MENGUKUR TINGKAT SOCIAL VALUE CHAIN MELALUI OPTIMALISASI PENGELOLAAN ZISWAF DI INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
Dalam konteks Indonesia, sektor keuangan sosial Islam identik dengan lembaga zakat dan wakaf. Hal ini dipengaruhi oleh penjelasan dua peraturan di Indonesia terkait keuangan sosial syariah, yaitu UU No. 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan UU No. 41 tahun 2004 tentang wakaf. Selain zakat, wakaf juga memiliki potensi yang tidak kalah besar untuk mendukung perkembangan industri halal di Indonesia. Dengan karakteristik relatif fleksibel dalam penggunaan, potensi wakaf jauh lebih besar meskipun penghimpunan masih relatif rendah dibandingkan dengan potensinya. Beberapa isu penting yang muncul dalam industri halal di Indonesia adalah lemahnya daya saing produk halal Indonesia di pasar global, yang salah satunya dapat disebabkan oleh biaya produksi yang tinggi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan sumber referensi primer yaitu membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian di perpustakaan seperti buku, berita, dan lain-lain. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis isi dari literatur-literatur yang berkaitan dengan zakat dan pajak dalam Islam. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sektor ZISWAF memiliki potensi besar untuk mendorong perkembangan industri halal di Indonesia. Namun potensi tersebut hanya akan terwujud jika ada ekosistem dan kebijakan yang mendukung hal tersebut. Untuk itu, sebelum merumuskan kebijakan strategis dan mendorong terciptanya ekosistem yang dibutuhkan, kekuatan dan tantangan yang ada perlu diidentifikasi dengan baik. Hal ini akan dibahas lebih lanjut pada bagian strategi pengembangan zakat dan wakaf
Rincian Artikel
Referensi
Al-Qarni, Aidh. (2007). Tafsir Al- Muyassar Juz 9-16. Jakarta: Qishti Press.
Falah, Saiful. (2014).Parents Power Membangun Karakter Anak Melalui Pendidikan Keluarga. Jakarta:Republika.
Ismail, Muhammad Ilyas. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Mulyasa, E. (2014). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nurdin, Ismail Nurdin dan Sri Hartati. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Sahabat Cendekia.
Purba, Elidawaty. (2021). Metode Penelitian Ekonomi. Medan; Yayasan Kita Menulis
Rusman, Manajemen Kurikulum Edisi Kedua, Cet. 5Depok: Rajawali Pers, 2019.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Manajemen. Bandung : ALPABETA CV.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : ALPABETA CV.
Sanjaya, Wina. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syafruddin. (2019). Guru Mari Kita Menulis penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: CV Budi Utama
Audie,Nurul. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP,2(1):286.
Dewi, Rita Kusuma (2020).Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar PPKN Melalui Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Pada Kelas IV Semester I SDN Sambirejo Banjar sari Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Konvergensi, 8(34): 11.
Yahdiyani, Nurilatul Rahmah. (2020). Peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 02 Kabupaten Pasuruan. EduPsyCouns Journal, 2(1): 332.
Purnamasari, Nurul.(2016). Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas X MA Al-Hikmah Kedaton Bandar Lampung: Studi Pendiidkan Bahasa Arab di IAIN Raden Intan Lampung. Skripsi. Lampung.
KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.
GUNAWAN, G. (2022). KOMUNIKASI INTERPERRSONAL KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KONSELI LINTAS GENDER DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA KOTA BOGOR. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 25-38.
Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.
Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.
Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.
Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.