Pengaruh Tata Kelola Komunikasi terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Bogor

Penulis

  • Namira Fauziah Namira Universitas Djuanda Bogor
  • Nabilah Sri Rejeki Universitas Djuanda Bogor
  • Muhammad Rendi Ramadhani Universitas Djuanda Bogor

Kata Kunci:

Pengaruh, Komunikasi, Efektivitas, Pembelajaran

Abstrak

Keberhasilan suatu kinerja dalam lembaga Pendidikan dapat dilihat dari adanya kerja sama dan iklim komunikasi yang baik antar peran. Pendidikan yang baik tentu akan mencetak generasi yang unggul dan berkualitas, sehingga untuk mencapai tujuan tersebut perlu adanya kekompakan dan saling melibatkan berbagai pihak yang berhubungan dengan sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensitas tata kelola komunikasi sehingga memberikan pengaruh terhadap efektifitas kinerja pegawai di MTs Al-Amanah Bogor. Metode pengumpulan data dari penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara juga mengutip beberapa pembahasan terkait penelitian dari beberapa sumber; yaitu jurnal, buku, artikel, dan lain-lain. Adapun hasil dari penelitian ini, bahwasanya tata kelola komunikasi sangat mempengaruhi terhadap efektifitas dan produktifitas kinerja pegawai dan sistem tata kelola komunikasi yang diterapkan sudah cukup baik. Hal tersebut dipengaruhi oleh sistem komunikasi dua arah. Sehingga menunjukkan adanya keterbukaan dan meminimalisir miss communication yang kemungkinan terjadi.

Referensi

Andi, dkk. (2022). Iklim Komunikasi Organisasi Kantor Pelayanan Publik. Penerbit Adat: Indramayu.

Hassa dan Lina. “Efektivitas Komunikasi dalam Organisasi”.Jurnal Manajemen Vol. 7 No. 4 tahun 2009.

Ike Junita, dkk. (2020). Strategi Guru dalam membangun komunikasi dengan Orang Tua Siswa di Sekolah. Jurnal Kajian Komunikasi, Volume 8, No. 1, Juni 2020, hlm. 99-113.

Lestari, I, D. (2009). “Implementasi Komunikasi Efektif Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Kerja Guru Di Sdn Mekarjaya 30 Depok”. Jurnal SAP Vol. 3 No.3 April 2019.

Luthans, Fred. “Perilaku Organisasi, Terjemahan Oleh Vivin Andhika”. Yogyakarta: Andi Offset, 2006.

Maulida, H. (2020). Pola Komunikasi Siswa Di Lingkungan Sekolah Ramah Anak. Media Bina Ilmiah, 14(12), 3717-3728.

M, Iman. (trans). Aw, Suranto. 2010. Ilmu Maslow AH, Motivasi dan Kepribadian 1. PT. Remaja Bandung, Bandung.

Rahardja, Allice. “Hubungan Komunikasi Antar Pribadi Guru dan Motivasi Kerja Guru dengan Kinerja Guru di SMUK Penabur Jakarta”. Jurnal Pendidikan Penabur No.3 th 3. Desember 2004

Sumual, S. R., Tampi, G. B., & Plangiten, N. (2020). Pengaruh Komunikasi Organisasi Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Pembangunan di Desa Palamba Kecamatan Langowan Selatan. Jurnal Administrasi Publik, 6(93).

Simamora, F. N. (2018). Pengaruh komunikasi dan kemampuan sumber daya manusia terhadap efektivitas kerja pegawai kantor camat sibolga sambas kota sibolga. Warta Dharmawangsa, (55).

Diterbitkan

2024-02-29

Cara Mengutip

Namira, N. F., Nabilah Sri Rejeki, & Muhammad Rendi Ramadhani. (2024). Pengaruh Tata Kelola Komunikasi terhadap Efektivitas Kinerja Pegawai di Madrasah Tsanawiyah Al-Amanah Bogor. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 1-6. Diambil dari https://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/article/view/444

Terbitan

Bagian

Articles