EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) PADA SISWA KELAS VIII DI SMP TERPADU AL-ITTIHADIYAH BOGOR
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pendidikan Nasional bertujuan untuk membentuk generasi bangsa yang tidak hanya cerdas tetapi juga generasi yang beriman dan bertakwa yang memiliki akhlak yang mulia. Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional ini diantaranya melalui pembelajaran agama Islam. Pendidikan Agama Islam ini. bertujuan untuk mendidik dan mengarahkan peserta didik menjadi pribadi yang Islami, yang taat dan berakhlak mulia sebagai individu, anggota keluarga, masyarakat, warga negara dan warga dunia. Akan tetapi pencapaian tujuan Pendidikan Agama Islam ini sangat tergantung kepada efektivitas pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru selama proses kegiatan belajar mengajar di sekolah. Oleh sebab itu penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan faktor-faktor yang mempengaruhinya pada siswa kelas VIII di SMP Terpadu Al-Ittihadiyyah Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, yang mana data yang dikumpulkan menggunakan metode wawancara terstruktur dan observasi partisipasi pasif, dan dokumentasi yang relevan sebagai data sekunder. Analisis data menggunakan teknik model Miles dan Huberman. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMPT Al-Ittihadiyyah Bogor dikategorikan baik berdasarkan pencapaian terhadap indikator-indikator efektivitas pembelajaran seperti ketepatan dalam penyusunan program pembelajaran, penggunaan media dan sumber belajar dalam proses kegiatan belajar mengajar, terjalinnya interaksi yang baik antara siswa dan guru, serta terlaksananya evaluasi pembelajaran yang meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik secara berkala. Namun ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian yaitu itu masih rendahnya tingkat penguasaan dan kemampuan secara kognitif hasil ini terlihat dari hasil belajar siswa yang rata-rata masih di bawah kriteria kemampuan minimum (KKM). Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VIII di SMPT Al-Ittihadiyyah Bogor yaitu keterbatasan sumber dan media pembelajaran, kelas yang tidak kondusif, akses internet kurang memadai , serta kemampuan intelegensi dan motivasi belajar siswa yang rendah
Rincian Artikel
Referensi
Aminudin, Aliaras Wahih, dkk, Membangun Karakter dan Kepribadian melalui Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Chotimah, Chusnul, dan Muhammad Fathurrohman, Paradigma Baru Sistem Pembelajaran dari Teori, Metode, Model, Media, Hingga Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruzz Media, 2018.
Echols, John. M. dan Hasan Syadily, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 1990
Faryadi, Qais, Pedoman Mengajar Efektif Teori dan Model Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017
Fathurrahman, Arif, 2019, Peningkatan Efektivitas Pembelajaran Melalui Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Teamwork, Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.7, No.2, Juli 2019 P-ISSN 2302-0296 E-ISSN 2614-3313.
Gunawan, Ary H, Sosiologi Pendidikan: Suatu Analisis Sosiologi tentang Pelbagai Problem Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Hamalik, Oemar, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2001.
Jauhar, Mohammad, Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustakaraya. 2011.
Karwono dan Heni Mularsih, Belajar dan Pembelajaran serta Pemanfaatan Sumber Belajar (Depok: PT. Rajagrafindo Persada, 2018), hlm 20.
Miarso, Yusuf Hadi, Menyemai Benih Teknologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2004
Patoni, Ahmad, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Bina Ilmu. 2004.
Priansa, Donni Juni, Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran Inovatif, Kreatif, dan Prestatif dalam Memahami Peserta Didik, Bandung: Pustaka Setia, 2017.
Rohmawati, Afifatu, 2015, Efektivitas Pembelajaran di kelas A2 TK Miftahul Huda Kecamatan Turen Kabupaten Malang, Jurnal Pendidikan Usia Dini, Vol 9 Edisi 1, April 2015
Sagala, Saiful, Administrasi Pendidikan Kontemporer, Bandung: Alfabeta, 2005
Steers, Richard M, Efektivitas Organisasi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1999.
Sugiyono, Metode Penelitian; Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2017
Suharto, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Surabaya: Pt. Indah 1995.
Supriyono, Sistem Pengendalian Manajemen, Semarang: Universitas Diponegoro, 2000.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan bahasa (P3B), Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka,1995.
Uno, Hamzah B. dan Nurdin Muhamad, Belajar dengan Pendekatan PAIKEM, Jakarta: PT. Bumi Aksara. 2012.
Wahyuddin, 2018, Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 8 Takalar, Jurnal Al Khawarizmi, Vol. 2, No. 1, Juni 2018, ISSN 2549-3906 E-ISSN 2549-3914.