PENGARUH KOOPERATIF GURU DAN WALI MURID TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP TERPADU AL-MA’ARIF

Authors

  • Munakib Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Asep Jumadi Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i2.272

Keywords:

Teachers, Students, Guardians of Students

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh kooperatif guru dan wali murid terhadp minat belajar peserta didik di SMP Terpadu Al-Ma’arif Bojong Tengah Karehkel Leuwiliang Bogor.  Dalam penelitian ini digunakan metode survey, penyebaran angket, dengan populasi 180 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan Sampel Jenuh. Terdapat dua variabel yang diteliti dalam penelitian ini yakni variabel kooperatif guru dan wali murid dan variabel minat belajar peserta didik SMP Terpadu Al-Ma’arif Bojong Tengah Karehkel Leuwliang Bogor.  Hasil penelitian ini yang diperoleh dari uji instrument kooperatif guru dan wali murid diperoleh 0,837073191 dan minat belajar peserta didik sebesar 20,527695. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus koesfisien korelasi product momen. Sehingga diperoleh r_hitung sebesar 0,837073191 lebih besar dari r_tabel 0, 1463 dan uji t data penelitian ini membuktikan bahwa rxy lebih besar dari r_hitung >t_tabel (20,527695) > (1,9734) dan beratagori “Sangat kuatâ€. Dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh kooperatif guru dan wali murid terhadap minat belajar peserta didik di SMP Terpadu Al-Ma’arif Bojong Tengah Karehkel Leuwiliang Bogor

References

Siagian Roida Eva Flora. No.2 Vol. 2. Formatif 2. “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematikaâ€. 2017. Hlm. 123.

Laa Neli, Hendri winata, Rini Intansari Meilani. No. 2. Vol. 2. Pendidikan Manajemen Perkantoran. ‘’Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa’’. 2017. hlm. 140.

Slameto. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi, (Cet. 6. Jakarta: Rineka Cipta). 2015. Hlm. 180.

Hakim Nur, “Kerjasama wali murid dengan guru dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Kedungwaru Tulungagung,†(Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan pendidikan Agama Islam, IAIN, Tulung Agung, 2010) hlm. 16.

Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Cet. 23. Jakarta: Rajawali Pers). 2016. Hlm. 125.

Zakia, H. (2019). Pemanfaatan sistem informasi manajemen sebagai strategi dalam menjalin kerjasama sekolah dengan Wali Murid di Sekolah Menegah Pertama Negeri 1 Talamau. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan , 58-65.

Syamaun Nurmasyitah. Dampak Pola asuh Orangtua dan Guru terhadap kecendrungan Perilaku Agresif siswa, (Cet. 4. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media). 2020

Published

2022-02-01

How to Cite

Munakib, & Jumadi, A. (2022). PENGARUH KOOPERATIF GURU DAN WALI MURID TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMP TERPADU AL-MA’ARIF. TADBIRUNA, 1(2), 58-63. https://doi.org/10.51192/tadbiruna.v1i2.272

Issue

Section

Articles