MANAJEMEN PROGRAM LITERASI BAGIAN PERPUSTAKAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA
DOI:
https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i1.367Kata Kunci:
Manajemen, Minat Baca, Program LiterasiAbstrak
Islam merupakan agama yang mendorong untuk membudayakan budaya literasi di kalangan umatnya. Hal ini tak lepas dari sejarah turunnya Al-Qur’an. Maka, kewajiban membaca sudah ada sejak dahulu, berbagai upaya yang telah dilakukan untuk meningkatkan literasi mulai dari kegiatan tulis menulis, kemudian menggunakannya untuk berpikir atas apa yang dibaca. Namun, permasalahan saat ini adalah kemampuan literasi siswa di Indonesia cukup bagus dan tidak terlalu rendah. Adapun permasalahan di Pondok Pesantren Darussalam ini adalah siswa masih belum memiliki minat baca yang tinggi dikarenakan faktor internal maupun eksternal. Tujuannya adalah untuk mengetahui manajemen program literasi bagian perpustakaan dalam meningkatkan minat baca siswa di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan format desain penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitiannya, yaitu manajemen cukup baik karena berlandaskan pada program kerja yang dibuat ketika sidang musyawarah kerja. Adapun program literasi berupa: kegiatan baca-tulis, membuat artikel, perlombaan ilmiah, pengadaan perpustakaan keliling dan sebagainya agar lebih dibuat semenarik mungkin. Karena, mayoritas siswa memiliki minat baca rendah yang mana siswa ini menggunakan berbagai alasan sehingga lebih meluangkan waktunya untuk kegiatan lain di sore hari, baik memperdalam pelajaran bagi siswa yang kurang dalam aspek kognitif serta belum dapat mengatur aspek afektif yang dapat muncul dari kegiatan yang menimbulkan minat
Referensi
Adiputri, Ratih, 2019, Cet. 1, Sistem Pendidikan Finlandia: Catatan dan Pengalaman Seorang Ibu, (Jakarta: Gramedia).
Al-‘Imran, Ali bin Muhammad, 2010, Cet. 1, Gila Baca Ala Ulama: menilik dan meneladani para ulama dalam menuntut ilmu, (Solo: Pustaka Arafah).
Asy-Syafi’I, Imam Hafidz Ahmad bin Ali, 2002, Bulughu-l-Maram Min Adillati-l-Ahkam, (Jakarta: Dar al-kutub Al-Islamiyah).
Pengajaran, Bagian, Panduan Kulliyatul Mu’allimin Al-Islamiyah: Pondok Pesantren Darussalam Ciomas Bogor.
Barnawi, Arifin, 2015, Teknik Penulisan Karya Ilmiyah, Cet. 1, (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media).
Bungin, Burhan, 2017, Penelitian Kualitatif; Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainya, (Jakarta: Kencana).
Imron, Moch, 2011, Bahan Ajar Mahasiswa Cara Mudah Menyusun Skripsi, (Jakarta: Sagung Seto).
Indrawan, Irjus, 2015, Pengantar Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah, (Yogyakarta; Deepublish).
Jalaluddin Al-Mahalli, dan Imam Jalaluddin As-Suyuti, Imam. 2019. Tafsir Jalalain berikut Asbabun Nuzul Ayat Surat Al-Kahfi s.d. An-Nas 2, terjemahan Bahrun Abu Bakar, Lc., Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Nata, Abuddin, 2018, Pendidikan dalam Perspektif Al-Qur’an, Cet. 2, (Depok: Prenadamedia Group).
Rahmah, Noer, Zaenal Fanani, 2017, Pengantar Manajemen Pendidikan, (Malang: Madani).
Rauf, Al-Qur’an Hafalan Mudah: Terjemahan dan Tajwid Warna, (Bandung: Cordoba).
Rofi’I, Abdullah, 2011, Ushul-ul-Fiqh, Cet. II.
Ananda, Rusydi dan Oda Kinanta Banuera, 2017, Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan, Cet ke-1, (Medan; Widya Puspita).
Sutarno, 2008, Menulis yang efektif dan 1 Abad Kebangkitan Nasional 1908-2008 & Kebangkitan Perpustakaan, Cet. 1, (Jakarta: Sagung Seto).
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D, Cet. 28, (Bandung: Alfabeta).
Tim Dosen Administrasi Pendidikan Unv. Pendidikan Indonesia, 2017, Manajemen Pendidikan, (Bandung; Alfabeta).
Suwandi, Sarwiji, 2019, Pendidikan Literasi (Membangun Budaya Belajar, Profesionalisme Pendidik, dan Budaya Kewirausahaan untuk Mewujudkan Marwah Bangsa), (Bandung; Remaja Rosdakarya).
Yamin, Moh., 2021, Strategi Membangun Literasi Sekolah: Penguatan Budaya Ilmiah Berbasis Lingkungan Yang Mengasuh, (Malang: Madani).
Zuhry, Dhofir, 2021, Peradaban Sarung: Veni, Vedi, Santri, (Jakarta: Gramedia)
Anggraeni, Intan, 2016, Vol. 04, No. 01, “Strategi Kepala Sekolah untuk Meningkatkan Gemar Membaca Siswa di SMP Negeri 2 Balongbendo Sidoarjoâ€, (Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan).
Asifudin, Ahmad Janan, 2016, Vol. 01, No. 02, “Manajemen Pendidikan untuk Pondok Pesantrenâ€, ( Jurnal Manajemen Pendidikan Islam).
Budi Dharma, Ketut, 2020, Vol. 4 No. 2, “Implementasi Gerakan Sekolah dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasarâ€, (Jurnal Edukasi Nonformal).
Tahmidaten, Lilik, Wawan Krismanto, 2020, Vol. 10 No. 1, “Permasalahan Budaya Membaca di Indonesiaâ€, (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan).
Yoni, Efri, 2020, Vol. 07, No. 01, “Pentingnya Minat Baca dalam Mendorong Kemajuan Dunia Pendidikanâ€, (Jurnal Inovasi Pendidikan).
https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/MEMBACA diakses pada Rabu, 11 Agustus 2021, Pukul 23.58 WIB.
https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37749/ diakses pada 27 Januari 2020, Pukul 09.20 WIB
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/4290/2/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I-BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf diakses pada Rabu, 11 Agustus 2021, Pukul 19.02 WIB
EZA FITRIA YUDIARTI.pdf diakses pada Rabu, 11 Agustus 2021, Pukul 19.04 WIB
http://eprints.radenfatah.ac.id/2920/1/FARHANI%20R%20%281554400031%29.pdf diakses pada Rabu, 11 Agustus 2021, Pukul 19.08 WIB
https://www.suara.com/health/2019/11/18/131558/5-alasan-penting-mengapa-anda-harus-membiasakan-anak-membaca-sejak-dini?page=all, diakses 18 November 2019 pukul 13.15 WIB.
https://www.kemdikbud.go.id/, diakses pada 25 April 2021, Pukul 01.01 WIB.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index