PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU

Authors

  • Fuad Ahmad Riva’i Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.61

Keywords:

Professionalism, Teacher Certification, Motivation, Performance

Abstract

Komponen terpenting dalam proses pendidikan adalah guru, aspek gurulah yang paling banyak memberi pengaruh kepada peningkatan pendidikan, oleh karena itu profesionalisme seorang guru mutlak sangat dibutuhkan, terlebih dalam kondisi pendidikan di negara kita yang sedikit tertinggal dari negara lain. Dalam rangka mengejar ketinggalan ini pemerintah telah banyak berupaya untuk meningkatkan profesionalisme guru ini dengan mengadakan pelatihan-pelatihan, seminar dan program-program lainya. Salah satu diantaranya adalah dengan program sertifikasi guru yang telah melewati pendidikan dan pelatihan sertifikasi ini akan mendapatkan tunjangan dari pemerintah, hingga diharapkan dengannya adanya tunjangan ini bisa menjadi stimulan untuk peningkatan motivasi dan kinerja guru yang akhirnya berujung pada terciptanya guru yang profesional. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah program sertifikasi memberi pengaruh terhadap motivasi kerja dan kinerja guru atau tidak, khususnya pada guru-guru sertifikasi di lingkungan Madrasah Tsanawiyah dan juga untuk mengetahui seberapa besar pengaruh itu terhadap guru-guru, bilamana program sertifikasi ini memiliki korelasi terhadap motivasi kerja dan kinerja guru tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan kepada guru-guru sertifikasi maka Variabel Program sertifikasi guru (X) terhadap variabel motivasi kerja (Y1) tidak berpengaruh secara signifikan. Secara umum  motivasi kerja dengan angka koefisien sebesar 0,066. Hal ini berarti apabila program sertifikasi berjalan cukup baik maka meningkatkan motivasi guru. Adapun hasil dari penelitian dilapangan menunjukan bahwa guru-guru sertifikasi berada pada interval motivasi kerja yang baik, ini menunjukan bahwa motivasi tersebut dipengaruhi oleh aspek-aspek lain selain program sertifikasi guru seperti motivasi internal guru itu sendiri, lingkungan kerja, aspek-aspek lainnya yang tidak diteliti oleh peneliti. Variabel Program sertifikasi guru (X) terhadap variabel kinerja guru (Y2)  berpengaruh signifikan dan hubungan tersebut bersifat positif, yang mana koefisien determinasi rsquare sebesar 0,491 yang berarti bila program sertifikasi berjalan dengan lancar dapat meningkatkan kinerja guru sebesar 49,1%.  Adapun aspek kinerja ini sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti

References

Latifah, M. (2019). MANAJEMEN TAHFIDZ QUR ‘AN MELALUI PROBLEM BASED LEARNING (Studi Kasus Model Muraja ‘ah Di PPTQ An-Nasuchiyyah Ngetuk Ngembalrejo Bae Kudus Tahun 2019). Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 1-9.

Sagala, Saiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung : Alfabeta, 2005.

Sofralda, S. (2018). ANALISIS KURIKULUM DAN APLIKASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI AKADEMI KEBIDANAN CITAMA DEPOK. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 1-6.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung : Alfabeta, 2012.

Sudjana, Nana. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset, 2004

Usman, Moh.Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung : Remaja Rosdakarya, 2005.

Winardi, J, Motivasi dan Pemotivasian Dalam Manajemen, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada, 2004.

Yamin, Martinis, Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia, Jakarta : Gaung Persada Press, 2006.

https://tirto.id/mendikbud-sertifikasi-belum-sepenuhnya-cerminkan-kemampuan-guru-cNZl, diakses pada hari sabtu, 27 April 2019.

https://id.wikipedia.org/wiki/Guru, diunduh pada hari Jum’at, tanggal 10 mei 2019.

https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/wp-content/.../permen_tahun 2013_nomor 62.pdf, diunduh pada hari ahad, 12 mei 2019.

https://kelembagaan.ristekdikti.go.id/index.php/2017/07/27/pedoman-pembukaan-program-profesi-guru-ppg/, diunduh pada hari ahad, 12 mei 2019.

http://p3g.unm.ac.id/index.php/maju-bersama-mencerdaskan-indonesia-menu/s1-kkt.html diakses pada hari ahad, 19 Mei 2019.

Published

2019-09-18

How to Cite

Ahmad Riva’i, F. (2019). PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 2(2), 78-84. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.61

Issue

Section

Articles