IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KULIAH DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Mahdi mahdi
Azhari Zulkifli
Fatanah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui mengetahui problematika yang dihadapi mahasiswa prodi Bimbingan Konseling Islam dalam melaksanaan kuliah daring pada masa pandemi covid-19, untuk mengetahui solusi yang diberikan oleh prodi dalam menyikapi problematika yang dirasakan oleh mahasiswa prodi BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi saat melaksanaan kuliah daring pada masa pandemi Covid-19. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara semi terstruktur, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan metode analisis deskriptif, yang selanjutnya akan dilakukan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data (penarikan kesimpulan) untuk menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring adalah mereka kesulitan pada jaringan internet, mahalnya kouta, tugas yang diberikan oleh dosen terlalu banyak, dan kebanyakan dari responden mengatakan kurang memahami materi yang disampaikan oleh dosen yang mengajar. Hal tersebut membuat mahasiswa kesulitan dan menjadi permasalahan dalam melaksanakan kuliah daring.. Selanjutnya ketua prodi dan dosen sudah melakukan tindak lanjut untuk menyikapi problematika yang dirasakan mahasiswa dengan membuat kontrak kuliah yang telah disepakati oleh kedua belah pihak antara dosen dan juga mahasiswa serta memberikan toleransi kepada mahasiswa dalam mengirim tugas

Article Details

How to Cite
mahdi, M., Zulkifli, A., & Fatanah. (2022). IDENTIFIKASI PROBLEMATIKA PELAKSANAAN KULIAH DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 5(2), 63-68. https://doi.org/10.51192/almubin.v5i2.377
Section
Articles

References

Diah Handayani, dkk. 2020. “Penyakit Virus Corona 2019â€. J Respir Indo. 40 (2): 120.

Angga Syahputra, dkk.2020. “Pengaruh Covid-19 Terhadap Aktivitas Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Lhokseumaweâ€. Etnoreflika: Jurnal Sosial dan Budaya. 9 (3): 226.

Niken Bayu Argaheni.2020. “Sistematik Review: Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesiaâ€.Placentum: Jurnal Ilmiah Kesehatan dan Aplikasinya.8 (2): 100.

Ali Sadikin & Afreni Hamidah.2020. “Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19â€.Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi .6 (2): 216.

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.

Nurodin, N. (2016). PENGARUH METODE BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN IBU-IBU. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 508-522.

Nurodin, N. (2017). PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PENYANDANG TUNADAKSA (Penelitian di Panti Asuhan Nurul Haq, Yayasan Madania, Jalan Janti GemakNomor 88 Gedong Kuning Banguntapan Bantul, Yogyakarta). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 130-149.

Nabila Hilmy Zhafira, dkk .2020. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19â€, Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen. 4 (1):38.

Sumardi Suryabrata. 2010. Metodologi Penelitian. (Jakarta: Rajawali Press)

Sugiyono. 2013. metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan r&d, (bandung: alfabeta)

Suharsimi Arikunto.2010. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktis). (Jakarta: Rineka Cipta)