KESADARAN KEAKRABAN DALAM KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSELING KELUARGA

Isi Artikel Utama

Harwansyah Putra Sinaga
Ika Purnamasari

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh deskripsi tingkat kesadaran keakraban dalam keluarga dan implikasinya terhadap konseling keluarga pada siswa SMK Al Hafidz Leuwiliang. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain survei. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Psikologis Kesadaran Keakraban dalam Keluarga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Al Hafidz Leuwiliang sementara sample yang digunakan sebanyak 115 siswa dengan teknik Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 64 (55,7%) siswa berada pada kategori kesadaran kekaraban dalam keluarga yang tinggi, dan 51 (44.3%) siswa berada pada kategori kesadaran keakraban dalam keluarga yang sedang, dan tidak ada siswa (0%) yang berada pada katergori kesadaran keakaraban dalam keluarga yang rendah. Ini berarti para siswa setuju bahwa keakraban dalam keluarga itu adalah bagian yang penting dalam kehidupan yang harus diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari di rumah. . Sementara itu, kesadaran keakraban dalam keluarga merupakan aspek kognitif yang perlu ditampilkan pada aspek psikomotorik (perilaku). Sehingga guru BK atau konselor sekolah dapat mendesain program dan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah khususnya program dan layanan konseling keluarga seperti pemanfaatan layanan konsultasi orang tua untuk menunjang tujuan konseling keluarga, pengadaan kegiatan parenting di sekolah, serta integrasi tema-tema bidang keluarga dalam setiap pelayanan terhadap para siswa

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Putra Sinaga, H., & Purnamasari, I. (2019). KESADARAN KEAKRABAN DALAM KELUARGA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KONSELING KELUARGA. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 2(1), 19-25. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i1.50
Bagian
Articles

Referensi

Atabik, A. (2013). Konseling Keluarga Islami (Solusi Problematika Kehidupan Berkeluarga). Konseling Religi: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 04(01), 165-184.

Edy. (2008). Mendidik Anak Zaman Sekarang Ternyata Mudah Lho (Asalkan Tahu Caranya).Jakarta: PT. Tangga Pustaka

Gladding, S.T. (2012). Konseling: Profesi yang Menyeluruh. Jakarta: Indeks

Nurhayati, E. (2011) Bimbingan Konseling dan Psikoterapi Inovatif. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar Nurjanah, K. (2017). Pelaksanaan Program Parenting di PAUD Terpadu Yayasan Putra Putri Godean, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, VI, 02, 147- 158

Nurpitasari, D. W., Wahyuni, S., Widianto, E. (2018). Parenting Day Sebagai Aktivitas Peningkatan Hubungan Orangtua dan Anak. Jurnal Pendidikan Nonformal, 13, 01, 1-9

Perez, J. F. (1979). Family Counseling: Theory and Practice. New York: Van Nostrand, Co

Prayitno dan Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta

Rohmatullah, N. (2018). ANALISIS KELUARGA BROKEN HOME PADA PERKEMBANGAN BAHASA ANAK. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 23-29.

Syattar, M., & Fatimah, S. (2018). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PENDIDIK DENGAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP IT AL-ISHLAH CIBINONG. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 43-46.

Shertzer, B., dan Stone, S. (1980). Fundamental of Counseling. Boston: Houghton Mifflin

Company Sinaga, M. H. (2014). Meningkatkan Kesadaran Keakraban dalam Keluarga Melalui Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tanjungtiram TA. 2013-2014. Skripsi. Medan: Digital Library Universitas Negeri Medan

Yurnalis. (2014). Sosialisasi Bimbingan Konseling Keluarga dalam Aktivitas Pengajian Islam di Desa Koto Tinggi Kecamatan Rambah Kabupaten Roka Hulu. Menara Riau: Jurnal Kewirausahaan, 13(02), 274-289

KAMILATUSSA’DIAH, N. U. R. U. L., & TAMAMI, A. (2022). ISLAMIC REBT COUNSELING TO IMPROVE THE VISUALLY IMPAIRED PEOPLE’S SELF ESTEEM. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(2), 171-186.

GUNAWAN, G. (2022). KOMUNIKASI INTERPERRSONAL KONSELOR DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI KONSELI LINTAS GENDER DI LEMBAGA PERMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA KOTA BOGOR. Al-Tazkiah: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 11(1), 25-38.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Nurodin, N., & Sari, I. P. (2022). Penerapan Rational Emotive Behavior Therapy Dalam Mereduksi Trauma Anak Korban Perceraian. Coution: Journal of Counseling and Education, 3(2), 92-100.

Nurodin, N. (2018). Respons Komunikasi Interpersonal Konselor. Jurnal al-Shifa Bimbingan Dan Konseling, 7(2), 223-241.

Riva’i, F. A., Mz, S. R., & Septiani, D. (2022). Sistem Penjaminan Mutu Internal Terhadap Mutu Pendidikan di SDN Situ Ilir I Cibungbulang Bogor. Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 8(4), 1320-1327.

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama