MANAJEMEN KEPALA MADRASAH DALAM MENGEMBANGKAN MADRASAH DIGITAL DI MTs NEGERI 6 PASURUAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Manajemen menjadi tolok ukur kualitas pendidikan sehingga pendidikan yang bagus dapat dilihat dari bagaimana kepala madrasah dalam mengelola madrasahnya. Begitu pula dengan madrasah digital yang selalu terkait bagaimana manajemen kepala madrasah dan sudah saatnya madrasah mengikuti zaman yang sekarang sudah serba digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kepala madrasah dalam mengembangkan madrasah digital di MTs Negeri 6 Pasuruan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan observasi dan wawancara yang dilakukan di MTs Negeri 6 Pasuruan. Hasil penelitian ini kepala madrasah mampu dalam memanajemen pengembangan madrasah digital dengan melakukan perencanaan dengan menentukan misi, sasaran, strategi dan anggaran. Kemudian melalui pengorganisasian dengan membagi kinerja terkait madrasah digital sesuai dengan porsi kemampuan sumber daya manusia di MTs Negeri 6 Pasuruan. Kemudian dalam segi pelaksanaan baik dalam pembelajaran dan sumber daya manusianya. Yang terakhir penevaluasian baik dari segi pembelajaran, media sosial dan sarana prasarana. Jadi, manajemen kepala madrasah sangat penting dalam mengembangkan madrasah digital.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Sari, Maya Novita, dkk. (2023). Manajemen Sekolah/Madrasah. Padang: PT. Global Eksekutif Teknologi.
Ambiya, Muhammad Said, Ahmad Syukri dan Kasful Anwar US. (2021). Manajemen Kepala Madrasah (Upaya Peningkatan Budaya Kerja Guru). Yogyakarta: K-media.
Husaini, Usman. (2006). Manajemen, Teori, Praktek dan Riset Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Absuhalini, Mukhlis Akbar. (2022). Strategi Kepala Madrasah Dalam Pengembangan Digitalisasi Madrasah Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Ogan Komering Ilir (Oki) Sumatera Selatan. Skripsi. Semarang: UIN Walisongo.
Majid, Busyroni. (2022). Optimalisasi Madrasah Digital melalui Implementasi Transformasi Digital di MTs Negeri 5 Sleman. Jurnal Pendidikan Madrasah,7(2): 101-107.
Gusriani, Ira, Agus Salim Salabi dan Yuliza. (2023). Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Pengembangan Madrasah Berbasis Digital Pada Madrasah Aliyah Negeri Lhokseumawe. Lhokseumawe: IAIN Lhokseumawe. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 6(2): 56-63.
Calora, Iga Putri, Muhamad Arif dan Muhamad Husnur Rofiq. (2023). Pemanfaatan Pembelajaran Berbasis Kelas Digital di Madrasah Ibtidaiyah. Volume 6 No 2. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2).
Eristiana, Hamengkubuwono dan Hendra Harmi. 2022. Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah Era Digital. Jurnal Tadbir Muwahhid, 6(1): 47-64.
Ikhlas, S., & Suyanta, S. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa Di Min 11 Banda Aceh Melalui Peran Aktif Guru Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif. TADBIRUNA, 4(1), 151-159.
Royani, N. A., Rohman, F., & Astuti, N. (2024). Hubungan Instructional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0. TADBIRUNA, 4(1), 55-70.
Masrukin, A., & Hikmah, N. N. (2024). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung. TADBIRUNA, 4(1), 46-56.
Aziz, A. (2024). Manajemen Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Maulana Malik Ibrahim (MMI) Gresik. TADBIRUNA, 4(1), 27-33.
Susanti, N. (2024). Peran Dayah Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Mahasiswa Yang Berkualitas Dan Berakhlak Mulia Di Kampus. TADBIRUNA, 4(1), 160-165.