DAMPAK HOAX DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO BOGOR

Authors

  • Akhmad Saoqillah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Putri Novia Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.63

Keywords:

Hoax, Social Media, Instagram

Abstract

Media sosial Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat berpengaruh dewasa, pasalnya hampir sebagian besar orang menggunakannya untuk kegiatannya masing-masing. Melalui instagram, penyebaran informasi berjalan dengan cepat. Hal ini menimbulkan rasa kekhawatiran dari pengguna dalam menyaring informasi untuk menghindari berita-berita hoax. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dampak berita bohong (hoax) pada media social instagram terhadap mahasiswa Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data yang diperlukan dalam penulisan ini diperoleh melalui penelitian lapangan dengan cara mewawancarai sembilan orang informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Instagram sering kali digunakan oleh para mahasiswa untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Namun banyaknya berita hoax yang beredar membawa pengaruh kepada mahasiswa. Adapun dampak berita bohong terhadap mahasiswa yaitu sulit membedakan berita hoax dan asli, mudah terprovokasi, mudah membenci satu sama lain

References

Alber. (2017). Pengaruh Terpaan Berita Hoax dan Persepsi Masyarakat Tentang Kualitas Pemberitaan Televisi Berita Terhadap Intensitas Menonton Televisi Berita. Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro, 1-2.

Aminah. (2018). Peran Media Dalam Komunikasi Politik Jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah Tahun 2017 di Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Source, 2(3), 1.

Batawi, J. W. (2013). Tingkat Kesadaran Politik Pemilih Pemula dalam Pilkada Suatu. UNIERA, 2(Vii), 216–231.

Gumilar, G., Adiprasetio, J., & Maharani, N. (2017). Literasi Media: Cerdas Menggunakan Media Sosial Dalam Menanggulangi Berita Palsu (Hoax) oleh Siswa SMA. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35-40.

Gunawan, G. (2019). HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X IIS SMA NEGERI 1 CIGUDEG BOGOR. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 2(01), 36-43.

Harnowo, T. L. (2017). Dinamika Fake News Atau Hoax Sebagai Sumber Konflik Horisontal Pada Pilkada Provinsi DKI Tahun 2017. Universitas Pertahanan, 2.

Holik, A. (2018, 2019 18). Bahaya Hoax bagi Pemilih Pemula. Retrieved April 8, 2019, from Kumparan: https://kumparan.com/abdul-holik1536333515300/bahaya-hoax-bagi- pemilih-pemula

Komariah, K. (2019). Media Sosial dan Budaya Politik Generasi Milineal dalam Pemilu. Aristo, 229.

Mannheim, K. &. (1955). Essay on Sociology and Social Psychology. Journal of Philosophy, 52 (17), 468-472.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan sosioteknologi. Yogyakarta: Simbiosa Rekatama Media.

Prasetyo, Y. (2017). Berita Hoax dan Radikalisme. Kupang: Indonesia.

Priambada, S. (2015). Manfaat penggunaan media sosial pada usaha kecil menengah (UKM). SESINDO, 200.

Saoqillah, A., & Wardah, R. N. S. (2018). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 24-29.

Sofralda, S., Ulfat, A. L., & Pawira, A. M. (2019). ANALISIS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN JARAK JAUH MENGGUNAKAN MEDIA DARING DI SMPIT Al-ISLAH CIBINONG. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 11-17.

Struhar. (2014). The Facebook Effect on the News. The Atlantic, 12.

Suyanto, T. (2017). Persepsi Mahasiswa Prodi PPKn Unesa Terhadap Kemunculan Hoax Di Media Sosial. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan 1(1),, 568.

Suyanto, T., Prasetyo, K., Isbandono, P., Zain, I., Purba, I., & Gamaputra, G. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap kemunculan berita bohong di media sosial. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 52-61.

doi:https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17296

Syamsuadi, A., Hartati, S., Arisandi, D., Murtasidin, B., Elvitaria, L., Trisnawati, L., Febrianita, Y., & Wulandini, P. (2019). Menjadi Bijak Bagi Pemilih Pemula Berdasarkan Informasi Dari Media Sosial Di Kabupaten Kepulauan Meranti. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin. 3(1), 27-35.

Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik.

Published

2019-09-18

How to Cite

Saoqillah, A., & Novia, P. (2019). DAMPAK HOAX DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO BOGOR. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 2(2), 100-104. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i2.63

Issue

Section

Articles