STRATEGI KONTEN DAKWAH SALAFI DI INSTAGRAM

Main Article Content

umi kulsum
Deden Mauli Darajat

Abstract

Pertumbuhan akun-akun dakwah yang berprinsip pada ajaran Salafi di media sosial semakin berkembang secara masif. Instagram @khalidbasalamahofficial menjadi salah satu akun yang saat ini menyebarkan dakwah Salafi. Kehadiran akun tersebut memberi warna baru di tengah keberagaman akun-akun sekuler yang dapat menyesatkan umat. Kendati bersifat formalistik dengan menekankan prinsip dakwah Salafi, akun ini mampu menarik perhatian pengguna Instagram dengan melihat pertumbuhan followers yang terus meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang dibuat oleh tim Khalid Basalamah (KHB) Digital Studio dalam memproduksi sebuah konten dalam menarik perhatian pengikutnya. Rumusan masalah yang diambil dalam penelitian ini meliputi bagaimana strategi tim official dalam menyajikan konten di akun @khalidbasalamahofficial yang menarik perhatian pengguna Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus (case study) pada akun @khalidbasalamahofficial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media Instagram efektif untuk menjangkau pengguna pemula dalam mempelajari dakwah Salafi. Strategi yang dilakukan oleh tim official ialah dengan memilih tema-tema ringan, tidak menimbulkan kontroversial. Sehingga dakwah Salafi yang disampaikan oleh Khalid Basalamah dapat mudah diterima oleh pengguna yang ingin memulai untuk mempelajari dakwah Salafi

Article Details

How to Cite
kulsum, umi, & Mauli Darajat, D. (2021). STRATEGI KONTEN DAKWAH SALAFI DI INSTAGRAM. Al-Mubin: Islamic Scientific Journal, 4(1), 9-27. https://doi.org/10.51192/almubin.v4i1.91
Section
Articles

References

Adeni, “Institusi Televisi Keislaman: Studi atas Rodja TV sebagai Media Islam Salafi,†(Tesis dan Disertasi S2 SPS, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2016).

Adeni, “Paradoks Komunikasi Dakwah Fundamentalis Salafi: Kasus Masjid Nurul Jam’iyah Jambi,†dalam Jurnal Dakwah Risalah, volume 31 nomor 1 Juni 2020.

Arnus, Sri Hadijah, “Pengaplikasian Pola Computer Mediated Communication (CMC) Dalam Dakwah,†dalam Jurnal Dakwah, volume 19, no.2 2018.

Bakti, Andi Faisal dan Venny Eka Meidasari, “Trendsetter Komunikasi di Era Digital: Tantangan dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam,†dalam Jurnal Komunikasi Islam, volume 04, no. 01, Juni 2014.

Becker, Carmen, “Gaining Knowledge Salafi Activism in German and Dutch Online Forums,†dalam Masaryk University Journal of Law and Technology, volume 3, no 1, 2019.

Becker, Carmen, “Muslim on The Path of Salaf Al-Salih,†dalam Journal Information, Communication & Society, volume 14, no. 8, 2011.

Cozin, Muhammad Ali, “Strategi Dakwah Salafi di Indonesia,†dalam Jurnal Dakwah, volume XIV, no. 1, 2013.

Dwina, Ressi, “Mobilisasi Massa dalam Era Network Society,†dalam Jurnal Pekommas, volume 16, no. 3, Desember 2013.

Fakhruroji, Moch, “Muslims Learning Islam on the Internet,†Handbook of Contemporary Islam and Muslim Lives, Springer Nature Switzerland AG 2019 M. Woodward, R. Lukens-Bull, (eds.).

Hegghammer, Thomas, "Jihadi Salafis or Revolutionaries: On Religion and Politics in the Study of Islamist Militancy,†dalam R Meijer, (eds.), Global Salafism: Islam's New Religious Movement, (London-New York: Hurst/Columbia University Press, 2009).

Iqbal, Asep Muhammad, “Agama dan Adopsi Media Baru: Penggunaan Internet oleh Gerakan Salafisme di Indonesia,†Jurnal Komunikasi Indonesia,†volume II No. 2, Oktober 2013.

J, Jamal dan Almenayes, dkk.,“Religiosity and the Perceived Consequences of Social Media Usage in a Muslim Country,†dalam Journal of Arts and Humanities (JAH), volume 3, no.5, May 2014.

Jawas, Yazid Abdul Qadir, Mulia Dengan Manhaj Salaf, cetakan ke-25., (Bogor: Pustaka At-Taqwa.

Jonge, De and Kaptein Nico, dkk., Transcending and Borders Arabs, Politics, Trade and Islam Southeast Asia, (Leiden: KITLTV Press, 2002).

Kaplan, Andreas M dan Michael Haenlein, dkk., Users of the World, Unite! The Cahallanges and Opportunities of Social Media, Business Horizons 53 (1), 2010.

Littlejohn, Stephen W and A.F Karen, dkk., Encyplopedia of Communication Theory, volume I, (California: Sage Publications, 2009).

McQuail, Denis, Teori Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Penerjemah Agus Dharma dan Aminuddin Ram, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 1987).

Moleong, Lexy J, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 2007).

Mustofa, “Peran Hashtag (#) dalam Media Sosial Sebagai Upaya Branding Pustakawan,†dalam Libraria, 2019, Vol 7, no. 1, Insitut Seni Indonesia (ISI).

Nisa, Eva F, “Creative and Lucrative Da’wa: The Visual Culture of Instagram amongs Female Muslim Youth in Indonesia,†dalam Religious Studies, Victoria University of Wellington.

Romario dan Lisda Aisyah, dkk., “Komik Islam di Media Sosial Instagram: Dakwah Kreatif Melalui Komik,†Jurnal Studi Islam, volume 6, no. 2, 2019.

Rozalia, Tasman, “Radio Rodja: Kontestasi Ideologi Salafi di Ranah Siaran,†dalam Dakwah: Jurnal Kajian Dakwah dan Kemasyarakatan, volume 22, no, 2), 2018.

Setiadi, Ahmad, “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Efektivitas Komunikasi,†dalam Jurnal Humaniora Universitas Bina Sarana Informatika, volume 16, nomor 2, 2016.

Silvia, Mega. dkk., “Strategi Content Creator pada Dakwah di Media Sosial (Studi Kasus pada Akun Instagram @pejuang.mahar),†dalam Jurnal Communications Department, Desember 2019.

Sunesti, Yuyun, dkk., “The Sunnah Lake of Muslimah: Salafi Women, The Manhaj and Online Media,†dalam Journal Humanities & Social Sciences Reviews, volume 6, no. 3, 2018.

Syukir, Asmuni, Dasar-Dasar Strategi Dakwah Islam, (Surabaya : Al-Ikhlas, 1983).

Tubbs, Stewart L., et. Al, Human Communication, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1996).

Wahid, Din, “Challenging Religious Authority The Emergence of Salafi Ustadhs in Indonesia,†dalam Journal of Indonesian Islam. Volume 06, no. 2 Desember 2012.

Wally, E & S Koshy, “The Use of Instagram As A Marketing Tool By Emirati Female Entrepreneurs: An Exploratory Study,†dalam International Business Research Conference, 2014.

Zulkifli, Muhammad, Ilmu Dakwah, (Makassar : Pustaka Al-Zikra, 2005).

CNN Indonesia, “Anak Muda Hijrah di Mata NU dan Muhammadiyah,†artikel diakses pada 14 Februari 2020 darihttps://www.cnnindonesia.com/nasional/20190516190532-20-395594/anak-muda-hijrah-di-mata-nu-dan-muhammadiyah

Alle Ceambur, “Tips and Tricks to Build a Seamless Instagram Content Strategy,†artikel diakses pada 30 November 2020 dari https://nealschaffer.com/instagram-content-strategy/

Michael Stelzner, “Instagram Content Strategy: Creating Content That Draws Customers to You,†artikel diakses pada 1 Desember 2020 dari https://www.socialmediaexaminer.com/instagram-content-strategy-creating-content-that-draws-customers-to-you-alex-tooby/

Wahyunanda Kusuma Pertiwi, “Sebanyak Inikah Jumlah Pengguna Instagram di Indonesia,†artikel diakses pada 20 Februari 2020 dari https://tekno.kompas.com/read/2019/12/23/14020057/sebanyak-inikah-jumlah-pengguna-instagram-di-indonesia.

Akun Instagram official @khalidbasalamahofficial. Diakses pada 6 September 2020 pukul 11.28 WIB dari https://instagram.com/khalidbasalamahofficial?igshid=1ud4e1yg7sz43.

Atang Setiawan (Anggota Sat Indag Dit Reskrimsus PMJ), “Pelangggaran Hak Kekayaan Intelektualâ€, artikel diakses pada 3 Juni 2020 dari www.reskrimsus.metro.polro.go.id/info/informasi

Muhyiddin, “Ulama Hadramaut Berperan Penting Dalam Penyebaran Islam,†artikel diakses pada 3 Juni 2020 dari https://republika.co.id/berita/dunia-islam/islam-nusantara/19/06/30/ptx6tp313-ulama-hadramaut-berperan-penting-dalam-penyebaran-islam

Ma’had Al-Birr, “Sejarah Berdirinya Ma’had Al-Birr,†artikel diakses pada 24 Juni 2020 dari http://albirr.almaahid.com/index.php/main/view/2159/sejarah_2

Ahmad Zenudin, “Mengapa Para Dai Bisa Amat Populer di Media Sosial,†artikel diakses pada 13 Juli 2020 dari http://www.google.com/amp/s/amp.tirto.id/mengapa-para-dai-nosa-amat-populer-di-media-sosial-cCox.

Wawancara Pribadi dengan Khalid Basalamah, Jakarta, 22 Juni 2020.

Wawancara Pribadi dengan Tim KHB Digital Studio, Dimas Rizki Agustian dan Dimas Pradipta, Jakarta, 11 Juni 2020.