PENGARUH NISBAH BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH TERHADAP MINAT NASABAH BERINVESTASI PADA BANK SYARIAH MANDIRI

Isi Artikel Utama

Heri Gunawan
Jamaludin
Sholikul Hadi

Abstrak

Bagi hasil adalah suatu sistem yang meliputi pembagian hasil usaha antara pemodal dan pengelola dana pembagian hasil usaha Bagi hasil adalah bentuk return (perolehan aktivitas usaha) dari kontrak investasi, dari waktu ke waktu, tidak pasti dan tidak tetap, besar kecilnya perolehan kembali itu tergantung pada hasil usaha yang benar-benar terjadi pada bank Islam, Nisbah adalah mekanisme dalam pembagian bagian keuntungan usaha bagi masing-masing pihak yang melakukan kegiatan usaha bersama yang besar jumlah pembagianya ditetapkan berdasarkan kesepakatan, nisbah adalah keuntungan yang harus dinyatakan dala bentuk prosentase antara kedua belah pihak, bukan dinyatakan dalam nilai nominal rupiah tertentu. Nisbah ini mencerminkan imbalan yang berhak diterima oleh kedua pihak yang bermudharabah. Penelitian ini bertujuan menguji pengaruh nisbah bagi hasil deposito mudharabah terhadap minat nasabah berinvestasi pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tajur Bogor. Metode penelitian ini adalah kuantitatif survei, dengan metode pengambilan sampel purposive samplingdengan alat bantukuesioner kepada 75 nasabah. Teknis analisis data berupa uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas,  uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji autokorelasi) dan  menguji hipotesis menggunakan (uji parsial, koefisien determinasi dan uji persamaan regresi linear sederhana) dengan bantuan Statistical Package for the Social Sciences (SPSS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nisbah bagi hasil deposito mudharabahsecara parsial atau terpisah berpengaruh positif dan berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah berinvestasi pada Bank Syariah Mandiri Cabang Tajur Bogor. Bisa disimpukan bahwa motif nasabah menyimpan hartanya pada bank bukan hanya untuk memudahkan dalam melakukan transaksi pembayaran dan karena tingkat keaman hartanya saja, tapi memang ingin mendapatkan keuntungan (bagi hasil)

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Gunawan, H., Jamaludin, & Hadi, S. (2019). PENGARUH NISBAH BAGI HASIL DEPOSITO MUDHARABAH TERHADAP MINAT NASABAH BERINVESTASI PADA BANK SYARIAH MANDIRI. Al-Mubin; Jurnal Ilmiah Islam, 2(1), 37-50. https://doi.org/10.51192/almubin.v2i1.80
Bagian
Articles

Referensi

Ali, Zaenudin. (2008). Hukum Perbankan Syariah. Jakarta. Sinar Grafika.

AL Arif, M.N. Rianto. (2012). Dasar-dasar Pemasaran Bank Syariah. Bandung. Alfabeta.

Antonio, Muhammad Syafii. (2001). Bank Syariah: Dari Teori Ke Praktik. Jakarta. Gema Insani.

Ascarya. (2008). Akad dan Produk Bank Syariah. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Anniswah, Lina. (2011). Pengaruh Tingkat Suku Bunga Dan Bagi Hasil Terhadap Volume Deposito Mudharabah. (Studi pada Bank Muamalat Indonesia tahun 2009 - 2011). Skripsi. Semarang. Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Aprilani, M. Devi. (2015). Penelitian Ini Menganalisis Tentang Pengaruh Bagi Hasil Terhadap Jumlah Dana Deposito Mudharabah Dan Loyalitas Nasabah. Naskah Publikasi. Surakarta. Universitas Muhammadiyah.

Aziz, Abdul. (2010). Manajemen Investasi Syariah. Bandung. Alfabeta

Ipando, M. Ogi. (2008). Pengaruh Bagi Hasil Deposito Syariah Mandiri Dan Suku Bunga Bank Umum Terhadap Jumlah Simpanan Di Bank Syariah Mandiri. Skripsi. Yogyakarta. Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga

Suratman. (2013). Pengaruh Jumlah Bagi Hasil Deposito Mudharabah, Tingkat Imbalan Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Suku Bunga Simpanan Berjangka 1 Bulan, Dan Inflasi Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah. Skripsi. Jakarta. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Wulansari, D. Intan. (2015). Pengaruh Bagi Hasil Dan Suku Bunga Terhadap Jumlah Deposito Mudharabah. (Studi Kasus Perbankan Syariah Tahun 2009-2013). Jurnal Ilmiah. Malang. Universitas Brawijaya.

Departemen Agama RI. (2007). Al-Aliyy Al-quran dan terjemahnya. Diponegoro. Bandung.

Fikri, Miftahul. (2016). Cara Mudah Membuah Makalah, Skripsi dan Tesis. Bogor. Arabasta Media.

Ghazali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 19 Edisi 5. Semarang. UNDIP.

Hasan, Ali. (2010). Marketing Bank Syariah. Bogor. Ghalia Indonesia.

Institut Agama Islam Sahid. (2017). Pedoman Penulisan Skripsi Program Strata Satu. Bogor..

Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Riva’i, F. A., & Nurdianti, M. (2018). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT PEMIKIRAN SUNAN KALIJAGA DALAM TEMBANG LIR-ILIR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(1), 44-53.

Kasmir. (2010). Pemasaran Bank. Jakarta. Prenada Media Grup.

(2014). Manajemen Perbankan. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Kotler, P. Kevin. L. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Erlangga.

Machmud, Amir dan Rukmana. (2010). Bank Syariah: Teori, Kebijakan, dan Studi Empiris Di Indonesia. Erlangga.

Majlis Ulama Indonesia (MUI) melalui Fatwa Dewan Syariah Nasional No:03/DSNMUI/IV/2000 mengenai Deposito Syariah.

Masyhuri, Zainuddin. (2011). Metode Penelitian: Pendekatan Praktis dan Aflikatif Edisi Revisi. Bandung. Refika Aditama.

Muhamad, (2014). Manajemen Dana Bank Syariah. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Saoqillah, A., & Wardah, R. N. S. (2018). DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL MAHASISWA INSTITUT UMMUL QURO BOGOR. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 24-29.

Santoso, Singih. (2004). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta. PT. Elek Media Kumpotindo.

Singih. (2012). Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta. PT. Elek Media Kumpotindo.

Sangadji, E. Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta. Andi Offset.

E. Mamang dan Sopiah. (2010). Metode Penelitian: Pendekatan Praktis dalam Penelitian. Yogyakarta. Andi Offset.

Schiffman, Leon dan Kanuk, Leselie Lazar. (2008). Prilaku Konsumen. Jakarta. Indek.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta. Alfabeta.