PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI SDN CIMANGGU 03 CIBUNGBULANG BOGOR

Isi Artikel Utama

Siti Asy Syifa
Suyud Arif
Syarifah Gustiawati

Abstrak

Pentingnya pendidikan agama Islam di sekolah dasar terletak pada pendidikan generasi muda. Pada dasarnya pendidikan agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keimanan, pemahaman dan pengamalan dalam Islam agar peserta didik menjadi peserta didik yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia dalam kehidupan pribadi, sosial, berbangsa dan bernegara. Oleh karena itu, sangat penting menerapkan nilai pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan nilai-nilai pendidikan Islam di SDN Cimanggu 03 Cibungbulang Bogor. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi dan data yang digunakan adalah hasil wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) untuk metode pendidikan yang menerapkan nilai-nilai Islami melalui metode keteladanan, pembiasaan, pengamalan dan nasehat/prakarsa, 2) kegiatan nilai Islami yang dilakukan adalah a. merayakan hari-hari besar Islam berupa Maulid dan Isra mi'raj, s. menghadiri pesantren, c. berperilaku baik dan sopan, d. Mengunjungi teman atau guru yang terkena bencana e. Biasakan 3S salam, sapa dan senyum. 3) Pembentukan nilai karakter siswa SDN Cimanggu 03 Cibungbulang berlangsung di lingkungan sekolah dan di dalam kelas

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Asy Syifa, S., Arif, S., & Gustiawati, S. (2023). PENERAPAN NILAI PENDIDIKAN ISLAM DI SDN CIMANGGU 03 CIBUNGBULANG BOGOR. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 6(1), 58-66. https://doi.org/10.51192/almubin.v6i01.495
Bagian
Articles

Referensi

Amalia, F., Gustiawati, S., Tanjung, H. B., Ibn, U., Bogor, K., Ibn, U., & Bogor, K. (2022). AL-AHSAN TANAH SEREAL KOTA BOGOR Pendahuluan. 1(3), 57–63.

Hamdah, N., Ikhtiono, G., & Sutisna. (2022). Efektivitas Penerapan Nilai-Nilai Kebersihan Lingkungan Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di Sekolah It Dinamika Umat Nurhilal Hamdah, Gunawan Ikhtiono, Sutisna Universitas Ibn Khaldun, Bogor Email: Nurhilalhamdah@Gmail.Com , Pendahuluan Kebersihan M. 7(14), 105–113.

Kesuma, D., Triatna, C., & Permana, J. (2018). Pendidikan Karakter Kajian Teori Dan Praktik Di Sekolah (A. S. Wardan (Ed.); 5th Ed.). Pt Remaja Rosdakarya.

Majid, A., & Andayani, D. (2017). Pendidikan Karakter Perspektif Islam (A. S. Wardan (Ed.); Cetakan Ke). Pt Remaja Rosdakarya.

Meleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (I. Taufik (ed.); 36th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter Landasan, Pilar & Implementasi (B. Nuraeni, S. Fatimah S Sirate, & N. Ihsan (Eds.); Prenadamed).

Zainal, A. Q., & Ansar, A. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut Syekh Al-Zarnuji Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim. Education And Learning Journal, 2(2), 126.

Zamhari, M., & Masamah, U. (2017). Relevansi Metode Pembentukan Pendidikan Karakter Dalam Kitab Ta’lim Al-Muta’allim Terhadap Dunia Pendidikan Modern. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(2), 421.

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.

GUNAWAN, G. (2022). KOMUNIKASI INTERPERRSONAL KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KONSELI LINTAS GENDER DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA KOTA BOGOR. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 25-38.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.