PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STAD DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn

Isi Artikel Utama

Ria Rizki Agustini

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk menguji (1) perbedaan hasil belajar PPKn Siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kooperatif STAD dan strategi pembelajaran Ekspositori, (2) Pengaruh interaksi antara penggunaan strategi  pembelajaran dengan Motivasi Belajar terhadap hasil belajar PPKn, (3) Perbedaan hasil belajar PPKn siswa dengan motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran STAD dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori, (4) Perbedaan hasil belajar PPKn siswa dengan motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran STAD dan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini  metode Eksperimen dengan rancangan factorial 2 x 2. Sampel  terdiri dari  2 kelas, satu kelas eksperimen yaitu kelas X.2 berjumlah 22 siswa,  satu kelas kontrol yaitu kelas X.1 berjumlah 22 siswa. Tehnik pengambilan sampel adalah random sampling. Teknik analisis data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah  teknik  analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferinsial yang menggunakan teknik  Analisis Varians (ANAVA) dua jalur dengan bantuan SPSS 23. Hasil dan kesimpulan penelitian diperoleh (1) Hasil belajar PPKn menggunakan strategi pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan dengan strategi Pembelajaran Ekspositori. Nilai Fhitung dan sig. sebesar 4,627 dan 0,038. Nilai Ftabel pada signifikansi 0,05 sebesar 4,07. Nilai Fhitung>Ftabel atau 4,627 > 4,07, dan nilai sig. 0,038 <0,05; (2) Terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar PPKn.  Hasil perhitungan anava diperoleh nilai Fhitung dan sig. sebesar 44,207 dan 0,000. Nilai Ftabel pada signifikansi 0,05 sebesar 4,07. Nilai Fhitung> Ftabel atau 44,207 > 4,07, dan nilai sig. 0,00 <0,05; (3) Hasil belajar Siswa yang bermotivasi  tinggi  yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran STAD lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran Ekspositori. Nilai t hitung sebesar 7,857, Nilai t tabel pada signifikansi 0,05 sebesar 2,086. Nilai t hitung > t tabel atau 7,857> 2,086, dan sig.0,00<0,05; (4) Hasil Belajar siswa yang bermotivasi  rendah yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran  Ekspositori lebih tinggi dibandingkan dengan strategi Pembelajaran STAD. Nilai t hitung sebesar 2,714 dan. Nilai t tabel pada signifikansi 0,05 sebesar 0,013. Karena nilai t hitung > t tabel atau 2,714> 2,086, dan sig. 0,013<0,05.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Rizki Agustini, R. (2018). PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN STAD DAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI SERTA MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKn. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 1(2), 85-94. https://doi.org/10.51192/almubin.v1i2.44
Bagian
Articles

Referensi

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hanafiah, Nanang dan Cucu Suhana. 2010. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama.

Isjoni. 2011. Pembelajaran Koopertif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Riva’i, F. A., & Nurdianti, M. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA DALAM TEMBANG LIR-ILIR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 44-53.

Gunawan, G., & Aziz, H. (2018). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA SMP PEMAIN GAME ONLINE ANDROID BERGENRE BATTLE ROYALE. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 11-21.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja.

Ngalimun. 2014 Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Permendikbud No. 60 tahun 2013. Standar Isi. Jakarta: Kemendikbud.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenadamedia.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo.

Setianingsih. 2008. Keefektifan Model Pembelajaran Koopertif tipe STAD. Semarang: Jembar Djaya.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin, Robert E. 2009. Coopertive Learning. Jakarta: Grasindo.

Sudjana, Nana. 2010. Dasar - Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiono. 2014. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Sumiati dan Asra. 2013. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Supardi. 2014. Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication.

Uno, Hamzah B. 2008. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.