Urgensi Knowledge Management Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel ini bertujuan untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai Urgensi Knowledge Management dalam Pengembangan Profesionalisme Guru. Kebijakan sekolah yang sering berubah membuat tenaga kependidikan, pemangku kebijakan dan guru membutuhkan pengetahuan yang relevan untuk melakukan pekerjaan mereka. Knowledge Management dapat menjadi solusi bagi pendidik untuk mengelola perubahan karena telah dianggap sebagai strategi yang mungkin untuk mengatasi masalah di sektor bisnis. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif berbasis studi Pustaka (library research) yang mana peneliti menggunakan berbagai literatur untuk mendapatkan data penelitian dan menggunakan analisis isi (content analysis). Berdasarkan hasil penelitian, Pendidikan berfungsi sebagai salah satu sumber pengetahuan, sehingga Knowledge Management memiliki peran yang amat penting di dalamnya. pengembangan pengetahuan harus didukung oleh teknologi informasi untuk memudahkan akses dan meningkatkan kualitas knowledge sharing juga knowledge management, yang akan menghasilkan peningkatan kualitas serta daya saing. Guru profesional yaitu guru yang mempunyai keahlian dan kompetensi yang diperlukan untuk melaksanakan tugas pendidikan dan pengajaran. Kinerja guru sangat penting untuk keberhasilan pendidikan karena kinerja guru dalam melaksanakan tugasnya sangat mempengaruhi Kualitas pendidikan. Dengan demikian, guru profesional dapat dan memiliki kemampuan untuk melaksanakan peran dan tanggung jawabnya sebagai pendidik di bidang yang bersangkutan.
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (cet. 1; E. D. Lestari, ed.). Sukabumi: CV Jejak.
Cholid, N. (2017). Menjadi Guru Profesional . In CV Presisi Cipta Media (Husain, Akma). Semarang: CV Presisi Cipta Media.
Danim, S. (2020). Pengembangan Profesi Guru Dari Pra-Jabatan, Induksi ke Profesional Madani. Jakarta: Kencana.
Dwi, F., & Sofaliana, J. (2022). Penerapan Seci Model pada Analisa Pembangunan Kontrusi Bangunan. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 6(1), 455–466.
Fianty, M. I. (2017). Strategi Penerapan Knowledge Management System Terhadap Peningkatan Kinerja Karyawan PT XYZ. KalbiScentia: Jurnal Sains dan Teknologi, 4(2).
Futaqi, S. (2020). Manajemen Pengetahuan Dalam Meningkatkan. TA’LIM: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 3(2), 210–229.
Hamid, A. (2020). Profesionalisme Guru dalam Proses Pembelajaran. Aktualita: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 10(1), 1–17. Diambil dari http://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/159%0Ahttps://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/download/159/129
Hendrawan, M. R. (2019). Manajemen Pengetahuan: Konsep dan Praktik Berpengetahuan pada Organisasi Pembelajar. Malang: UB Press.
Jamrizal. (2022). Tiga Kekuatan Kinerja Kepala Madrasah (Cet. Perta). Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Machali, I., & Hidayat, A. (2018). The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan Sekolah/Madrasah di Indonesia. Jakarta: KENCANA.
Munawir, Erindha, A. N., & Sari, D. P. (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 384–390. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1.1108
Novita Sari, I., & Puji Lestari, L. (2022). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Unisma Press.
Nurcahyo, R., & Sensuse, D. I. (2019). Knowledge Management System Dengan Seci Model Sebagai Media Knowledge Sharing Pada Proses Pengembangan Perangkat Lunak Di Pusat Komputer Universitas Tarumanagara. Jurnal Teknologi Terpadu, 5(2), 63–76. https://doi.org/10.54914/jtt.v5i2.229
Putri, A. D. K., & Imaniyati, N. (2017). Pengembangan Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2). https://doi.org/10.17509/jpm.v2i2.8109