KAJIAN ANALISIS HADIST SUNAN IBN MAJAH; ILMU PENGETAHUAN DAN KEUTAMAAN ORANG BERILMU DALAM PERSEPEKTIF HADIST
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan mengenai ilmu pengetahuan serta keutamaan orang yang berilmu dalam perspektif hadist nabi Muhammad Saw yaitu dalam Sunan Ibn Majah. Metode yang digunakan adalah metode studi kepustakaan (Library Research) dengan mengambil literatur yang sesuai dengan pokok pembahasan berupa buku, artikel jurnal, baik nasional maupun internasional yang nantinya di analisis secara mendalam sehingga dapat diambil kesimpulan dan temuan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 point yang menjadi keutamaan orang berilmu yang dijelaskan dalam Sunan Ibn Majah yaitu: 1) Mendapat kemudahan untuk menuju surga. 2) Disenangi oleh para malaikat. 3) Dimohonkan ampun oleh makhluk Allah yang lain. 4) Lebih utama daripada ahli ibadah, dan 5) Menjadi pewaris nabi. Penelitian ini menyimpulkan bahwasannya memiliki ilmu pengetahuan bagi orang islam itu sangat penting karena faktor keutamaannya juga merupakan perintah dari Allah SWT. Dan keutamaan orang yang berilmu disebabkan karena mulianya ilmu pengetahuan tersebut yang menjadi perantara bagi penuntutnya menuju kepada kebaikan, ketakwaan dan keberuntungan yang berkekalan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Aas, A., (2021) Keutamaan Orang Berilmu ( Analisis QS . Al- ‘ Ankabut : 41-43 ), Journal Islamic Pedagogia, 1(1), 7–13.
Al Qazwaini, M. ibn Y. Sunan Ibn Majah. Bayt al Afkâr al Dauliyât, t.th
Al Rasyidin & Ja’far, J. (2020). Filsafat Ilmu dalam Tradisi Islam. Medan : Perdana Publishing
Al Zarnuji, B. al I. (2004) Ta’lim al Muta’allim: Thoriq al Ta’allum. Al Dar al Sudaniyat Li al Kutub.
Al-Hanbali, I. R. (1990). Jami’ al-Ulum wa al-Hikam. Cairo: Dar al-Muayyid.
Ardana, & Purwoko, B., (2018). Studi kepustakaan penerapan konseling naratif dalam lingkup pendidikan (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).
Firman, F. (2018). Ilmu Pengetahuan, Teori dan Penelitian.
M. Quraish Shihab. (1999) Membumikan Al-Qur'an; Fungsi dan Peran Wahyu dalam Kehidupan Masyarakat. Bandung: Mizan.
Makhmudah, S. (2018). Hakikat Ilmu Pengetahuan dalam perspektif modern dan islam. Al-Murabbi: Jurnal Studi Kependidikan dan Keislaman, 4(2), 202-217.
Mubarak, & Radiyah, Isna. (2021). Orang yang Berilmu Pengetahuan Menurut Al-Qur'an, 25-35.
Rahmawati. (2019). Bunga Rampai : Pendidikan Agama Islam, Kalimantan Tengah: CV. Narasi Nara.
Sarifandi, S. I. (2014). Ilmu Pengetahuan dalam Perspektif Hadis Nabi. Jurnal Ushuludin, 21(1), 62-82.
Siregar, N. (2019). Kitab Sunan Ibn Majah (Biografi, Sistematika dan Penilaian Ulama). Jurnal Hikmah, 16(2), 59-66.
Sumarna, Cecep. (2007), Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara
Syakhrani, Abdul Wahab, (2022). Petunjuk Rasulullah Saw Tentang Keutamaan Orang Yang Berilmu, Adiba: Journal Of Education, 358-367.
Umar, B. (2015). Hadist Tarbawi. Jakarta: AMZAH.