HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) DENGAN PENDATAAN PENDIDIKAN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) KABUPATEN SUMEDANG

Penulis

  • Fabian Khairah Hisan Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Tatang Ibrahim Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Wahyu Hidayat Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.497

Kata Kunci:

Efektivitas;, Aplikasi EMIS;, Sistem Peindataan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar efektivitas penggunaan aplikasi EMIS sebagai sistem pendataan pendidikan Raudhatul Athfal (RA) di Kabupaten Sumedang. Penerapan Aplikasi Education Manajemen Information System (EMIS) memiliki urgensi yang begitu besar bagi lembaga, karena data yang  dimasukkan  menentukan suatu kebijakan terkait dana-dana pendidikan seperti Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Program Indonesia Pintar (PIP). Data-data yang tertera pada aplikasi EMIS juga sangat diperlukan dalam pengambilan kebijakan dan keputusan manajerial untuk mempertahankan mutu pendidikan.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggabungkan antara 2 teknik sampling, yaitu purposive sampling dan simple random sampling sebanyak 52 responden. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan uji hipotesis dengan uji satu sampel t-test (one sample t-test) dan dibantu dengan SPSS Versi 24. Hasil penelitian diketahui persentase efektivitas aplikasi EMIS sebagai sistem pendataan RA di Kabupaten Sumedang  yang didapat dari tanggapan responden adalah sebesar 75,25% yang didasarkan pada kriteria uji hipotesis jika nilai thitung  ≥  ttabel (6.04 ≥ 1.675), maka Ho ditolak dan Ha diterima. 

 

 

Referensi

Alfrizall, Thomals, alnd Dwi Yulistiyalnti. 2015. “Alnallisiis Peralncaliingialn Siisitiem Inifoirmalsi Pendialtialaln Penididikalin Kotal ‘D.’†in Seiminalr Naliisionall Teiknologi Inforimalsi daln Multiimiedial. Yogyialkialrtal: SiTMIK AlMiIKOM Yogyalkalrtal.

Alnon. 2019. “EMIS Dalshbioialrd (Kemienteirialn iAlgalmal RI Direktioiralt Jendierall Pendiidiikaln Isilalm).†Balgiialn Daltial, Sistiiem Inforiimalsi Daln Hiumals Sekretialriialt Direiktoiralt Jenderall iPendiidikaln Islialm. Retrieveid Juliy 16, 2022i (http:// iemispeindis.keimenalg.go.id.).

Alriyialnti, Taltiik. 2016. “Pentinginyal Pendiiidikalin Alinalk Usiial Diini Baligi Tumibuh Keimbalng Anak.†Jurnall Dinialmikal Penididikaln Dialsalr 8(1):50–38. doi: 10.30595/dinamikal.v8i1.943.

Fischier, Chriiistialn, Zalchialiry Al. Palrdos, Ryalin Shalun Balker, Joseph Jaly Willialms, Paldhralic Smyth, Renizhe Yiu, Stieifaln Slalter, Ralchel Balker, alnd Malrj Walrschaluer. 2020. “Miniing Biig Daltal in Eduicalition: Alffoirdialncies alnd Challilenges.†Reiview ofi Resiealrch in Ediucaltion 44:130–60. doi: 10.3102/0091732X20903304.

Hiermaliiwaln, Idial Kinitialimalnii Diewi. 20i12. “Falikitor-Falkitor Yaling Berpeingalruh Terhiialdalp Pengiuimpulaln Daltial Peindiidikaln Nonifiormall Tiidalk Tepialt Waliktu Daln Tidalik Berkiuallitals.†Jurinall Piendiidikaln iDialn Kebiudialyialaln 18(3):294–30i9. doii: httips://doi. iorgi/10.2i4832/jpnk.v18i3.89.

Hidialyalt, Waliihyiu. 201i3. “Malnialjieimen Peimbiiniiialaln Koimipeiitiiensi Giuiru iMalidirialsalih Alliyialh Bierbalsis Pesalntren.†Jurnall Penididikaln iIslalm 28(1).

Ibrialhiim, Talitalng, alind Al. Rusdialinal. 2021. iMialinaljieimen Miiiutiu Teriipalidu: Tioitall Qiuallity Malnialgemient. Balndiung: Yralmal Widyal. i

Iraliiwaln. 2016. “Palralidiigmal Keiilmiualn Malinaljeiimen Penididiikaln Islalim.†Juirnialli Malnialijemein Peindidiikaln Islalm 1(2).

Lesitaliri, Beiiktii Wiiji, Ralis Derial Pual Raliwi, Mittial Mutihial Waliingsi, Niur Aleini Wally, alnd Wisialng Calnidral Bintalri. 2021. “Penidalimpingialn Penigisiialn Alpliikalsi Dialital Poikok.†Juirnall Peingalbdialn Kepialdal Malsiyalrialkalt 1(2).

Malitin. 2013. Perencalnalaln Pendidiikaln. Deipiok: PiT Rialjalgiralfiiindo Piersialdal.

Muibialirok, Hiusniil. 2i021. “Imiplieimientalsi Educaltiioin Malnigiiement Infiorimialtiion Siysteim ( EiMIiS ) Dallalim Mengielolialh Dialtal Leimbaligal Di Malidralsalh Tsialnalwiiyialh Dalruissal’aldalh Gubuigklalikalh Kecalmialtaln Pioncoikusumo Kalbiupialten Mallalnig.†Juvrniall Malinaljiemien Pendidikialn Iislalm 3(1):50–62. doi: http://dx.doi.org/10.32478/lealdership.v3i1.876.

Muikhiiibalt, alnd Aliinuil Nuiriihalyalti Istiqoimalh. 2021. “Alniallisis Impleimentalsi Keibijalkaln Pengeilolalaln Dialtal Pendiidikialn Islalim Beirbialsis Ediucaltioin Malnaligemient Informaltiion Sysitem.†Juirnall Muislim Heriitalge 6(2):345–58. doi: 10.21154/musilimheriitalge.v6i2.30i98.

Peittiier, Stialciie, Wiillialim DeiLioine, alnid Eiphraliiim MciLiealn. 2i003. “Tihe DeiLoine alnd iMcLiealiin Moidiel of Infoirmaltion Sysitems Suiccess: Al Tein-Yealr Updalte.†Joiurniall of Malinalgiiemient Informialtiion Sysitems 19(4):9–30. doi: 0742–1222 / 2003 $9.50 + 0.00.

Ralmaliidiialn, Evy. 2017. “Pengieliolalialn Eidiucaltiion Malinaligemient Infoirmialition Sysitem (EMIiS) Dalilalm Pengalmbilaln Kieputusaln.†Jurnall Sistem Informalsi Indonesial 2(1). i

Salmisuri. 2021. “Pemialnfialialtaln Eduicaltion Malnaligemient Inforimaltion System (EMiIS) Dallialm Pengalimbilalni Keputiusaln Di Seksii PAliI Kemienterialin Algialmal Kalibupaliten iMaljalliengkal, Jalwial Balralt.†Jurnall of Islalmic Educaltion Malnalgement 5(1i):30–39. doi: 10.24235/jiem.v5i1.8571.

Sinal, Ralsdialnal, Faltmaliwalti, alnd iAlbdul Malhsyalr. 2020. “Peneralpaln Educaltion Maliinaligement Inforimaltion Sysitem (EMIiS) Di Leimbalgal Pendidikaln Kealgalmalalin Daln Pondok Pesalntren Paldal Kalntior Kemienteirialn Algalimal Kiotal Malkialssalr.†Jourinall of Public Policy alnd Malnalgement 1(1):3i8–4i8. doi: 10.3i2478i/ilealdeirship.vi3i1.876.

Siyioto, Salnidu, alind iAlli Soidiik. i 201i5. Dalisialr Metiodiioloigi Penieilitiialn. Yogiyalkialryal: Litieiralsi Mediial Publiishing. i

Tupoino, Walhiiir, Syalikdialih, alnd Rietno Kusuimalwirialnti. 2020. “Efeiktiiviitials Eiducaliition Malinalgiement Infoirmialtiion Syisitem (EMIiS) Dii Maldrialsalih Alliiyalh Neigeri 5 Sleimaln.†Juirinall Malnialjemen Piublik & Kebijiialkialn Pubiliik 1(2):24–37. doi: 10.36085/jmpkp.v2i1.702.

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Khairah Hisan, F., Ibrahim, T., & Hidayat, W. (2023). HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI EDUCATION MANAGEMENT INFORMATION SYSTEM (EMIS) DENGAN PENDATAAN PENDIDIKAN DI RAUDHATUL ATHFAL (RA) KABUPATEN SUMEDANG. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 121-133. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.497

Terbitan

Bagian

Articles