KORESPONDENSI DAN PENATAAN ARSIP DI MTS NURUL HIKMAH CIKIWUL
DOI:
https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v3i1.489Kata Kunci:
Penataan, Arsip, Manajemen, PerkantoranAbstrak
Pengelolaan administrasi meliputi mulai dari pembuatan, pengelolaan, penataan hingga Menyimpan semua materi informasi yang dibutuhkan oleh organisasi. Kontrol Arsip dengan Jadwal Membuat, memelihara, dan memberikan pelayanan kepada pihak yang membutuhkan berdasarkan kepentingan kearsipan File, lalu pilih file yang ingin Anda hancurkan atau simpan. atau dengan kata lain, semua Pekerjaan atau kegiatan yang berkaitan dengan pengelolaan arsip disebut pengelolaan arsip. Penelitian ini berfokus pada peran administrasi sekolah dalam mengelola arsip sekolah Madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Administrator Mengelola Rekaman. enis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa bahasa tulisan atau lisan orang, dan Aktor yang diamati, dari konteks individu secara keseluruhan, bukan dalam isolasi individu dan Itu diatur dalam variabel, tetapi anggap itu bagian dari persyaratan. Berbagai teknik digunakan dalam teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu wawancara, Pengamatan dan Pencatatan Prosedur analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Berdasarkan temuan dan pembahasan, hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran tata kelola Upaya Sekolah Mengelola Arsip Sekolah di Madrasah Tsanawiyah Swasta Guppi Bintang Bayu Serdang Bedagai dilakukan dengan menyimpan semua arsip di lemari penyimpanan arsip. Kendala pengelolaan arsip adalah arsip penyimpanan yang tidak lengkap dan persiapan yang tidak teratur dokumen
Referensi
Hopkins, D. (2011). A Teacher Guide to Classroom Research. New York: McGraw Open University Press.
Anderson, L.W. & Krattwohl, D. R. (2001). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen: Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Diterjemahkan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugono, D. (2007). Perencanaan Bahasa Indonesia dan Memasuki Globalisasi. Dalam Anshari dan Mahmudah (Eds.), Budi Bahasa (hlm.1—14). Makassar: Badan Penerbit UNM.
Sultan (2010). Gaya Bahasa Guru dalam Interaksi Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 11 (2): 82-89.
Sultan, Rofiuddin, A., Nurhadi, & Priyatni, E. T. (2017). The Development of Critical Reading Learning Model to Promote University Students’ Critical Awareness. New Educational Review, 48 (2): 76–86, doi:10.15804/ tner.2017.48.2.06
Saleh, M. (2009). Representasi Kesantunan Berbahasa dalam Wacana Akademik: Studi Etnografi di Universitas Negeri Makassar. Disertasi. Malang: PPs UM Malang.
Taha, Z. (2012). Etiket dan Kesantunan dalam Berbahasa Bugis. Makalah disajikan dalam Kongres International II Bahasa Daerah di Sulawesi Selatan, Hotel Sahid Makassar, 1—4 Oktober 2012.
Widodo, A. (2006). “Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains”. Online. Vol. 4 Nomor 2, http://upi.edu, diakses: 20 Maret 2012.
Ahmad, Baedowi. Manajemen Sekolah Efektif Pengalaman Sekolah Sukma Bangsa. Jakarta: Pustaka Al vabet. 2015
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2023 TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index