MANAJEMEN PENERIMAAN SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN DARUL ITTIHAD KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU TAHUN 2024

Isi Artikel Utama

Aan Budiyono
Siti Patimah
Nur Hidayah
A. Lathief Arung Arafah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Darul Ittihad Kabupaten Kampar Provinsi Riau Tahun 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara dengan subjek penelitian ini, yakni pimpinan pondok pesantren/ pengasuh, ketua Panitia Penerimaan Santri Baru, dan beberapa orang panitia penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Darul Ittihad Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, kegiatan manajemen Penerimaan santri baru mencakup proses perencanaan Penerimaan dan pelaksanaan penerimaan santri. Proses pelaksanaan kegiatan penerimaan santri baru di Pondok Pesantren Darul Ittihad Kabupaten Kampar Provinsi Riau, diantaranya meliputi: a) Pembentukan Panitia Penerimaan Santri Baru, b) Rapat Panitia Penerimaan santri baru, c) Pembuatan dan pemasangan pengumuman penerimaan, d) Proses pendaftaran, e) Seleksi, f) Penentuan Santri yang diterima, g) Pengumuman santri yang diterima, h) Daftar Ulang, i) Masa Ta’aruf Santri Baru (Matsaba) dan proses terakhir yaitu j) Evaluasi

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Budiyono, A., Patimah, S., Hidayah, N., & Arung Arafah, A. L. (2025). MANAJEMEN PENERIMAAN SANTRI BARU DI PONDOK PESANTREN DARUL ITTIHAD KABUPATEN KAMPAR PROVINSI RIAU TAHUN 2024. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 294-303. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1450
Bagian
Articles

Referensi

Ajatul Ajatul, & A. Fadchur Rahman Z. (2024). Manajemen Penerimaan Santri Baru Di Pondok Pesantren Busra Chalid Palangka Raya. Jurnal Manuhara: Pusat Penelitian Ilmu Manajemen Dan Bisnis, 2(3), 15–25. https://doi.org/10.61132/manuhara.v2i3.924

Bawaihi. (2014). Monitoring dan Evaluasi di Pondok Pesantren. Al-Fikrah: Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifudin, 198.

Dodi Sandra, Ibnu Sani Wijaya, Mulyadi, & Renaldi Yulvianda. (2024). Optimalisasi Pendaftaran Santri Baru Dengan Sistem Pendaftaran Online Pondok Pesantren Darul Arifin. Jurnal Ilmiah Media Sisfo, 18(1), 68–76. https://doi.org/10.33998/mediasisfo.2024.18.1.1587

Fitriyana, D., Assayuti, M.J., Suryaningsih, Laia, H.W., Wahyudin, C., & Salbiah, E. (2024). Peran Kepemimpinan dalam Organisasi. Karimah Tauhid, 3(2), 1747–1763. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i2.11908

Jufri, R., Sulaeman, B., & Dani, AAH (2020). Aplikasi Pendaftaran Santri/Santriwati Berbasis Web Pada Pesantren As’Adiyah Belawa Baru. Jurnal Ilmiah IT CIDA, 6(2), 40–50. https://doi.org/10.55635/jic.v6i2.128

Maulana, F., Sholihaningtias, D.N., & Heriyati, H. (2023). Penerimaan Peserta Didik Baru Dengan Metode Analytical Hierarchy Process (Ahp). Jurnal Khatulistiwa Informatika, 11(2), 141–148. https://doi.org/10.31294/jki.v11i2.16674

Mumtani'ah. (2020). Evaluasi Program Pondok Pesantren. EDUGAMA: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 6(1), 2614–0217. https://doi.org/10.32923/edugama.v6i1.2077

Mustafa, I., & Yulisa Geni, B. (2024). Perancangan Sistem Informasi Berbasis Web Untuk Proses Penerimaan Santri Baru Di Pondok Pesantren Young Tahfizh Center. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 8(4), 5791–5798. https://doi.org/10.36040/jati.v8i4.10042

Nurjaningsih, S. (2021). Manajemen Penerimaan Peserta Didik Baru (Ppdb) Sistem Zonasi. Jurnal Tata Kelola Pendidikan, 1(2), 126–138. https://doi.org/10.17509/jtkp.v1i2.32544

Nursanjaya. (2021). Memahami Prosedur Penelitian Kualitatif: Panduan Praktis untuk Memudahkan Mahasiswa. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 04(01), 126-141 (Di Indonesia).

Saadah, N., Wastri, L., & Trisoni, R. (2023). Analisis Kebijakan Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru Serta Implikasinya Terhadap Kualitas Pendidikan. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 15(2), 227–238. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v15i2.2366

Sridadi. (2022). Model Kepemimpinan Kiai Dalam Pembentukan Karakter Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-Islam Surakarta ), Disertasi Doktor. 1–203.

Syaifuddin, M.S., & Mauludin, M.S. (2022). Website Sistem Informasi Penerimaan Santri Baru Berbasis (Studi Kasus: Pondok Pesantren Al-Ibriz Semarang). Jurnal Informatika Dan Rekayasa Perangkat Lunak, 4(2), 123. https://doi.org/10.36499/jinrpl.v4i2.6885

Umam, N., Hernyka Satyareni, D., Sukma Anugerah, C., & MKom, S. (2022). Pengembangan Sistem Pendaftaran Santri Baru Menggunakan Payment Gateway Berbasis Mobile Di Pondok Pesantren Darul Ulum Jombang. 1(2), 55–64.

Wiyono, S., Fikri Hidayatullah, M., & Huda, M. (2023). Pengembangan dan Implementasi Sistem Penerimaan Santri Baru Berbasis Website di Pondok Pesantren Imam Syafi’i Brebes. Jurnal Ilmu Sosial dan Teknologi Pengabdian Masyarakat, 4(2), 308–313. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v4i1.3763

Yasin, MN, & Idris, IH (2023). Manajemen Pendidikan Karakter Santri dalam Menjawab Tantangan Modernitas Zaman. Mabahithuna: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 01(01).

Zainudin, M. (2023). MANAJEMEN PENDIDIKAN PONDOK PESENTREN. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 2(6). https://doi.org/10.55681/sentri.v2i6.1028

Ikhlas, S., & Suyanta, S. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa Di Min 11 Banda Aceh Melalui Peran Aktif Guru Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif. TADBIRUNA, 4(1), 151-159.

Royani, N.A., Rohman, F., & Astuti, N. (2024). Hubungan Instruksional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0. TADBIRUNA, 4(1), 55-70.

Masrukin, A., & Hikmah, NN (2024). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung. TADBIRUNA, 4(1), 46-56.

Aziz, A. (2024). Manajemen Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Maulana Malik Ibrahim (MMI) Gresik. TADBIRUNA, 4(1), 27-33.

Susanti, N. (2024). Peran Dayah Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Mahasiswa Yang Berkualitas Dan Berakhlak Mulia Di Kampus. TADBIRUNA, 4(1), 160-165