ANALISIS PEMAHAMAN GURU TENTANG KONSEP HAKIKAT IPA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA

Main Article Content

Siti Aisah

Abstract

Pemahaman mengenai hakikat IPA menjadi landasan penting dalam proses belajar IPA. Belajar IPA tidak terlepas dari dimensi prosesnya sebagai sebuah keterampilan, dimensi kemampuan menguasai produk IPA, dan dimensi pengembangan sikap ilmiah. Pembentukan sikap ilmiah siswa ini seiring dengan pemahaman guru terhadap konsep hakikat IPA. Kurangnya pemahaman guru terhadap hakikat IPA berdampak pada tidak tumbuhnya sikap ilmiah yang melandasi perilaku siswa. Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, menganalisa dan mendeskripsikan pemahaman guru tentang hakikat IPA. Kedua, mendeskripsikan korelasi antara pemahaman guru terhadap hakikat IPA dan pengaruhya terhadap sikap ilmiah siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi deskriptif persentase dan uji korelasi kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan angket terbuka untuk pemahaman guru tentang hakikat IPA serta kuesioner untuk sikap ilmiah. Sampel penelitian ini adalah 6 guru mata pelajaran IPA dan siswa kelas IV dan V yang berjumlah 74 siswa. Hasil penelitian menyimpulkan tingkat pemahaman guru tentang hakikat IPA secara teori masuk dalam kategori kurang baik (nilai rata-rata hasil tes 4,67), namun pada proses pembelajaran di kelas, guru sudah melaksanakan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA. Hal ini memengaruhi sikap ilmiah siswa. Sikap ilmiah sudah terbentuk pada hampir setiap indikator. Namun keterampilan proses yang dilaksanakan tidak dibarengi pemahaman guru tentang hakikat IPA dengan baik, memengaruhi pembentukan sikap ilmiah siswa secara utuh

Article Details

How to Cite
Aisah, S. (2020). ANALISIS PEMAHAMAN GURU TENTANG KONSEP HAKIKAT IPA DAN PENGARUHNYA TERHADAP SIKAP ILMIAH SISWA. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 3(1), 16-26. https://doi.org/10.51192/almubin.v3i1.66
Section
Articles

References

Adi, Y.K., Ari Widodo. 2018. Pemahaman Hakikat Sains pada Guru dan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Vol 10 No. 1 (http://journal.ummgl.ac.id/index.php/edukasi/ article/view/1831), diakses 27 April 2019.

Anita. 2013. Penerapan Pendekatan Konstruktivisme untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Materi Gaya (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SD Negeri Bukanagara Lembang Semester II Tahun Ajaran 2012/2013.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Factsmaps. PISA Worldwide Ranking – average score of math, science and reading.

(http://factsmaps.com/pisa), diakses 27 April 2019.

Fattah, Nanang, Dr. 2000. Manajemen Berbasis Sekolah, Strategi Pemberdayaan Sekolah dalam rangka Peningkatan Mutu dan Kemandirian Sekolah. Bandung: C.V. Andira.

Gunawan, G., & Aziz, H. (2018). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA SMP PEMAIN GAME ONLINE ANDROID BERGENRE BATTLE ROYALE. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 11-21.

Hunaepi. 2016. Kajian Literatur tentang Pentingnya Sikap Ilmiah. Prosiding dalam Seminar Nasional Pusat Kajian Pendidikan Sains dan Matematika.

Iskandar, Srini M. 2001. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: CV Maulana

Jumanto, Ari Widodo. 2018. Pemahaman Hakikat Sains oleh Siswa dan Guru SD di Kota Surakarta. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol 2 No. 1.

Kemendikbud. 2014. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013. Kemendikbud: Jakarta.

Marjono, Mahar. 1996. Penilaian Sikap Ilmiah. Bandung: Tarsito.

Riva’i, F. A. (2019). PENGARUH PROGRAM SERTIFIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI DAN KINERJA GURU. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(2), 11-17.

Riyad, M. (2019). MEGUKUR PROFESIONALITAS KINERJA GURU MELALUI PROGRAM PROFESI GURU DALAM JABATAN (PPG-DALJAB). Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 2(1), 27-35.