PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU TAJWID SISWA MELALUI METODE READING GUIDE

Isi Artikel Utama

Muhammad Romi
Nia Wardhani
Yusnaini

Abstrak

Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) sangat strategis dalam meningkatkan pemahaman ilmu tajwid siswa. Di SMP Ihdal Ulum Al Aziziah, Kecamatan Samalanga, Kabupaten Bireuen, metode Reading Guide digunakan untuk membimbing siswa membaca Al-Qur’an secara benar sesuai kaidah tajwid. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Reading Guide efektif meningkatkan fokus dan keaktifan siswa, khususnya dalam pelafalan huruf hijaiyyah sesuai makhrajul huruf. Metode ini memfasilitasi siswa untuk meniru bacaan guru (musyafahah bil ada’), yang berperan penting dalam pembentukan kefasihan membaca Al-Qur’an. Latihan berkelanjutan dan pemantapan individu juga diperlukan untuk menghindari kekakuan dalam pelafalan. Profesionalisme guru, dukungan lingkungan belajar, dan ketersediaan fasilitas turut menentukan keberhasilan metode ini. Namun, ditemukan pula kendala seperti kurangnya kesiapan siswa yang lambat memahami atau kurang percaya diri, serta kebutuhan guru untuk menyiapkan bahan ajar yang menarik. Dengan pendekatan yang tepat, metode ini dapat menjadi strategi efektif dalam pembelajaran ilmu tajwid

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Romi, M., Wardhani, N., & Yusnaini. (2025). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN ILMU TAJWID SISWA MELALUI METODE READING GUIDE. TADBIRUNA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 144-151. https://doi.org/10.51192/jurnalmanajemenpendidikanislam.v5i1.2021
Bagian
Articles

Referensi

Endang Dwi Hartati, Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Minat Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII pada Ekstrakurikuler di SMP Negeri 5 Medan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Indonesia, Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman,Vol 1 No 2 2022, hal 108-113

Mariani, Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Materi Akhlak Terpuji Melalui Model Pembelajaran Reading Guide Kelas Xi Otp 4 Upt SMK Negeri 1 Sinjai, Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (Pai) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Sinjai, 2021

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2011), Cet. XII.

Darwis, Amri, Metode Penelitian Pendidikan Islam, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, tahun 2014), Cet.

Marzuki dan Sun Choiril Ummah, Dasar-Dasar Ilmu Tajwid, (Yogyakarta: DIVA Press, 2020), Cet, I.

Purwasih, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pai Materi Akhlak Terpuji Melalui Penerapan Model Pembelajaran Reading Guide Pada Siswa Kelas III SDN 25 Bilah Hilir, Mahasiswa Pada Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) STITA Labuhan batu Sumatera Utara

Zulkarnaini Umar, panduan ilmu tajwid, Lembaga Dakwah Islam Kampus, Universitas Islam Riau (UIR) Press, 2020

Ainun Nisaissholihah, Hafiedh Hasan, Rinda Nuningtyas, Penerapan Strategi Pembelajaran Reading Guide Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas Iii Mi Nurul Huda Karanganyar Bantar bolang Pemalang, Jurnal Al-Miskawaih, Volume 3 Nomor 2 Edisi Nopember 2022

Sedarmayanti dan Syarifudin Hidayat, (2021), Metodologi Penelitian, Bandung: Mandar Maju.

Sidiq, Umar dan Moh. Miftachul Choiri, (2019), Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan, Ponorogo: CV. Nata Karya.

Sutomo, Moh., t.th, Penerapan Reading Guide dalam Pembelajaran di Madrasah, Jurnal Auladuna.

Suyitno, (2018), Metode Penelitian Kualitatif, Tulungagung: Akademia Pustaka.

Zuhari, Arwida Endah Zuhari, dkk., (2018), Penerapan Metode Guide Reading untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa IV SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. Vol.3, No.2