SUPERVISI KLINIS DALAM PEMBELAJARAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN
Isi Artikel Utama
Abstrak
Sistem evaluasi dan supervisi sangat berdampak pada pelaksanaan pembelajaran, artinya strategi pembelajaran dan pelaksanaanya sangat bergantung pada sistem evaluasi yang berlaku dan supervisi yang dilakukan. Maka dari itu, penelitian ini akan menyajikan tentang Pengertian Supervisi Klinis, Sasaran Supervisi Klinis, Karakterisitik Supervisi Klinis,Prinsip-prinsip Supervisi Klinis dan Prosedur Supervisi Klinis. Metode yang digunakan yaitu metode studi kepustakaan melalui pengumpulan buku-buku, penelitan terdahulu, dan artikel. Hasil menunjukkan bahwa Penerapan supervisi klinis dalam pembelajaran di Lembaga Pendidikan sangat membantu dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara memberikan bimbingan langsung kepada pendidik atau praktisi di lapangan. Supervisi klinis berfokus pada pemantauan, penilaian, dan pembinaan untuk mengidentifikasi kekuatan serta area yang perlu diperbaiki, dengan tujuan untuk mendukung pengembangan profesional. Melalui pendekatan ini, pendidik dapat memperoleh umpan balik yang konstruktif, refleksi terhadap praktik mereka, serta dukungan yang lebih terarah dalam mengatasi tantangan di lapangan. Secara keseluruhan, penerapan supervisi klinis dapat meningkatkan keterampilan, pengetahuan, dan kualitas pengajaran, serta menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih efektif bagi peserta didik
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Aqib, Zainal. Rohmanto, Ilham. 2008. Membangun Profesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: Yrama Widya.
Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Ditjendiknas.
Depdiknas. 2003. Pedoman Supervisi Pengajaran. Jakarta: Ditjendiknas
Direktorat Tenaga Kependidikan. 2009. Melaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Kegiatan Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah. Jakarta. 2009. Penelitian Tindakan Sekolah Sebagai Karya Tulis Ilmiah Pengembangan Profesi Pengawas Sekolah.
Eko. 2006. Pedoman Pelaksanaan Supervisi Klinis di Sekolah. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ilham.2008, Membangun Profesional guru dan Pengawas Sekolah. Bandung: Yrama Widya.
Lantip Diat dan Sudiyono. 2011. Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
Ngalim. 2004. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta Rosdakarya. Remaja
Nana. 2008. Supervisi Akademik (membina profesionalisme guru melalui supervisi klinis). Jakarta: LPP Bina Mitra
Sahertian, P.A. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.
Suharsimi. 2019 “ Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Waite, D. 1991. Supervisi Pembelajaran dari Perspektif Situasional. Pengajaran dan Teacher Education, 8 (4).
Ikhlas, S., & Suyanta, S. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa Di Min 11 Banda Aceh Melalui Peran Aktif Guru Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif. TADBIRUNA, 4(1), 151-159.
Royani, N. A., Rohman, F., & Astuti, N. (2024). Hubungan Instructional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0. TADBIRUNA, 4(1), 55-70.
Masrukin, A., & Hikmah, N. N. (2024). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung. TADBIRUNA, 4(1), 46-56.
Aziz, A. (2024). Manajemen Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Maulana Malik Ibrahim (MMI) Gresik. TADBIRUNA, 4(1), 27-33.
Susanti, N. (2024). Peran Dayah Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Mahasiswa Yang Berkualitas Dan Berakhlak Mulia Di Kampus. TADBIRUNA, 4(1), 160-165.
Fajarwati, D. (2024). Bahan Ajar Inklusif Untuk Anak-Anak Dengan Spektrum Autism Di Kelas Reguler Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Pustaka Penerapan Program Aba Dan Teacch. TADBIRUNA, 4(1), 88-101.
Lestari, N., & Ali, A. (2022). Strategi Pembinaan Karakter Pada Santri Malalui Ekstrakurikuler Pramuka Di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. TADBIRUNA, 2(1), 51-61.
Anas, I., & Iswantir, M. (2024). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dalam Kurikulum Berbasis STEM Di Sekolah Islam Terpadu. TADBIRUNA, 4(1), 1-14.
Riva'i, F. A., & Sumartono, R. (2022). Peran Program Life Skill Terhadap Kemandirian Santri di Pesantren Pemberdayaan Ummat An-Nahl Pamijahan Bogor. TADBIRUNA, 1(2), 90-98.
Alwi, R. (2021). Penerapan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pengajian Anak-Anak di Lingkungan Perumahan Kansas Madani Bogor. TADBIRUNA, 1(1), 39-44