Manajemen Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Maulana Malik Ibrahim (MMI) Gresik
DOI:
https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i1.854Kata Kunci:
Kata kunci: Manajemen PPDB, Mts. MMI GresikAbstrak
Penelitian ini berfokus pada perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan proses seleksi di MTs. MMI Gresik, dengan tujuan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan seleksi PPDB di MTs. MMI Gresik agar memenuhi harapan.
Pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Validitas data peneliti diuji dengan menggunakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap perencanaan PPDB, kepala madrasah di MTs. MMI Gresik menyusun surat keputusan panitia, rencana rapat, jadwal pelaksanaan, anggaran, persyaratan penerimaan, kriteria beasiswa, dan rencana promosi. Pada tahap pengorganisasian, proses mengikuti SOP PPDB dengan koordinasi melalui rapat dan grup WhatsApp. Pelaksanaan PPDB berjalan lancar dengan promosi melalui spanduk, brosur, situs web, Instagram, TikTok, dan Facebook. Sebanyak 95% atau 96 siswa baru menjalani tes TPA dan BTQ serta mendaftar ulang. Namun, 5% hanya menyelesaikan formulir pendaftaran tanpa mengikuti tes atau mendaftar ulang karena memilih sekolah lain. Selama Matsama pada 17 Juli 2023, 10 siswa baru diterima di MTs. MMI. Untuk PPDB berikutnya, penting untuk melibatkan pemangku kepentingan seperti komite madrasah, wali siswa, pengawas madrasah, dan psikolog dalam menentukan kebutuhan seleksi.
Referensi
Abdussamad, Z. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. In Syakir Media Press
Anwar. (2021). Peningkatan kualitas pendidikan melalui manajemen penerimaan peserta didik baru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(2)
Hakim, A. (2019). Manajemen penerimaan peserta didik baru di lembaga pendidikan: Sebuah tinjauan literatur. Jurnal Administrasi Pendidikan, 33(1)
Ismail Nurdin, Dan Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. In Metodologi Penelitian Sosial. Media Sahabat Cendekia.
Khaerunnisa. (2023). Educational aspirations of Indonesian youth: A qualitative study. Journal of Education and Development, 7(2)
Kholijah Siregar. (2018). The role of madrasah in Indonesian education: A historical perspective. Journal of Islamic Education, 12(1)
Nur Hikmah. (2023). Quality improvement in Indonesian education: Challenges and opportunities. Indonesian Journal of Educational Policy Studies, 5(1)
Nurhayati. (2022). The importance of school leadership in managing educational institutions. International Journal of Educational Management, 36(3)
Nursapia Harahap. (2020). Data analysis in qualitative research: An overview. Journal of Qualitative Studies, 14(2)
Salim Dan Syahrum. (2012). Primary and secondary data: Definitions, sources, and applications. Research Methodology, 3(2)
Subekti. (2020). The role of school principals in enhancing educational quality: A qualitative study. Educational Leadership Review, 12(3)
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (hal. 270–277). Alfabeta.
Umar Sidiq. (2019). The importance of researcher involvement in qualitative research. Journal of Qualitative Inquiry, 8 (1)
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, 2003.
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Hak Cipta (c) 2024 TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index