantitatif, kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2014.
Sukiyat, Strategi Implementasi Pendidikan Karakter, Cet. 1, (Surabaya: CV Jakad Media Publishing), 2021.
Sunardi Andri Bob, Boy Man 2, Cet. 1. (Bandung: Darma Utama), 2016.
Sunardi Bob Andri, Boyman Ragam Latih Pramuka, (Bandung: Darma Utama), 2016.
Yamin Martinis, Maisah, Manajemen Pembelajaran Kelas Strategi Meningkatkan Mutu Pembelajaran, Cet. 2, (Jakarta: Gaung Persada), 2012.
Zakarian M. Askaria, Vivi Afriani, Kh. M. Zakariah. Metodologi Kualitatif dan Kuantitaf, Action Reserch And Development. 2020.
Zuhry Dhofir, Peradaban Sarung, Cet. 3, (Jakarta: Elex Media Komputindo), 2018.
Arini Dewi, Vol. 9, No. 1, Maret, “Manajemen Ekstrakurikuler Pramukaâ€, 2015.
Erliani Sa‟adah, Vol. 7, No. 1, Jnauari, “Peran Gerakan Pramuka untuk membentuk karakter Kepedulian Sosial dan Kemandirian ( Studi kasus di SDIT Ukhuwah dan MIS An-Nuriyyah 2 Banjarmasin), jurnal Muallimuna, 2017.
Fifi Nofiaturrahmah, vol. 11, No. 2, Desember, “Metode Pendidikan Karakter di Pesantrenâ€, 2014.
Harahap Ainun Mardia, Kondisep dan Strategi pendidikan Karakter di sekolah dalam Pengembangan Kurikulum 2013, Jurnal Darul’ilmi Vol.04, No.01 Januari 2016.
Jannah Mifathul, vol. 40, No. 1, “Metode dan Strategi Pembentukan Karakter Religius yang diterapkan di SDTQ_T An Najah Pondok Pesantren Cindal Alus Martapuraâ€, 2019.
Kisnanziar Putrin Arianti, Vol. 01, No. 01, Strategi Pembinaan Karakter Religius Islami di SMP Al-Hikmah Surabaya, 2018.
Musa Suriyati, Welly Pangayow, Sukarman Kamuli, Vol. 02, No. 2, Mei, Pembinaan Karakter Tanggung Jawab Melalui Kegiatan Pramuka di SMP Negeri 1 Mananggu Kabupaten Boalemoâ€, 2017.
Novan Ardy Wiyani, Vol. 4, No. 2, Desember, “Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Siswa Melalui Gerakan Pramuka di SD“, Jurnal Pendidikan dalam Islam, 2012.
Pratiwi Septiana Intan, “Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa Sdâ€, Vol. 2. No. 1 April 2020.
Pratiwi Septiana Intan, Vol. 2, No 1, April, “Pengaruh Ekstrakurikuler Pramuka Terhadap Karakter Disiplin Siswa SDâ€, 2020.
Putri Dini Palupi, Pendidikan Karakter pada anak Sekolah Dasar di Era Digital, Jurnal Pendidikan Dasar Vol.2, No.1 2018.
Saipul Ambri, Pramuka Ekstrakurikuler wajib di Sekolah, Jurnal Ilmu Keolahragaan Vol.13, No.2, Juli-Desember 2014.
Sri Woro dan Marzuki,†Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Windusari Magelang “Jurnal Pendidikan Karakter. 2016. Vol. 1.
Sri Woro, Marzuki, Vol. 6, No. 1, Jurnal Pendidikan Karakter, “Peran Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka Dalam Pembentukan Karakter Tanggung Jawab Peserta Didik di SMP Negeri 2 Windusari Magelangâ€
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index