THE EFFECTIVENESS OF IMPLEMENTING ORIENTATION AND PLACEMENT IN PRODUCING QUALIFIED HR AT MA FATHAN MUBINA
Kata Kunci:
orientation, placement, HRAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program orientasi seperti apa yang diterapkan oleh Madrasah Aliyah Fathan Mubina guna untuk mendapatkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang berkualitas dalam rangka meningkatkan mutu SDM dan mengupayakan profesionalisme. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Sedangkan, sumber data dalam penelitian ini bersumber dari data primer yaitu wawancara dan bersumber dari data sekunder yaitu buku dan jurnal yang dapat memperkuat penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah dan strategi yang diambil oleh MA Fathan Mubina dalam orientasi adalah dengan melakukan orientasi lingkungan secara mandiri dengan menerapkan masa percobaan selama 3 bulan, dibawah pengawasan oleh pimpinan sekolah. Dan MA Fathan Mubina menempatkan pegawai sesuai dengan kemampuan pegawai serta kebutuhan sekolah. Dapat disimpulkan bahwa hasil dari orientasi dapat mengefisienkan waktu karena para pegawai sudah mengetahui masing-masing dari pekerjaannya dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolahnya, baik dari segi keakraban dengan para pegawai, maupun dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.
Referensi
Akbar, A. (2009). Pengaruh Karakteristik Pekerjaan, Karakteristik Organisasi, dan Karakteristik individu terhadap kepuasan kerja karyawan Bank swasta di provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Pascasarjana Unhas, 183-192.
Alhaddad, M. R. (2019). PENEMPATAN PEGAWAI DI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAM . Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 17-33.
Deni, A., & Riswanto, A. (2019). PROSES DAN KENDALA ORIENTASI SUMBER DAYA MANUSIA. Jurnal Ekonomak.
Utamy, R., Ahmad, S., & Eddy, S. (2020). Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Journal of Education Research, 226-236.
Haq, S. A. (2016). Efektifitas Implementasi Manajemen Sumber Daya Manusia Di Lembaga Pendidikan Islam ( Studi Kasus Di Smp Islam Terpadu Bina Insani Kayuagung Ogan Komering Ilir ). 1(1), 1–31.
Hilwah, B. A. (2020). Orientasi , Penempatan dan Pemberdayaan Pendidik di Madrasah Ibtidaiyah Riyaduth Tholibin Jember Bintana Alin Hilwah UPTD SPF SMP Negeri 1 Tamanan Bondowoso Pendahuluan. 3(1), 34–39.
Lestari, Y. (2020). Problematika Penempatan SDM Tenaga Kependidikan di MTsM Pangkalan Kota Baru.
Marniati, Prof.Adjunct, D. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. 2.
Pujiarti, E., & Amini. (2023). Orientasi dan Pelatihan Sumber Daya Manusia dalam Organisasi Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8).
Rusby, Z. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Pusat Kajian Pendidikan Islam FAI UIR.
Rusman. (2016). Penempatan Sumber Daya Manusia Profesional Di Lembaga Pendidikan Islam. Tadarus JUrnal Pendidikan Islam, 5(1), 123–138.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D (Cetakan Ke 26). Bandung: CV Alfabeta, 1–334.
Suherman, U. D. (2019). Orientasi dan Pengembangan Pegawai Dalam Peningkatan Kinerja Pegawai di Pegadaian Syariah. ’Adliya, 13(1), 1.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index