IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MTs AL-FALAHIYAH PURASEDA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Manajemen berbasis sekolah merupakan strategi dan model yang bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Pentingnya penelitian ini diadakan adalah untuk mengetahui manajemen berbasis sekolah, mutu pendidikan, dan implementasi manajemen berbasis sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di MTs Al-Falahiyah Puraseda. Merupakan penelitian fenomenologi dengan menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu analisis data Miles dan Huberman. Menggunakan dua uji keabsahan data yaitu uji kredibilitas dan uji dependability. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MBS yang diterapkan sudah berjalan dengan baik mulai dari pembuatan visi, misi, tujuan madrasah, pembuatan struktural tenaga pendidik dan siswa, pembuatan panitia kegiatan pendidikan, terlibatnya seluruh elemen pendidikan dan berpartisipasi juga saling bekerjasama, sampai dengan evaluasi. Kondisi mutu pendidikan yang sudah memenuhi standar pendidikan, ditandai dengan adanya input, proses, output, dan outcome yang baik. Melalui implementasi MBS mutu pendidikan meningkat ditandai dari tujuan utama MBS yaitu fokus pada peningkatan mutu pendidikan serta kualitas dan pembelajaran.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Badrudin. (2014). Manajemen Peserta Didik. Jakarta: PT Indeks.
Fattah, Nanang. (2020). Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Dalam Konteks Penerapan MBS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Faturrohman, Muhammad. (2012). Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Islam. Jakarta: Teras
Hikmat. (2014). Manajemen Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Mulyasa, Endang. (2012). Manajemen Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Sari, Eliana. (2008). Manajemen Berbasis Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Jayabaya University Press.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukarna. (2019). Dasar-dasar Manajemen. Bandung: CV Mandar Maju.
Suryosubroto. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Tuala, Riyuzen Praja. (2018). Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah. Lampung: Lintang Rasi Aksara Books.
Umar, Yusuf. (2016). Manajemen Pendidikan Madrasah Bermutu. Bandung: PT Revika Aditama.
Winoto, Suhadi. (2020). Manajemen Berbasis Sekolah Konsep dan Aplikasi Dalam Aktivitas Manajerial di Sekolah atau Madrasah. Yogyakarta: LkiS.
Alwi, Rahmawati (2022). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pola Pendekatan Manajemen Berbasis Madrasah dalam Meningkatkan Kecerdasan Emotional. Risalah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8 (04): 1524.
Riva’i, Fuad Ahmad (2023). Efektivitas Pembelajaran Agama Islam Pada Siswa Kelas VIII di SMP Terpadu Al-Ittihadiyah Bogor. Jurnal Al-Mubin, 6 (1): 88.