PENGARUH LEAFLET TERHADAP MINAT MENJADI MAHASISWA PMB TAHUN AJARAN 2018/2019 IUQI BOGOR

Authors

  • Suci Sofralda Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Aglam Maulana Pawira Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.69

Keywords:

Interests, College student, Leaflets

Abstract

Komunikasi sangat dibutuhkan dalam segala bidang kehidupan, karena tanpa komunikasi tidak akan mungkin berlangsungnya hubungan antara manusia dengan manusia lain di dunia ini. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media leaflet terhadap minat untuk menjadi mahasiswa IUQI Bogor dalam kegiatan PMB tahun ajaran 2018/2019. Apakah media leaflet yang digunakan mempengaruhi minat para lulusan SMA sederajat yang membacanya untuk menjadi mahasiswa di IUQI Bogor. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Yaitu suatu penelitian yang dilakukan dengan cara terjun langsung ke lapangan atau lokasi penelitian. Karena Penelitian ini bersifat abstrak dan natural maka penelitian ini menggunakan  pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi titik toloknya adalah semua gejala yang dapat diukur dan diubah dalam bentuk angka dengan menggunakan analisis statistik sebagai dasar dalam pemaparan data, analisis dan pengujian hipotesis serta pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh penggunaan media leaflet  terhadap minat menjadi peserta didik mahasiswa semester 2 kelas karyawan, dari hasil perhitungan menunjukkan bahwa t hitung = 6,046 jika dibandingkan dengan t tabel = 1,29743, sehingga karena t hitung > t tabel  berarti regresi antara variabel media leaflet terhadap minat menjadi peserta didik mahasiswa/i semester 2 kelas karyawan signifikan. Dengan demikian, hasil penelitian di atas menunjukkan bahwa hipotesis yang peneliti ajukan terbukti. Bahwa ada pengaruh penggunaan media leaflet terhadap minat menjadi peserta didik bagi mahasiswa/i semester 2 pada PMB tahun ajaran 2018/2019 di IUQI Bogor

References

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Cangara. H. 2017. Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Departemen Agama RI. 2012. Al Qur’an dan Terjemahannya, Bandung : CV. Diponegoro.

-----------------------. 2016. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Falasifah, 2014. Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Leaflet Berbasis Sejarah Lokal Dengan Materi Pertempuran Lima Hari di Semarang Pada Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 2 Pemalang Tahun Ajaran 2013-2014, Semarang: Skripsi Universitas Negeri Semarang: tidak diterbitkan.

http;//www.belajarbagus.net/2015/04/minat-belajar.html diakses 09 Desember 2016 19;05 wib.

Khumaedi, T., & Fatimah, S. (2019). URGENSI DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(2), 39-46.

Majid. Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. E. 2009. Standar Kompetensi Dan Menyenangkan dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Karya. h 67.

Noviantari. Nandya. 2017. Pengaruh Kreatifitas Guru Terhadap Minat Belajar Siswa di SD Muhammadiyah 09 Malang, Skripsi, Fakultas IlmuTarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang: tidak diterbitkan.

Notoatmodjo. S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Roudhonah, 2019, Ilmu Komunikasi, Depok : RajaGrafindo Persada.

Siagian. E. R. Pengaruh Minat dam Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal.

Sofralda, S., Ulfat, A. L., & Pawira, A. M. (2019). ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN MEDIA DARING DI SMPIT Al-ISLAH CIBINONG. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 11-17.

Supariasa, 2012. Penilaian Status Gizi, Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi. Bandung : Alfabeta.

Syah. M. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Syattar, M., & Fatimah, S. (2018). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP IT AL-ISHLAH CIBINONG. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 43-46.

Tim Penyusun Pedoman Akademik-Intitut Ummul Quro Al-Islami Bogor, 2018, Pedoman Akademik Institut Ummul Quro Al Islami Bogor Tahun Ajaran 2018/2019, Bogor : IUQI Press.

Published

2020-03-18

How to Cite

Sofralda, S., & Maulana Pawira, A. (2020). PENGARUH LEAFLET TERHADAP MINAT MENJADI MAHASISWA PMB TAHUN AJARAN 2018/2019 IUQI BOGOR. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 3(1), 51-60. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.69

Issue

Section

Articles