KOMUNIKASI ISLAM DALAM PERSPEKTIF MAHASISWA ISLAM

Authors

  • Teddy Khumaedi Institut Ummul Qura Al-Islami Bogor
  • Siti Habzah Diniyati Institut Ummul Qura Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/almubin.v3i2.74

Keywords:

Da'wah, Definition, Pattern, Perspective

Abstract

Komunikasi berasal dari bahasa latin communis, yang berarti membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan dengan antara dua orang atau lebih. Komunikasi sering berlaku karena komunikasi merupakan keperluan yang sangat penting kepada setiap individu. Terdapat dua jenis komunikasi yaitu komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal. Komunikasi verbal merupakan penyampaian informasi dan maklumat melalui bahasa lisan kepada orang lain sedangkan komunikasi nonverbal bermaksud penyampaian informasi dan maklumat melalui isyarat atau ekspresi tubuh. Banyak definisi komunikasi yang dikemukakan oleh para ahli sesuai dari sudut pandang mereka yang berbeda – beda. Bila berbicara mengenai komunikasi, tak akan jauh dari pembahasan mengenai hubungan antara individu yang berusaha untuk saling bertukar informasi guna menambah pengetahuan dan pengalaman mereka. Teori komunikasi yang dianggap paling awal (1948). Lasswell menyatakan bahwa cara yang terbaik untuk menerangkan proses komunikasi adalah menjawab pertanyaan  Who says in which channel to whom with what effect (Siapa mengatakan apa melalui saluran apa kepada siapa dengan efek apa). Paradigma: Lasswell merupakan unsur-unsur proses komunikasi yaitu Communicator komunikator, Message (pesan), Media, Komunikan (penerima), dan Efek (pegaruh). Sebagaimana diatas penelitian ini bertujuan ingin menguraikan pola Komunikasi Islam Dalam Perspektif Mahasiswa Islam yaitu dengan cara Studi Kasus pola Komunikasi Mahasiswa/i di Kampus Institut Ummul Qura Al-Islami (IUQI) Bogor

References

Abidin, Djamalul, Komunikasi dan Bahasa Dakwah, (Jakarta: Gema Insani Pres, 1996)

Effendi, Onong Uchyana Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2000).

Elvinaro, Ardianto dan Lukiati Komala, Komunikasi Massa Suatu Pengantar, (Bandung:Rosdakarya, 2004).

Eva Maghfiroh. Komunikasi Dakwah; Dakwah Interaktif Melalui Media Komunikasi, Dakwatuna: Jurnal Dakwah dan Komunikasi Islam, vol. 2 No. 1, Februari 2016.

Ilahi. Wahyu Komunikasi dakwah. (bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010)

Jalaludin Rakhmat. Psikologi Komunikasi , (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2005).

Japarudin. Media Massa dan Dakwah, Jurnal Dakwah, vol. XIII, No.1, 2012

Khumaedi, T., & Fatimah, S. (2019). URGENSI DAKWAH MELALUI MEDIA SOSIAL. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(2), 39-46.

McQuail, Dennis Teori Komunikasi Massa: Suatu Pengantar (Erlangga, 1987).

Moch. Fahruroji. Dakwah Islam dan Inovasi Media: Peluang dan Ancaman Media Global atas Dakwah Islam, Jurnal Dakwah (Komunika) STAIN Purwokerto, vol.4 No.1, 2010.

Mursyidah, Dian. 2010. Membangun Komunikasi Dakwah Melalui Media Massa, Media Akademika, volume 25, No.3, Juli, 2010.

Saoqillah, A., & Wardah, R. N. S. (2018). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 24-29.

Published

2020-09-18

How to Cite

Khumaedi, T., & Habzah Diniyati, S. (2020). KOMUNIKASI ISLAM DALAM PERSPEKTIF MAHASISWA ISLAM. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(2), 87-93. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i2.74

Issue

Section

Articles