PENGEMBANGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Artikel penelitian ini bertujuan untuk menganalisis urgensi pengembangan kompetensi kepemimpinan dalam pendidikan Islam serta merumuskan strategi yang efektif untuk menciptakan pemimpin pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam. Fokus utama kajian ini adalah peran pemimpin dalam institusi pendidikan, karakteristik kepemimpinan yang ideal, serta pentingnya penguatan kompetensi untuk menghadapi tantangan modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengkaji sumber-sumber primer dan sekunder, termasuk buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan, serta menganalisis konsep kepemimpinan pendidikan Islam berdasarkan ajaran Al-Qur'an, Hadis, dan pandangan para ulama. Hasil dan temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi kepemimpinan dalam pendidikan Islam memiliki urgensi tinggi untuk menghadapi kompleksitas tantangan era modern. Strategi yang direkomendasikan meliputi penguatan nilai-nilai spiritual dan etika Islam, peningkatan kompetensi manajerial dan teknologi, pelatihan kepemimpinan berkelanjutan, serta implementasi prinsip syura dalam pengambilan keputusan. Temuan ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan kepemimpinan pendidikan yang adaptif, inovatif, dan berbasis nilai-nilai Islam
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Abdurrahman, A., Nurwahida, N., & Samsuddin, S. (2024). Konsep Pendidikan Adab dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Karya Imam Al-Zarnuji: Kajian Literatur: The Concept of Adab Education in the Book of Ta’lim al-Muta’allim by Imam al-Zarnuji: Literature Review. TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 182–201. Retrieved from https://litera-academica.com/ojs/tarbiyah/article/view/133
Agusman, A., & Samsuddin, S. (2024). Strategi Dakwah Nabi Musa: The Da'wah Strategy of Prophet Musa. DIRASAH: Jurnal Kajian Islam, 1(2), 115-131.
Agusman, A., Samsuddin, S., & Maya, R. (2025). Implementasi Pendidikan Kaderisasi Dai Berbasis Masjid: Studi Kasus Sekolah Dai Azura (SADAR) Masjid Azura Bogor. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 2928–2942. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3051
Al-Attas, S. M. N. (1999). The Concept of Education in Islam: A Framework for an Islamic Philosophy of Education. Kuala Lumpur: ISTAC.
Ali, A. (2024). Tujuan Pendidikan dalam Perspektif Islam. Dalam e. Indah Wahyu Ningsih, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (hal. 67). Lombok: CV. Al-Haramain Lombok.
Andini, R. (2024). Konsep Manusia dalam Al-Qur'an dan Hadits. Dalam I. A. Ningsih, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam (hal. 38-41). Lombok: CV. Al-Haramain
Arafat, A., Ely, M., Hendry, H., & Sri, A. (2023). Kepemimpinan Adaptif dan Responsif Panduan Praktis untuk Memimpin dalam Era Perubahan.
Arafat, A., Ely, M., Hendry, H., & Sri, A. (2023). Kepemimpinan Adaptif dan Responsif Panduan Praktis untuk Memimpin dalam Era Perubahan. Malang: Litnus .
Az-Zarnuji, B. I. (2019). Ta'lim Al-Muta'allim (terj). (A. Husamuddin, Trans.) Sukoharjo: Pustaka Arafah.
Bass, B. M., & Bass, R. (2009). The Bass handbook of leadership: Theory, research, and managerial applications. Simon and Schuster.
Erviana, R., Istikhori, I., Babullah, R., Rizky, N. Z., & Nurafifah, S. (2024). Kepemimpinan dan Komunikasi serta Keterampilan Manajerial Pendidikan. Perspektif: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Bahasa, 2(3), 171-183