PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL-ITQON BOGOR

Penulis

  • Fifih Alfi Wafiroh Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Khoirul Agil Munawar Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.515

Kata Kunci:

Implementasi, Kurikulum, Pengembangan

Abstrak

Artikel ini membahas tentang pengembangan kurikulum yang mana banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pengembangan kurikulum, mulai dari pemahaman teori dan konsep kurikulum, landasan-landasan pengembangan kurikulum dan lain-lain yang berkaitan dengan proses pengembangan kurikulum. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif berdasarkan studi deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang dilaksanakan di MA Al Itqon. Hasil dari penelitian ini adalah kurikulum di MA Al Itqon menggunakan kurikulum 2013 (K-13/Kurtilas) yang mana belum menerapkan kurikulum merdeka belajar, tetapi dalam pelaksanaannya tidak sepenuhnya dari pemerintah karena MA Al Itqon ini merupakan sekolah yang ada di dalam lingkungan pondok pesantren, yang dilengkapi dengan program kepesantrenan seperti, Tahsin, Qori/tilawah, dan Tahfidz. Program pesantrenlah yang menjadi keunggulan atau kekhasan sekolah ini, maka output dari MA Al Itqon ini selain mampu menguasai pelajaran umum juga menguasai bidang-bidang ilmu agama lainnya. Maka pengembangan kurikulum di MA Al-Itqon ini mutlak dilakukan secara dinamis untuk meningkatkan mutu pendidikan dimasa yang akan datang sesuai dengan perkembangan zaman.

Referensi

Arikumnto, Suharsimi. 2012. Jakarta: Rineka Cipta Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Penelitian

Ashori, Mujahid. (2020). Pengembangan Kurikulum Madrasah Di Pesantren, Munaddhomah:

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Volume 1, Issue. 1, pp. 41-50

Hamalik, Oemar. (2008). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. Harahap, Hotni Sari. dan Khairun Nisa P. (2022). Pengembangan Manajemen Kurikulum di

Madrasah Aliyah Muallimin Univa Medan, Tajribiyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol :1 No.1.

Hariri, Hasan. Dedy H. Karwan, Ridwan (2016). Manajemen Pendidikan.Yogyakarta: Media Akademi.

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.

Nurodin, N. (2016). PENGARUH METODE BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN IBU-IBU. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 508-522.

Nurodin, N. (2017). PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PENYANDANG TUNADAKSA (Penelitian di Panti Asuhan Nurul Haq, Yayasan Madania, Jalan Janti GemakNomor 88 Gedong Kuning Banguntapan Bantul, Yogyakarta). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 130-149.

Jafri D, Novianty, & Rahmat Abdul Bawahi. 2017. Manajemen Mutu Terpadu. Yogyakarta: Zahir Publising.

Makbuloh, Deden, 2011, Manajemen Mutu Pendidikan Islam: Model Pengembangan teori dan aplikasi sistem penjaminan mutu, Raja Grafindo Persada.

Maskur (2019) Teori dan Telaah Pengembangan Kurikulum. Bandar Lampung: AURA CV. Anugrah Utama Raharja Anggota IKAPI.

Mulyoto. 2013. Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013, Jakarta: Prestasi Pustaka Raya. Sanjaya, Wina. (2010) Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Shofiyah (2018). Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran, Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.2, No.2, Juli- Desember.

Diterbitkan

2023-02-28

Cara Mengutip

Alfi Wafiroh, F., & Agil Munawar, K. (2023). PENGEMBANGAN KURIKULUM DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH AL-ITQON BOGOR. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(2), 134-141. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v2i2.515

Terbitan

Bagian

Articles