IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG

Isi Artikel Utama

Ni’mawati
Uus Ruswandi
Bambang Samsul Arifin

Abstrak

Universitas Islam Bandung (Unisba) sebagai perguruan tinggi bercorak Islam yang senantiasa membekali mahasiswa dengan tiga nilai karakteristik: MujahidMujtahid, dan Mujaddid (3M). Tujuan penelitian adalah menganalisis implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Unisba. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analisis, yakni berupaya menghimpun data, mengolah dan menganalisisnya secara kualitatif dan mendefenisikannya secara kualitatif pula. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pembelajaran PAI di Unisba dilaksanakan sebanyak 7 semester masing- masing 2 SKS; meliputi mata kuliah-mata kuliah keagamaan yang mewakili tema besar ajaran agam Islam yaitu: Aqidah, ibadah, fiqih muamalah, akhlaq, sejarah Islam, dan Islam disiplin ilmu. Semua mahasiswa baik yang muslim maupun non muslim wajib mengikuti mata kuliah PAI. 2) Seluruh mata kuliah CPL-nya harus merujuk pada visi misi Unisba yaitu mencetak lulusan yang mujahid, mujtahid dan mujaddid dengan ruhuddin tercermin pada setiap mata kuliah. 3) Pelaksanaan PAI pada semester II dilaksanakan dengan kegiatan pesantren selama empat hari. 4) Wajib mengikuti kegiatan Pesantren Calon Sarjana bagi mahasiswa Unisba yang akan mengikuti sidang skripsi untuk memberikan bekal kepada calon alumni agar siap terjun ke masyarakat

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ni’mawati, Ruswandi, U., & Samsul Arifin, B. (2021). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI UNIVERSITAS ISLAM BANDUNG. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 4(2), 1-9. https://doi.org/10.51192/almubin.v4i2.131 (Original work published 18 September 2021)
Bagian
Articles

Referensi

Abdul Rohim. Peranan Pendidikan Agama Islam (PAI) di Perguruan Tinggi melalui Pendekatan Fenomenologis. Jurnal Nidhomul Haq Vol.1 No. 3 November 2016.

Hidayatulloh, Furqon Syarief. 2013. Manajemen Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (Studi Kasus di Institut Pertanian Bogor). Jurnal Pendidikan Islam. Volume XXVIII, Nomor 2.

Ibnu Hajar, “Pendekatan Keberagamaan dalam Pemilihan Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam,†dalam Chabib Thaha, et.al., Metode Pengajaran Agama (Semarang: Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo-Pustaka Pelajar, 1999. Juju Saepudin dan Komarudin Shaleh. Jurnal Al-Qalam volume 24 Nomor 2, Desember 2018.

Muhadjir, Noeng, 2000, Metode Penelitian Kualitatif, Jogja: Rake Sarasin.

Nan Rahminawati, Agus Halimi, Imam Pamungkas. Analisis dan Evaluasi Terhadap Kurikulum Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Islam Bandung Berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Prosiding SNaPP2015 Sosial, Ekonomi, dan Humaniora.

Rahim, R. (2018). Urgensi Pembinaan Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum (PTU): Jurnal Pendidikan, Vol. 1, No. 1.

Rusydi Sulaiman. Jurnal Tadris Volume 10 No. 2, Desember 2015.

https://www.unisba.ac.id/kepala-lldikti-wil-iv-kampus-merdeka-yang-3m-kemerdekaan-kehidupan-di-dunia-akhirat.

https://www.unisba.ac.id/pesantren-mahasiswa-baru.

https://www.jogloabang.com/pendidikan/permenag-5-2020-standar-penyelenggaraan-pendidikan-agama-perguruan-tinggi.

https://republika.co.id/berita/pendidikan/dunia-kampus/18/06/07/p8165v335-unisba-gelar-pesantren-calon-sarjana.

https://www.unisba.ac.id/2-663-mahasiswa-baru-unisba-ikuti-pesantren.

https://www.unisba.ac.id/visi-misi-tujuan.

https://www.unisba.ac.id/mujahid-mujtahid-mujaddid-3m.

https://www.unisba.ac.id/asep-ramdan-hidayat-warek-iii-unisba

Nurodin, N. (2017). PENDEKATAN COGNITIVE BEHAVIORAL THERAPY (CBT) DALAM MEREDUKSI KECEMASAN MENGHADAPI DUNIA KERJA PENYANDANG TUNADAKSA (Penelitian di Panti Asuhan Nurul Haq, Yayasan Madania, Jalan Janti GemakNomor 88 Gedong Kuning Banguntapan Bantul, Yogyakarta). Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 6(2), 130-149.

Nurodin, N. (2016). PENGARUH METODE BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP SIKAP KEAGAMAAN IBU-IBU. Prosiding SNaPP: Sosial, Ekonomi dan Humaniora, 6(1), 508-522.