ANALISIS IMPLEMENTASI PROGRAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR SEBAGAI STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis (1) Implementasi hak belajar siswa, (2) kendala yang dihadapi dari implementasi hak belajar siswa. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif (Descriptive research) Kualitatif, lokasi penelitian di SMK Negeri Leuwiliang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)Implementasi hak belajar siswa dilaksanakan pada sekolah SMKN tersebut sejak awal diberlakukan kebijakkan tersebut (2)Terdapat beberapa kendala yang dihadapi tersebut meliputi: a) Sebagian siswa belum siap dengan teknologi, Siswa masih terbiasa diberitahu oleh guru dan belum sepenuhnya mandiri, b) Karena tidak punya pengalaman kurikulum merdeka, keterbatasan referensi dan pelatihan, c) Guru belum berkolaborasi sepenuhnya, d) Belum semua stake holder memahami substansi Implementasi Kurikulum Merdeka belajar, e)Masih proses adaptasi dengan Kurikulum Merdeka sehingga masih belum maksimal. f)Akses digital yang sering menjadi kendala, terkadang jaringan kurang stabil sehingga menyulitkan siswa dan guru untuk mengakses materi sumber belajar, g)Keterbatasan referensi dan media merupakan masalah yang dihadapi sehingga  menjadikan kendala pada proses belajar
Rincian Artikel
Referensi
Din Wahyudin. (2014). Manajemen Kurikulum, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Engkoswara dan Aan Komariah, Administrasi Pendidikan, (Bandung: Alfabeta , 2010) H. 304
Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan suatu Analisa Psikologi Pendidikan
( Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1986), 176.
Nasution, S. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 1989.
Mulyadi, Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mengembangkan Budaya Mutu (Malang: UIN- Maliki Press, 2010) hlm 77
Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Kencana Prenada Media Group.Sherly, S., Dharma, E., & Sihombing, H. B. (2021, August). Merdeka belajar: kajian literatur. In
Sihombing,U. 2000, Pendidikan Luar Sekolah, Manajemen Strategi, Konsep,Kiat dan Pelaksanaan. Penerbit: P.D. Mahkota,Jakarta.
Oxford Advanced Learner’s Dictionary, (Oxford University Press, 2010), hlm 1198.
UrbanGreen Conference Proceeding Library (pp. 183-190).
https://ditsmp.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka-sebagai-upaya-pemulihan-pembelajaran/
http://timurkasuari.com/2022/05/04/kurikulum-merdeka-smk/
Sekarwati, E., & Fauziati, E. (2021). Kurtilas dalam Perspektif Pendidikan Progresivisme. E-Jurnal Pendidikan Dan Sains Lentera Arfak, 1(1), 29–35.