INOVASI PEMBELAJARAN PAI DI ERA DIGITAL: STRATEGI MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR GEN-Z

Isi Artikel Utama

Dedi Supriadi
Taufiqurrahman
Samsuddin

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengeksplorasi inovasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di era digital yang relevan dengan karakteristik generasi Z. Dengan menggunakan metode kajian literatur yang melibatkan sumber-sumber akademik terkait teknologi pendidikan, gamifikasi, dan media sosial, penelitian ini menganalisis efektivitas berbagai pendekatan dalam pembelajaran PAI. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform Learning Management System (LMS), aplikasi berbasis kuis seperti Quizizz dan Kahoot, serta integrasi media sosial seperti Instagram dan TikTok memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan keterlibatan siswa. LMS mendukung fleksibilitas belajar, gamifikasi meningkatkan motivasi, sementara media sosial memungkinkan penyampaian materi secara kreatif dan relevan. Hasil ini mengindikasikan bahwa integrasi teknologi dalam pembelajaran PAI mampu menjawab tantangan era digital dan memenuhi kebutuhan generasi Z, sehingga berpotensi menciptakan pembelajaran yang lebih dinamis, interaktif, dan berpusat pada siswa

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Dedi Supriadi, Taufiqurrahman, & Samsuddin. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN PAI DI ERA DIGITAL: STRATEGI MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR GEN-Z. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 319-334. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v4i2.1506
Bagian
Articles

Referensi

Abdurrahman, A., Nurwahida, N., & Samsuddin, S. (2024). Konsep Pendidikan Adab dalam Kitab Ta’lim al-Muta’allim Karya Imam Al-Zarnuji: Kajian Literatur. TARBIYAH: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 182–201. Retrieved from https://litera-academica.com/ojs/tarbiyah/article/view/133

Agus, A. (2023). REACHING THE MILLENNIAL GENERATION THROUGH DA’WAH ON SOCIAL MEDIA: MENJANGKAU GENERASI MILENIAL MELALUI DAKWAH DI MEDIA SOSIAL. Jurnal Da’wah: Risalah Merintis, Da’wah Melanjutkan, 6(2), 129-144. https://doi.org/10.38214/jurnaldawahstidnatsir.v6i2.186

Agusman, A., Samsuddin, S., & Maya, R. (2025). Implementasi Pendidikan Kaderisasi Dai Berbasis Masjid: Studi Kasus Sekolah Dai Azura (SADAR) Masjid Azura Bogor. Journal of Multidisciplinary Inquiry in Science, Technology and Educational Research, 2(2), 2928-2942. https://doi.org/10.32672/mister.v2i2.3051

Ally, M. (2004). Foundations of educational theory for online learning. Theory and practice of online learning, 2(1), 15-44.

Anderson, J., & Anderson, M. (2010). Games and Education: A Study on the Impact of Gamification in Learning Processes. New York: Routledge.

Arifin, N. F., & Fuad, A. J. (2020). Dampak post-truth di media sosial. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 10(3), 376-378.

Arsyad, A. (2002). Media Pembelajaran Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Bahri, K. (2023). Pembelajaran Berbasis Gamifikasi dalam Pendidikan Agama Islam. GUAU: Jurnal Pendidikan Profesi Guru Agama Islam, 3(6), 50.

Bawa, P. (2016). Retention in online courses: Exploring issues and solutions—A literature review. Sage Open, 6(1), 2158244015621777.

Dabbagh, N., & Kitsantas, A. (2012). Personal Learning Environments, social media, and self-regulated learning: A natural formula for connecting formal and informal learning. The Internet and higher education, 15(1), 3-8