MANAJEMEN MADRASAH DALAM POLA PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pada umumnya kebanyakan siswa kurang terlihat aktif dalam pembelajaran  yang terlihat ketika siswa diberikan sebuah pertanyaan langsung oleh gurunya, siswa masih kebingungan untuk menjawabnya, pada saat ditanya tentang materi yang belum dimengerti dari materi yang diajarkan, ternyata hanya ada satu orang siswa yang bisa menjawabnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa kecerdasan emosional, dan kecerdasan intelektual siswa masih rendah dikarenakan penerapan metode pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang tepat dan kurang bervariatif. Adapun tujuan penelitian ini untuk Mengetahui Manajemen Madrasah di MA Pondok Pesantren Al-Itqon Bogor, untuk Mengetahui Pembelajaran Quantum Teaching di MA Pondok Pesantren Al-Itqon Bogor, dan untuk melihat bagaimana Implementasi materi ajar melalui Pola Pembelajaran Quantum Teaching di MA Pondok Pesantren Al-Itqon Bogor. Metode yang diguanakan adalah metode kualitatif deskriptif. Implementasi manajemen layanan khusus di MTs Al-Itqon Bogor sudah sangat baik dalam layanan khusus untuk siswa-siswinya, mulai dari perpustakaan, layanan kesehatan, kantin, dan layanan bimbingan konseling. Semua layanan khusus di MTs Al-Itqon Bogor sudah baik dan memuaskan para peserta didiknya sebagai costumer MTs Al-Itqon Bogor. Efektifitas yang ada di Lembaga Madrasah ini mengupayakan segala cara untuk dapat mengimplikasikan pengajaran Al-Qur’an hadist ini melalui metode pembelajaran Quantum Teaching sehingga proses pembelajaran bisa berkulitas dan efektif Adapun salah satu bentuk pembelajaran adalah dengan cara mengkresi ruang kelas, membagi kelompok belajar dan mendengarkan murotal Ayat-ayat Al-Qur’an
Rincian Artikel
Referensi
A’la, Miftahul, Quantum Teaching (Buku Pintar dan Praktis), (Jogjakarta: DIVA Press, 2012), Cet. 3,
Ainurafiq dkk, Manajemen Madrasah Berbasis Pesantren, (Sapen: PT. LFP Lista Fariska Putra:2005)
Arends, Learning to Teach Belajar untuk Mengajar, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2008)
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik), (Jakarta: Rineka Cipta, 2010), Cet. 14,
Bobbi De Porter, dkk., Quantum Teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang- Ruang Kelas), (Bandung: Kaifa, 2010), Cet. 1.
Creswell, John W, (Penerjemah Achmad Fawaid dan Rinayanti Kusmini Pancasari), Research Design, Qualitatife, Quantitatif and Mixed Methods Approaches, Fourt Edition, Sage Publication, (Yogyakarta, PT. Penerbit Pustaka Pelajar, 2014)
Hasbullah, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001)
Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2000),
James A, Black & Champion D, Metode dan Masalah Penelitian Sosial, (Bandung: PT Rfika Aditama, 2009).
Joyce B, et all, Models Of Teaching, (Needham Heights USA: A Person Education Company, 2000),
Muhammad, Idrus, Metode Penelitian Ilmu Sosial Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif, (Yogyakarta: PT. Glora Aksara Peratama, 2009),
Nata, Abudin, Perspektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, (Jakarta: Kencana, 2009),
Nata, Abudin, Sejarah Pendidikan Islam Pada Priode klasik dan Pertengahan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2001).
Sabri, M. Alisuf, Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional, (Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007), Cet. 3.
Saefudin Sa’ud, Udin, Inovasi pendidikan. (Bandung. PT. Alfabeta, 2008)
Satori Djam’an, dan Aan Komariah. Metodologi Penelitian Kualitatif. (Bandung: Alfabeta, 2007)
Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Misbah; Pesan. Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. (Jakarta: Lentera Hati. 2002).
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R dan D (Bandung: PT. Alfabeta, 2012),
Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002, Cet.XII),
Syarafuddin, Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan: Konsep, Strategi dan Aplikasi, (Jakarta: Grasindo, 2002),
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya Pada KTSP, (Jakarta: Kencana, 2010), Cet. 3, hlm. 26.
Uchjana Efendy, Onong, Human Relation dan Public Relation (Bandung: PT. Mandar Maju, 1993),
Zaini, Muhtarom, Manajemen Pendidikan (konsep dasar, teori dan aplikasi), (Kudus, 2018)
KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.
GUNAWAN, G. (2022). KOMUNIKASI INTERPERRSONAL KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KONSELI LINTAS GENDER DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA KOTA BOGOR. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 25-38.
Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.
Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.
Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.
Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.