PENDIDIKAN INKLUSIF DAN AKSEBILITAS DALAM PENDIDIKAN ISLAM
Isi Artikel Utama
Abstrak
Pembelajaran terhadap terhadap anak kebutuhan khusus memerlukan keahlian yang juga khusus. Seorang guru disamping menyampaikan pembelajaran Pembelajaran Aksesibilitas Pendidikan Islam juga harus bisa mengamati bakat minat unik yang dimiliki anak-anak kebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pembelajaran aksebilitas pendidikan Islam bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini dilakukan di Dayah Perbatasan Safinatussalamah yang berdada di Kabupaten Aceh Singkil menggunakan sistem pendidikan boarding school. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Pengumpulkan data melalui teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Untuk menganalisis data menggunakan teknik analisa kualitatif dengan langkah-langkah pemaparan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis menemukan aksesibilitas dalam pengajaran PAI adalah kunci untuk memberikan kesempatan yang setara bagi semua individu, termasuk penyandang disabilitas, untuk menjalani dan memahami agama Islam mereka. Pelaksanaan pembelajaran PAI Dayah Perbatasan Safinatussalamah yang berdada di Kabupaten Aceh Singkil. anak berkebutuhan khusus memerlukan pendekatan inklusif, untuk menciptakan pendekatan inklusif perlu memahami kebutuhan dan karakteristik beragam anak. Hal ini bisa dilakukan dengan melakukan; penyesuaian kurikulum, kolaborasi dengan spesialis pendidikan khusus, penggunaan teknologi pendidikan, pendekatan pembelajaran yang inklusif dan pengamatan lapangan sebagai data rujukan dalam menerapkan pembelajaran PAI pada anak berkebutuhan khusus
Rincian Artikel

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
http://jurnal.iuqibogor.ac.id/index.php/tadbiruna/index
Referensi
Agustin, I. (2019). Permasalahan dalam penyelenggaraan pendidikan inklusi di sdn se kecamatan soko kabupaten tuban. … School Education Journal): Jurnal Pendidikan …. https://journal.um-surabaya.ac.id/pgsd/article/view/3104
Akbar, B. F., & Suparmi, S. (2024). Peran Sarana Sekolah dalam Meningkatkan Aksesibilitas dan Kualitas Pendidikan bagi Siswa Tuna Daksa di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Basicedu. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/7488
Garnida, D., & Sumayyah, D. (2015). Pengantar pendidikan inklusif.
Iswahyudi, M. S., Irianto, I., Salong, A., Nurhasanah, N., & ... (2023). Kebijakan Dan Inovasi Pendidikan: Arah Pendidikan di Masa Depan. books.google.com. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=2DLZEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=pendidikan+inklusif+dan+aksebilitas&ots=f1ELP7gnXB&sig=SnHMeQBiFu0xVlCAJB26V5RNk7o
Jauhari, M. N., & Idhartono, A. R. (2022). Pengoptimalan Aksesibilitas Fisik Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus Disekolah Inklusi. Kanigara. https://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/kanigara/article/view/5171
Khakim, A. Al, Prakosha, D., & Himawanto, D. A. (2017). Aksesibilitas bagi anak berkebutuhan khusus dalam lingkup pendidikan sekolah inklusi di Karisidenan Surakarta. Indonesian Journal of …. https://ijds.ub.ac.id/index.php/ijds/article/view/44
Pujiaty, E. (2024). Strategi pengelolaan pendidikan inklusif untuk meningkatkan aksesibilitas di sekolah dasar. Jurnal Tahsinia. http://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/584
Purnawanto, A. T., Anif, S., Prayitno, H. J., & Muhibbin, A. (2024). Menyelaraskan Keyakinan dan Pembelajaran; Menggali Dinamika Internalisasi Islam dalam Dikotomi Pendidikan. QUALITY, 12(1), 17–34.
Rahardja, D. (2016). Pendidikan luar biasa dalam perspektif dewasa ini. Jassi Anakku. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/3911
Rahayu, A. I. (2021). SIFAT-SIFAT RASULULLAH SAW SEBAGAI DASAR PENDIDIKAN KARAKTER. PROSIDING SEMINAR NASIONAL DIES NATALIS 41 UTP SURAKARTA, 1(01). https://doi.org/10.36728/semnasutp.v1i01.5
Taufiqurrahman, M. (2022). Penerapan Teknologi dalam Pendidikan Inklusif: Tantangan dan Solusi. PROGRESSA: Journal of Islamic …. http://jurnal.stitradenwijaya.ac.id/index.php/pgr/article/view/454
Yulianto, M. J. (2014). Konsepsi Disabilitas Dan Pendidikan Inklusif. Inklusi. https://ejournal.uin-suka.ac.id/pusat/inklusi/article/view/1059
Ikhlas, S., & Suyanta, S. (2024). Peningkatan Literasi Digital Siswa Di Min 11 Banda Aceh Melalui Peran Aktif Guru Dalam Menerapkan Teknologi Informasi Sebagai Sarana Pembelajaran Efektif. TADBIRUNA, 4(1), 151-159.
Royani, N. A., Rohman, F., & Astuti, N. (2024). Hubungan Instructional Leadership dan Servant Leadership Kepala Sekolah Dasar dengan Mutu Pembelajaran di Era Society 5.0. TADBIRUNA, 4(1), 55-70.
Masrukin, A., & Hikmah, N. N. (2024). Pemikiran Pendidikan Akhlak Ibnu Maskawaih dan Relevansinya dalam Pendidikan Akhlak di MTs Islamiyah Kepung. TADBIRUNA, 4(1), 46-56.
Aziz, A. (2024). Manajemen Kepala Madrasah dalam Memaksimalkan Seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di MTs Maulana Malik Ibrahim (MMI) Gresik. TADBIRUNA, 4(1), 27-33.
Susanti, N. (2024). Peran Dayah Sebagai Pilar Pembentukan Karakter Mahasiswa Yang Berkualitas Dan Berakhlak Mulia Di Kampus. TADBIRUNA, 4(1), 160-165.