BODY IMAGE EFFECT ON THE BEHAVIOR OF BEAUTY PRODUCTS IMPULSE PURCHASES ON THE STUDENTS PSYCHOLOGY AL AZHAR UNIVERSITY OF INDONESIA
Isi Artikel Utama
Abstrak
ABSTRAK – Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor citra tubuh yang mempengaruhi perilaku impulsif pada remaja putri yang masih tergolong dalam tahap akhir perkembangan remaja. Perilaku konsumen terkadang tidak melibatkan pertimbangan mengapa dan alasan seseorang harus memiliki produk tersebut, serta cenderung berimplikasi pada keinginan spontan dan tidak reflektif untuk membeli, hal tersebut merupakan bentuk dari perilaku pembelian impulsif. Pembelian impulsif berkaitan dengan karakteristik citra tubuh yang hanya sebagian dari konsep diri yang berkaitan dengan sifat fisik. Remaja lebih peka terhadap gambaran fisik sehingga mendorong mereka melakukan berbagai upaya fisik untuk mengubah penampilan komunitas sosialnya sesuai dengan tuntutan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan nonprobability sampling menggunakan accidental sample. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda, dimana analisis ini digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen. Penelitian ini dilakukan di Universitas Al Azhar Indonesia khususnya pada mahasiswi psikologi. Hasil yang dapat diamati dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh negatif yang signifikan antara citra tubuh terhadap setiap perilaku pembelian impulsif produk kecantikan pada mahasiswi psikologi Universitas Al Azhar Indonesia. Pengaruh body image masing-masing sebesar 40,4% terhadap perilaku pembelian impulsif. Tabel fhitung sebanyak 26.244 dan diperoleh tabel distribusi f sebanyak 2,68 dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menyatakan bahwa 26.244 > 2,68, sehingga dapat dikatakan bahwa citra tubuh berpengaruh signifikan terhadap pembeli impulsif.
Kata Kunci: Citra Tubuh, Perilaku Membeli Impulsif
Rincian Artikel
Referensi
Anshori, M & Sri, I. (2009). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: Airlangga University Press (AUP)
Aryani, G. (2006). Hubungan antara Konformitas dan Perilaku Konsumtif pada Remaja di SMA Negeri 1 Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Semarang.
Azwar, S. (2003). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Azwar, S. (2004). Penyusunan Skala Psikologi. Yogyalarta: Pustaka Belajar.
Azwar, S. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Verplanken, B., Herabadi, A.G., Perry, J.A & Silvera, D. H. (2005). Customer Style and Health:The role of impulsive biyungin unhealthy eating. Vol. 20 (4): 429-44
Bayley, G. & Nancarrow, C. (1998). Impulse Purchasing:a Qualitative Exploration of the Phenomenon. Qualitative Market Research: An International Journal, Vol. 1, No. 2, pp. 99-114.
Berk, L. E. (2012). Development Through The Lifespan:Dari Prenatal Sampai Remaja (Transisi Menjelang Dewasa). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cash, T. F., & Pruzinsky, T. (2002). Body Image: A Handbook of Theory, Research, and Clinical Practice. New York: The Guilford Press.
Cash, T. F. (2004). Body image: Past, present, and future. Body Image, 1, 1–5.
Casper, R. C., & Offer, D. (1990). Weight and Dieting Concerns in Adolescents: Fashion or Symptom. Pediatrics, (86), 384-390.
Chaplin, J. P. (2005). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta : Rajawali Pres
hase, M. E. (2001). Identity Development and Body Image Dissatisfaction in College Females. A Research Paper for the master of Science Degree
Dacey, J., & Kenny, M. (1997). Adolescent development (2nd ed). USA:Brown and Benchnart Publisher
Priyatno, D. (2008). Mandiri Belajar SPSS (Untuk Analisis Data dan Uji Statistik). Yogyakarta: MediaKom.
Engel, J. F., Blackwell, R.G & Miniard, P. W. (2006). Perilaku Konsumen, (Alih Bahasa Budi Janto), Jilid I, Edisi Keenam. Binarupa Aksara. Jakrta Barat
 
	
	