PENGEMBANGKAN “KETERAMPILAN MOTORIK KASAR MELALUI STIMULASI PERMAINAN ANGKLUNG†PADA SISWA-SISWI ANAK USIA DINI
Isi Artikel Utama
Abstrak
Penelitian tindakan kelasini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan kognitif anak melalui permainan angklung.Subjek penelitian adalah anak kelompok B usia 3-6 tahun di PPT Tunas Bangsa Surabaya yang berjumlah 23 anak terdiri dari 9 anak perempuan dan 14 anak laki-laki.Peneliti menggunakan metode observasi dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menujukkan adanya peningkatan kemampuan kognitif anak sebesar 90% berdasarkan evaluasi hasil dari siklus I dan siklus II.Sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajarandengan memanfaatkan permainan angklung untuk mengembangkanketerampilan motorik kasar anakdapat dilaksanakan dalam proses pembelajaran
Rincian Artikel
Referensi
Gunawan, G., & Aziz, H. (2018). ANALISIS PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA SMP PEMAIN GAME ONLINE ANDROID BERGENRE BATTLE ROYALE. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 11-21.
Kemendiknas. (2010). Panduan pedoman pembelajaran di paud. Jakrta: depdiknas.
Marlina. (2010). Peningkatan kemampuan motorik kasar anak melalui permainan alat musik angklung pada anak usia 5-6 tahun. Kalimantan: paud UNTAN PONTIANAK
Myrnawati. (2016). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: UNJ Press.
Mubarokah, S. (2015). Permainan alat musik angklung sebagai metode belajar sambil bermain dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia 5-6 tahun. Surabaya: Jurnal Bermain Anak Usia Dini. Vol.5, No.12, 2015.
Nursih,B. (2014). Meningkatkan kemampuan motorik kasar melalui permainan sunda manda pada kelompok B1 TK Arum Puspita, Yogyakarta. Yogyakarta:UNY.
Rohmatullah, N. (2018). ANALISIS KELUARGA BROKEN HOME PADA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 23-29.